Thursday, October 22, 2015

Cara Mencuci Clodi Baru dengan Baik dan Benar

Bagi anda para ibu yang baru menyambut kelahiran buah hati, hal yang paling banyak dibutuhkan salah satunya adalah popok untuk anak anda. Untuk menjaga kesehatan buah hati dan menghemat anggaran, anda bisa memilih popok kain yang bisa digunakan berulang-ulang dalam waktu lama yakni cloth diaper atau clodi. Hal penting dalam merawat clodi ini adalah cara membersihkannya, jika anda membutuhkan informasi tentang cara mencuci clodi baru, berikut akan kami bagikan untuk anda.

Clodi dapat dibersihkan dengan beberapa cara, baik dengan tangan maupun dengan mesin cuci. Sebelum mencuci, pastikan anda mengeluarkan bagian insert dari tempatnya. Jika clodi yang anda miliki adalah clodi model kancing atau snap, lepaskan semua kancing sebelum dibersihkan. Untuk model perepet atau velcro, anda harus memastikan terpasang pada laundry tab agar clodi tidak tersangkut dengan pakaian yang lain. dalam memilih deterjen, gunakan deterjen yang tidak mengandung pelembut, pemutih dan pengharum. Cara mencuci clodi baru seperti berikut ini.

 Pertama, mencuci clodi dengan tangan. Jika anda melakukannya dengan tangan, gunakan deterjen dengan takaran secukupnya sesuai yang disarankan, biasanya seperempat dari takanan biasa lalu kucek seperlunya. Langkah berikutnya, bilas clodi beberapa kali hingga bersih karena proses pembersihan ini merupakan langkah terpenting saat membersihkan cloth diaper. Jika tidak bersih akan mempengaruhi kualitas clodi, residu sabun yang menempel pada popok bisa membuat daya serap clodi menjadi berkurang, juga bisa menyebabkan ruam pada kulit bayi yang sensitif. Keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering.

Kedua, mencuci clodi dengan menggunakan mesin cuci. Gunakan deterjen dengan takaran seperempat dari takaran mencuci pakaian lain. lakukan pencucian selama 1-2 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Keringkan dengan menjemur di bawah terik sinar matahari langsung, jangan menggunakan pengering pada mesin cuci untuk mempertahankan kualitas clodi. Agar bersih maksimal dengan mesin cuci, sebaiknya anda tidak mencuci lebih dari 20 clodi dalam sekali mencuci. Demikian cara mencuci clodi baru yang dapat anda lakukan, selamat mencoba.

1 comment: