Sunday, August 16, 2015

Siapa Bilang Hidup Ini Mudah

Saya heran..
Dunia ternyata belum berubah..
Keadaan ternyata masih tetap sama..
Perilakupun tak jauh berbeda..

Kehidupan bersosial memang terkadang banyak menimbulkan teka-teki dan pengertian yang sangat tinggi. Menuntut banyak pikiran yang harus selalu dipertimbangkan. Kehidupan bersosial, bertetangga dan bermasyarakat memang harus memiliki batasan-batasan tertentu. Yang paling harus dijaga ada bertetangga. Meskipun saya selalu meminta suami menjelaskan bagaimana cara bertetangga yang baik, tidak menyinggung mereka, tidak mengganggu mereka, tidak menyakiti mereka.

Saya selalu sungkan, ketika ada teman/tetangga saya membicarakan orang lain saat saya bersama suami. Pekerjaan itu telah lama kami tinggalkan, hal-hal seperti itu telah kami tekan agar tidak terjadi dan tidak ada didalam rumah kami. Terlebih membicarakan orang lain baik itu perbuatan baik ataupun keburukannya. Ketika saya ingin meminta berhenti, jangan diteruskan, tapi bagaimana saya menempatkan diri didepan tetangga atau sahabat saya.

Sungguh sangat dekat diri ini dengan penyakit hati, kikir, dan senang membicarakan orang lain. Hal yang remeh temeh saja juga kami bahas dengan detail. Mempertimbangkan manfaat dan mudhorotnya. Itu semua, demi mengajarkan perilaku yang baik untuk anak kami. Memberi teladan untuk anak kami, tidakkah mereka mengerti? Bahkan, saat ada dirumah sendiri bersama orang tua, saya pun kadang merasa segan kepada suami. Entahlah.. Saya yang lebay, atau mereka yang masih tetap.

Yang paling sulit adalah, hidup diantara orang-orang yang menggampangkan segala urusan tanpa mempertimbangkan bagaimana nanti pertanggung jawabannya sementara kita, selalu menimbang dan memilih. Dan ditimbang serta dipilihpun, terkadang masih ada kesalahan. Hidup ini tidak bebas, tidak mudah dan tidak segampang menuruti keinginan sendiri serta membenarkan setiap tindakan. Jadi, siapa yang bilang hidup ini mudah? Hidup ini harus penuh pertimbanga, salah satunya masalah kehidupan sosial, bermasyarakat. Semuanya tidak bisa dibuat mudah!

1 comment:

  1. betul Jeng...jangankan kehidupan...nyari follower balik atau koment balik pun sekarang susah..hehe..

    ReplyDelete