Friday, October 17, 2014

Ajari Anak Cara Daur Ulang Sampah



Daur ulang sampah memang harusnya diajarkan pada anak-anak kita agar ketika dewasa mereka tahu pentingnya cara menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat dan hijau. Apalagi sekarang semakin banyak orang lupa bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan bahkan untuk cara membuang sampah pada tempatnya saja masih diabaikan. Inilah yang membuat kemudian pendauran ulang sampah tidak maksimal atau tidak dijalankan setiap orang di lingkungan pada umumnya.

Padahal proses pendauran ulang sampah sangatlah mudah dan memiliki banyak ragam tersendiri. Misalnya saja, bila kita ingin melakukan recycle dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang baru lagi, bisa dengan mengubah kreativitas barang itu. Misalnya baju bekas bisa kita gunting atau jadikan kain lap untuk rumah, atau kita bisa membuat celana jeans untuk acara jalan-jalan di luar rumah kini kita pakai untuk di rumah saja. Selain itu, anak-anak bisa belajar cara pendauran ulang sampah dengan memupuk sampah itu menjadi pupuk kompos di halaman rumah. Selain mengajarkan mereka, mereka juga bisa tahu peranan mereka penting untuk kontribusi lingkungan secara nyata.

Jadi, mari ajari anak cara daur ulang sampah sejak dini. Pastikan mereka tahu cara menjaga lingkungan menjadi lebih bersih, sehat, aman dan hijau dengan tahu cara mendaur ulang sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu maka masyarakat akan secara luas tahu peranan mereka untuk bumi yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment