Saturday, July 25, 2015

Masak Tengah Malam: Sayur Bawang Kacang Taouge

Sejak punya anak, semua kebiasaan saya banyak yang bisa dibilang melenceng dari kebiasaan pada umumnya. Biasanya, orang mencuci pagi hari, kalau saya mencuci tengah malam, pagi hari bangun tidur main dulu :)). Begitu juga sama masak memasak, kadang.. kalau tidak sempat masak pagi, solusinya beli. Dan di Jawa, masakan mateng tu mahal, beda sama di Kaltim, mungkin karena harga sayurnya murah jadi anggapan mahal itu ya nempel gitu aja. Kan di Kaltim sayuran mentah mahal.

kalaupun sempat masak pagi, paling cuma masak nasi aja, soalnya Kinza kalau pagi sudah ribut minta maem, kalau tukang sayur belum lewat, Kinza senengnya pake keju atau telur yang digoreng pake mentega. Bukan Kinza dink, tapi alternatif yang di buat emaknya haha... maaf ya Nak...

Nah, dari kemaren itu, saya gak masak sayur karena dapet kiriman ketupat dari rumahnya emak, baru sempet masak sayur ya barusan, itupun sangat simple. Untung pacar saya itu orangnya enggak rewel kalau soal masakan, apapun itu, dimakan :D. Dan lagi, pacar saya itu orangnya kurang doyan sama sambel, meski gak pake sambel, gak masalah. Palingan saya sendiri yang ngerasa gak pas, kayaknya.. kalo gak pake sambel itu rasa sayurnya kecut dan hambar.


Ok, kalo mau coba, ini bahannya:

  • Kacang panjang 6 biji
  • Tauge/kecambah kacang ijo 2 genggam
  • Bawang merah & bawang putih, masing-masing 2 biji
  • Lengkuas kira-kira 1cm sebesar jari manis
  • Saori, garam, gula, daun salam
Cara Memasak:
  • Rebus air, kira-kira 2 gelas 200ml
  • Masukkan bumbu-bumbu, potong-potong bawang
  • kemudian masukkan kacang terlebih dahulu
  • Terakhir kasih tauge
  • Diamkan sebentar sampai mendidih, matikan api
  • Selesai :D
Menu tambahan:
Kasih sambel biar enak, terus goreng tahu atau tempe atau telur atau tahu telur, terserah  hehe..

Intinya itu, mungkin sayur bening ya.. tapi judulnya biar kerenan dikit haha..

Nih saya kasih gambarnya, tadi soalnya seneng motoin :p





 Oh ya.. kalau ada, tambahin tomat, biasanya saya tambahin tomat. Berhubung tadi gak ada tukang sayur lewat, jadi saya gak punya tomat hahahaha...

3 comments:

  1. Kalau aku masak kayak gitu biasanya ditumis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditumis, gak enak,.. gak ada cabe :))

      Delete
  2. Tambah tahu putih Jeng...jd ada kenyil2nya...beli pagi hari di tukang sayur trus simpen dilemari es...malemnya bisa dimasak ^_^

    ReplyDelete