31 Tahun JNE, Kini Makin Dekat dan Jadi Pilihan Utama

26 komentar

Dulu… ketika masih menjalankan usaha berjualan popok dan perlengkapan bayi online. Setiap kali mau ngirim paket, saya kurang semangat dan agak malas. Penyebabnya adalah, karena lokasi kantor penyedia jasa pengiriman paling dekat ternyata ada di dalam kota (baca: jauh).

Waktu itu, JNE selalu menjadi prioritas karena lokasinya yang paling dekat disamping harganya yang cukup bersahabat serta durasi pengirimannya yang relatif singkat-- sehingga barang-barang lebih cepat sampai ke tujuan.

Hingga akhirnya kami harus pindah kontrakan agar lebih dekat dari tempat sekolah anak. Setelah pindah, usaha jualan online saya hentikan. Meski berjualan popok dan perlengkapan bayi bisa memberikan hasil, namun saya merasa lebih nyaman berprofesi sebagai blogger.

Karena itulah, ketika pindah, saya tidak lagi jualan popok dan perlengkapan bayi online. Maksud hati, supaya saya dan suami bisa fokus ngeblog. Selain karena lebih menghasilkan, juga lebih pas dengan passion kami yang senang membaca dan menulis.

Pindah Kontrakan, JNE Semakin Jauh dan Semakin Dekat

Lokasi tempat tinggal kami yang baru ini berada di pinggir kota. Kalau dihitung-hitung, dari tempat tinggal baru kami ke pusat kota, kurang lebih 10-15 menitan... Lumayan jauh kan.

Dan, meski tak lagi jualan online, tapi saya dan suami masih rutin ngirim-ngirim berbagai macam barang. Baik kepada keluarga-keluarga di pulau Jawa ataupun keluarga di luar daerah.

Smartphone adalah salah satu jenis barang yang lumayan sering kami kirim. Bukan bermaksud buat jualan, tapi hanya sekedar membantu saudara dan teman-teman.

Kenapa tiba-tiba kami sering ngirim hp?

Jadi, gini ceritanya...

1. JNE Semakin Jauh

Saya dan suami pernah mengikuti salah satu event flash sale hp di sebuah toko online. Awalnya kami nggak pernah dapat karena, setiap kali masuk kami pasti sudah kehabisan.

Tapi lama-lama, kami pun belajar dan mencoba beberapa trik, hingga akhirnya kami berhasil juga dapat hp flash sale.

Setelah tau triknya, kami menawarkan jasa ikut flash sale gratisan kepada beberapa teman dan saudara yang berminat. Dan... antusiasme mereka sungguh diluar dugaan.

Banyak teman dan saudara yang meminta dibelikan hp flash sale.

Dan, mulailah kami ikut berebut hp setiap ada flash sale. Hingga, satu...dua...tiga...empat... dan seterusnya--smartphone kami dapatkan. Baik untuk pesanan saudara-saudara ataupun pesanan teman yang ingin menjualnya kembali, tentu dengan harga normal.

Pelanggan kami bahkan ada yang berasal dari luar daerah. Tapi sayangnya, beberapa jasa kurir di kota yang kami pilih (karena lokasinya paling dekat dari rumah) ternyata tidak menerima pengiriman smartphone ke luar daerah.

Alasannya karena smartphone yang akan kami kirim menggunakan baterai tanam yang berpotensi terbakar jika dikirim pakai pesawat.

Di jasa pengiriman lainnya, kami pun mendapatkan pengalaman yang sama. Meski pada akhirnya mereka menawarkan opsi pengiriman via kapal. Tapi sayang, opsi ini kami rasa terlalu menyita waktu karena estimasinya bisa sampai 3-4 minggu.

Tapi saya dan suami tidak patah semangat. Setelah ditolak dan mentok di beberapa jasa pengiriman, kami mencoba mendatangi kantor JNE di kota, yang meskipun lokasinya agak jauh dari kantor pengiriman terdekat.

Alhamdulillah... JNE menerima pengiriman smartphone dengan pilihan paket Reguler. Saya kira... "tidak apalah," yang penting lebih cepat dari pengiriman 3-4 minggu yang ditawarkan kepada kami di jasa pengiriman sebelumnya.

Setelah event flash sale selesai dan lama tak mengirim smartphone hasil flash sale. Sesekali, kami tetap harus mengirim smartphone ke luar daerah. Tapi, kali ini bukan pesanan orang, melainkan, punya mertua saya sendiri.

Jadi, setiap kali ada masalah dengan hp-nya, mertua saya pasti akan mengirimkan hp tersebut ke suami yang memang sedikit-banyak bisa bongkar-pasang hp karena punya basic IT.

2. JNE Semakin Dekat

Setelah sekian lama tinggal di tempat yang baru, tak dinyana kami akan melihat plang kantor JNE di pinggir jalan yang setiap hari kami lalui untuk mengantar anak ke sekolah dan ke pasar.

Tak terasa senyum di wajah saya mengembang saat tahu kalau dekat dari tempat tinggal kami, ternyata ada kantor JNE.

Sekarang, kalau mau ngirim barang, kami nggak perlu pergi jauh-jauh lagi. Karena di dekat rumah yang jaraknya hanya sekitar 1-2 kiloan sudah ada kantor JNE.

Bisa dibilang, dari sekian banyak penyedia jasa pengiriman paket yang ada di Indonesia, kantor JNE adalah yang paling dekat dari tempat tinggal kami saat ini.

Dekat dari rumah membuat, setiap kali kami mau ngirim paket, kami pasti akan selalu memprioritaskan JNE sebagai pilihan utama.

Tapi bukan hanya karena lokasinya yang dekat yang bikin kami lebih sering memilih JNE sebagai tempat ngirim paket, melainkan juga karena beberapa alasan berikut ini.

  1. Menawarkan kemudahan bagi pelanggan. Seperti cerita saya di atas. Saya sering sekali kirim paket ke luar daerah yang berisi smartphone. Dan, satu-satunya yang bisa diandalkan dari segi harga dan kecepatan pengiriman adalah JNE
  2. Tarif paket JNE terjangkau. Kalu dipikir-pikir, biaya dan waktu yang saya habiskan untuk mengirim paket sangat terjangkau setiap saya memilih mengirim via JNE yang lokasinya lebih dekat dari rumah
  3. Pelayanan ramah. Ini sih bukan pengalaman baru ya... Karena hampir semua penyedia jasa pengiriman akan menawarkan pelayanan yang ramah
  4. Filosofi bisnis JNE. Mungkin inilah alasan terbesar saya memilih JNE setiap kali mau ngirim barang. Untuk point yang satu ini, akan saya bahas secara khusus di bawah ini. Check it out guys…. 

Filosofi Bisnis JNE

Kalau kita ngomongin soal filosofi bisnis JNE, kita juga pastinya harus ngomongin tentang sejarah serta pendirinya. Karena dari sinilah filosofi tersebut muncul.

JNE sendiri didirikan pada 31 tahun silam oleh Alm. Soeprapto Soeparno. Sebagai seorang founding father JNE, almarhum pada saat itu menerapkan nilai-nilai spiritual berbagi sebagai dasar filosofi bisnisnya.

Beliau berprinsip, dengan berbagi, entah itu, berbagi dengan anak-anak yatim, fakir miskin, janda-janda tidak mampu, kaum dhuafa, tunanetra, dan berbagi dengan kolega maupun karyawan, akan membuat bisnisnya tidak hanya lancar dan lebih cepat berkembang, tapi juga lebih bermakna dan bernilai.

Kini, filosofi bisnis tersebut membawa JNE menjadi salah satu penyedia jasa kurir pengiriman paket terbesar dan terpopuler di Indonesia.

Sebagai bentuk rasa syukur, di usianya yang ke-31 ini, JNE menggelar acara "HUT JNE Ke-31" yang bertajuk "Maju Indonesia" yang bisa juga diartikan sebagai 3 MAkna 1 tuJUan.

Dengan tajuk Maju Indonesia, JNE berusaha meneguhkan kembali 3 filosofi utama mereka yaitu,

  1. Berbagi
  2. Memberi, dan
  3. Menyantuni

Yang bermakna "Kebersamaan, Optimisme, Visi dan Misi, untuk tumbuh dan berkembang demi mencapai satu tujuan yaitu, Indonesia Maju."

HUT JNE ke-31

Acara Puncak Hut JNE ke-31 akan digelar di The Ritz Carlton Pacific Place, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta. Acara puncak ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 28 November 2021 pukul 09.30 WIB s/d selesai.

Selain diadakan secara langsung, acara ini juga dapat disaksikan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan channel YouTube JNE.

Acaranya pasti seru guys! karena, selain dipandu oleh dua MC kece yaitu, Ronal Surapradja dan Tike Priatnakusumah, acara ini juga akan dimeriahkan oleh grup band legendaris, yang terkenal dengan lagu-lagunya seperti, Keagungan Tuhan, Nirwana, dan Dimanakah Kau Berada; serta Ratu Dangdut Jawa Timuran, Happy Asmara yang populer lewat tembang "Tak Ikhlasno."

Selain acara puncak, JNE juga mengadakan rangkaian acara menyambut HUT 31 Tahun JNE  dengan mengadakan:

  • Do’a bersama yang akan diikuti 50.000 Kesatria dan Srikandi JNE dari seluruh wilayah Indonesia
  • Khataman Al-Qur’an serentak dari 10 Cabang
  • Syukuran dan potong tumpeng
  • Shopping bareng anak yatim dan dhuafa yang berasal dari 20 yayasan yatim piatu di Jakarta
  • Pembagian doorprize dan grandprize sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan JNE dengan hadiah berupa: 2 unit rumah (hadiah utama), 31 unit motor untuk karyawan yang beruntung, disamping ratusan hadiah menarik lainnya
  • Pemilihan karyawan terbaik--dari pusat dan cabang untuk level manajerial sampai level staf
  • Kuis yang dapat diikuti via social media JNE seperti, Tik Tok challenge, giveaway produk lokal bersama UKM, serta JNE Content Competition
  • Lomba foto bertema “Semarak HUT JNE ke-31” yang akan diadakan sampai akhir November 2021

Free ongkir dari JNE di Hari Bebas Ongkos Kirim (Harbokir)

Menariknya, selain rangkaian acara HUT JNE yang pasti seru di atas, menyambut Hari Bebas Ongkos Kirim (Harbokir), JNE juga memberikan gratis ongkir (free ongkir) bagi JNE Loyalty Card (JLC) dengan syarat, pengiriman maksimum 2 kg per resi untuk 20 kiriman. Penawaran gratis ongkir ini berlangsung dari tanggal 26 s/d 27 November 2021.

Apakah teman-teman kemaren sempat memanfaatkan kesempatan ini?

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

26 komentar

  1. Wah, asyik banget bisa sukses ikutan flash sale dan berhasil dapet smartphone nih mbaaak. Aku selalu gagal lho ehehehe

    Untunglah JNE bisa mengakomodasi kebutuhan kita dalam pengiriman barang yaah, gak terasa ternyata udah 31 tahun aja sih. Seru banget ada Harbokir nih!

    BalasHapus
  2. Waaah hebat ya JNE bisa bertahan hingga 31 th. Pastinya banyak inovatif dalam pelayanan jasa kurir yg buat JNE bertahan nih.

    BalasHapus
  3. Salut saya, pada acara ulang tahun JNE ada pembagian doorprize dan grandprize sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan JNE juga. Rasanya jarang ada perusahaan yang juga besar-besaran membagi hadiah kepada karyawannya, Semoga sukses terus JNE.

    BalasHapus
  4. Semoga lancar usahanya ya mba. Iya kalau udah cocok gitu selalu percaya pengiriman pake JNE ūüėć aku belum pernah kirim hp nih mba, jadi tetap aman ya. Pilihannya jatuh ke JNE yg udah pengalaman banget.

    BalasHapus
  5. Happy Anniversary JNE ke-31, semoga ketiga filosofi-nya yang luar biasa, tetap terjaga. Semakin sukses dan jaya. Amiiiin. Aku termasuk yang selalu percaya ke JNE saat akan kirim paket, karena pelayanannya yang sangat baik.

    BalasHapus
  6. Happy Anniversary JNE ke-31, semoga ketiga filosofi-nya yang luar biasa, tetap terjaga. Semakin sukses dan jaya. Amiiiin. Aku termasuk yang selalu percaya ke JNE saat akan kirim paket, karena pelayanannya yang sangat baik.

    BalasHapus
  7. Selamat ultah ke 31 untuk JNE..semakin sukses dan menginspirasi Indonesia...Maju terus JNE...

    BalasHapus
  8. Wah tawaran gratis ongkirnya udah lewat nih, sayang banget kemarin nggak belanja di hari gratis ongkirnya. Nunggu kapan lagi ada event promonya JNE lah

    BalasHapus
  9. Masyaallah pantes aja JNE selalu jd andalan para pemilik usaha online ya servicenya selalu memuaskan dan ga hanya sibuk mengejar profit aja tp ga lupa menyantuni. Keren

    BalasHapus
  10. EEEhhh...ada Kang Arman (haha salfok).
    Sebagai brand, JNE ini sudah mengakar yaa...Even sekarang banyak jasa kurir lain, tapi nama JNE sudah nancep banget.

    BalasHapus
  11. JNE selalu jadi jasa pengiriman favorit. Saya selalu puas dengan servicenya. Kalau belanja online, pakai JNE pasti cepat sampainya, deh

    BalasHapus
  12. JNE tuh dari dulu jadi andalan. Kenapa? Karena jangkauannya sangat luas. Udah sampai ke pelosok nusantara. Sukses terus JNE...

    BalasHapus
  13. Jika mengirim sesuatu tanpa jalur e-commerce, saya lebih sering memilih JNE karena tidak banyak tanya, cepat, dan antriannya lebih sedikit. Kebetulan kenal juga dengan beberapa pegawai

    BalasHapus
  14. Wah jne udah berusia 31 tahun... Mantap, semoga sukses dan berkah selalu... Dari saya, tukang belanja online yang selama ini terbantu sekali dengan jne...

    BalasHapus
  15. Saya juga pake jne untuk kirim-kirim tanaman jualan, bisa sampai pelosok dan pasti sampai ya

    BalasHapus
  16. Wah JNE ini sudah 31 tahun ya mbak? Pantesan kualitasnya sudah terbukti
    kirim paket pake JNE emang paling the best

    BalasHapus
  17. Rumahku termasuk jauh sama kantor JNE, tapi alhamdulillah banget mereka ada jasa pick up, free pula. Terus pembayarannya juga bisa transfer. Bener2 memudahkan..
    Selamat ulang tahun JNE, sukses selalu

    BalasHapus
  18. JNE nih sangat memahami keinginan para konsumen
    salut banget akutu
    BarokALLAH yaaaa JNE
    makin sukses!

    BalasHapus
  19. kepo berapa harga hape flash sale mbak jualnya berapa ? jenis hapenya apa? menggoda untuk dibeli...btw sukses terus buat JNE rangkaian acara ulang tahun yaa...luar biasa meriah dan moga berkah yaa

    BalasHapus
  20. JNE ini andalan saya dan keluarga sejak dulu, apalagi kalo mau kirim makanan ke keluarga antar kota, terjamin banget

    BalasHapus
  21. Merasakan amannya mengirimkan paket menggunakan JNE yaa, kak..
    Ternyata pengalamannya dalam bidang ekspedisi sudah 31 tahun.
    Semoga terus dipercaya dan semakin banyak mengantarkan kebaikan.

    BalasHapus
  22. Semarak HUT JNE ke-31 tidak biasa ya. Religiusitasnya sangat menonjol. Dari 3 flosofi juga sangat terlihat

    BalasHapus
  23. Harbokir yang bikin seneng tuh, temen2 yang punya usaha onlen bisa free ongkir.
    Btw selamat buat JNE dengan berbagi, memberi dan
    Menyantuni terus semoga makin sukses yaaa.

    BalasHapus
  24. Waaah unik juga pengalaman dpt hp flashsalenya mba. Aku mah ga pernah berhasil ikut berburu ginian ūü§£. Ternyata kirim hp pakai JNE ke luar pulau bisa ya, perlu dicatat nih

    BalasHapus
  25. Mbak, tolong bagi trik menangin flash sale. Aku dong, cm mo beli panci flash sale aja ga pernah berhasil, apalagi Hp. Hahahaha.

    Anyway, JNE juga jadi andalanku buat kirim-kirim hape. Yang paling kusuka dia nyediain jasa packing kayu cuma nambah fee 5k. Wkwkwkwk, buat nyari kayu dllnya aja effort banget kalo mo packing sendiri.

    BalasHapus
  26. Wuih keren, udah 31 tahun ya usia JNE. Usia yang jadi bukti kepercayaan pelanggan pada JNE. Kurir langganan aku deh JNE ini. Puas dengan pelayanannya.

    BalasHapus

Posting Komentar