Wednesday, July 1, 2015

Makanan Penurun Darah Tinggi dari Bahan Alami

Saat usia seseorang sudah menginjak 40 tahun, berbagai permasalahan mulai bermunculan, terutama terkait masalah kesehatan. Mulai dari tingginya kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, termasuk tingginya tekanan darah. Hal-hal tersebut muncul salah satunya karena orang tidak dapat mengontrol makanan yang dikonsumsinya. Kurangnya kontrol ini menyenabkan seseorang tidak menyetahui kadar gizi dan kandungan lain dalam makanan yang dikonsumsinya sehingga tak heran jika berbagai penyakit menghinggapi orang tersebut. Tidak hanya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya, sebaliknya malah terkadang seseorang mengonsumsi makan yang berbahaya bagi kesehatannya.

Salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian khusus adalah tingginya tekanan darah. Peningkatan tekanan darah di arteri dapat menyebabkan jantung bekerja keras dari biasanya sehingga pada kasus yang parah dapat menyebabkan stroke yang terjadi secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, penting untuk menyeimbangkan tekanan darah dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Terdapat berbagai macam jenis makanan penurun darah tinggi, di antaranya sayur dan buah-buahan. Secara khusus, sayuran hijau mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan nutrisi sehat yang terkandung di dalamnya juga berfungsi menurunkan tekanan darah. Tomat, pisang, dan buah-buahan segar seperti alpukat, zaitun, dan mengkudu menjadi pilihan lainnya dalam menurunkan tekanan darah. Buah-buahan tentu diminati karena rasanya yang enak. Selain itu, buah-buahan mudah diperoleh, dan mengonsumsinya pun mudah karena tidak perlu diolah lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment