Thursday, January 15, 2015

Opor Ayam Kuah Kering Kecap Bango

Saat hari raya tiba seperti lebaran, salah satu kuliner atau makanan yang paling banyak dicari adalah opor ayam, selain rasanya yang terkenal lezat dan nikmat. Opor ayam ini pun cocok disantap atau ditemani dengan nasi ataupun lontong. Apalagi jika makannya bersama para anggota keluarga tercinta lainnya, pastinya akan semakin menambah kenikmatan anda menyantap masakan tersebut. Dan kali ini kami akan memberkan anda resep opor ayam kuah kering kecap bango. Dan sebelumnya anda mesti menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Bahan-bahan  yang disiapkan :

Daging ayam sebanyak 1 kg, cuci dan potong sesuai dengan selera
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 2 lembar
6 sendok makan kecap manis
Serai sebanayk 2 batang
Santal  kental 65 ml dari kara
Santan encer 800 ml
Garam , dan minyak goreng secukupnya

Bumbu yang harus dihaluskan

Bawang putih 5 siung
Bawang merah 6 siung
Jahe 2 cm
Lengkuas 7 sampai 10 cm
Pala 1 sendok makan teh
Merica 1 sendok makan teh
Ketumbar ½ sendok makan teh
Tomat 1 buah
Gula merah 1 sendok makan
Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disediakan. Maka tahapan selanjutnya adalah cara membuat opor ayam kuah kering kecap bango. Dan berikut ini adalah cara untuk memasaknya.

Cara memasak :

Siapkan minyak goreng secukupnya diatas api yang sedang, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan juga daun salam, daun jeruk, dan serai aduk hingga aroma menjadi harum.
Kemudian masukkan potongan daging ayam tadi, aduk hingga semua bumbu tercampur rata
Masukkan santan encer sambil terus diaduk dan kuahnya menjadi kering. Lalu tambahkan kecap bango dan santan kental, masukkan juga garam secukupnya aduk hingga kuah menjadi kental dan kering. Setelah dirasa sudah matang. Maka anda bisa mengakat dan menyajikannya.
Dan opor ayam kuah kering kecap bango pun sudah siap untuk anda sajikan dan santap bersama para anggota keluarga tercinta yang lainnya. Selamat mencoba resep masakan opor ayam nya sendiri dirumah. Dan semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment