Thursday, December 3, 2015

Tips Buat Para Jomblo Sebelum Menikah

Lagi-lagi, saya selalu ingin membahas apa saja yang akan dialami oleh seorang wanita ketika dia telah menikah. Selain merubah pola pikir, pola hidup dan cara menyikapi sesuatu, wanita menikah lebih dari apa yang bisa jomblo bayangkan :D. Kegilaan saya akan sesuatu saat masih sendiri, tidak bisa saya bawa semua saat menikah. Yah.. anggap saja, sekarang saya sudah menjadi wanita yang harus memikirkan orang lain. Tapi, pasca menikah, saya merasa lebih baik. Apalagi tiap hari bisa lihat orang-orang yang mencintai saya dengan tulus. Berbeda saat masih sendiri, kerjaannya sibuk mencari ketulusan wkwkw..

Ada hal lain yang menarik dalam sebuah pernikahan yang gak akan kebayang sama seorang jomblo. Saya tahu, kalau jomblo itu gak pernah ngerasa bahagia dengan status-status bahagia dan bangganya menjadi jomblo. Padahal, sebenarnya mereka juga merindukan dan mencari seseorang untuk diajak berbagi, dalam hal apapun. Dalam hal ini, saya kerap ketawa dalam hati dengan status-status yang tersebar baik di FB, WA, BBM, Line bahwa mereka senang menjalani kehidupan jomblonya.


Disadari atau tidak, saat masih sendiri memang harus pandai-pandai mencari kesibukan dan pekerjaan yang pas dan tepat. Ada orang jomblo yang menghabiskan waktunya untuk membaca, mengaji, berkumpul bersama teman-temannya, bahkan ada yang terjerumus dalam hal-hal negatif, naudzubillah.. Disana sebenarnya, menjadi jomblo yang bahagia harus punya teman yang supel dan mampu membahagiakan sahabat yang lain. Akan lebih baik lagi, kalau dia mengajak pada hal-hal positif dan menyikapi kehidupan dengan baik, meskipun nanti akan berubah semua ketika kamu akan menikah.

Sebagai mantan jomblo yang punya blog jombloku yang entah memiliki berapa butir penggemar pembaca ini, saya akan dengan senang hati membagikan tips untuk menjalani kehidupan sendirimu dengan baik sebelum menikah:

Memperbaiki diri

Hal yang selalu sulit dilakukan oleh orang-orang adalah memperbaiki diri sendiri. Jika tidak ada motivator dalam hidupnya, saya yakin, acara perbaikan diri ini akan sangat sulit. Terlebih jika kita sudah larut dalam hal-hal negatif yang gak pernah disadari. Acara perbaikan diri ini membutuhkan beberapa komponen diantaranya, pergaulan yang baik, tempat dan lingkungan yang baik, dan sedikit godaan yang buruk untuk dituruti. Milikilah seorang sahabat yang bisa ngerti kamu dan membawamu kepada kebaikan, carilah.. meskipun agak sulitdan kadang ada yang gak sesuai dengan kriteriamu, itulah tantangannya.

Menyibukkan diri bukan dengan mencari

Kebanyakan dari para single dan jomblo adalah kesibukan mencari pendamping, orang yang tepat, atau bahkan meraka menyebutnya dengan bangga dengan sebutan, pacar. Sebenarnya, hal-hal seperti itu kita percayakan saja kepada Allah, kita percayakan saja kepada yang menciptakan pasangan. Tapi apalah manusia yang kadang jiwa mudanya lebih suka mencoba dan mencari jati diri kata mereka. Yang sebenarnya, meraka gak tau apa yang mereka lakukan. Memang, sebelum menikah, susah sekali menjelaskan bagian ini, namun.. tidak ada salahnya untuk belajar dari pengalaman orang lain, kan.


Memberi lebih kepada orang tua

Nah, masih berhubungan dengan point satu dan dua, pernikahan akan membuat orang menjalani kehidupannya dengan jalan yang berbeda. Oleh karenanya, apapun yang kita miliki sekarang, berilah lebih kepada orang tua. Pasalnya, pasca menikah, hal remeh temeh itu akan sulit dilakukan terlebih jika kita adalah pasangan yang baru membangun rumah tangga. Tidak mudah untuk mengkondisikan keadaan yang baru dengan kebiasaan lama, dengan begitu, rasa penyesalan karena kurang memperhatikan orang tua tidak akan ada lagi, jadilah pribadi yang santun dan loman kepada orang tua.


Ulangi point satu sampai tiga terus menerus

Yap.. itu dia, terus menerus melakukan kebaikan, memposisikan diri dengan hal-hal yang dirasa akan membawa kita kepada yang buruk juga akan membuat kita terus belajar, bagaimana menjadi seorang jomblo yang baik. Dan semuanya itu akan bisa dilakukan jika kita gak pernah punya dan mikirin pacar, semuanya akan berbeda, percayalah :).

2 comments:

  1. Nanti para lelaki yang datang memilih, ya kan kak :D

    ReplyDelete
  2. Aduh, bahas pernikahan, jadi baper nih..:D. Jujur, aku sendiri sebagai seorang jomblo terlalu sibuk mikir dan khawatir tentang pertanyaan "kapan nikah?" yang dilontarkan orang2. Tapi, seperti yang kakak bilang..kita serahkan saja sama Alloh yang telah menciptakan pasangan. Harus serius memperbaiki diri, do'ain juga ya kak, semoga Alloh segera mempertemukanku dengan jodoh terbaik.. :)*maaf komennya kepanjangan, kebawa perasaan :D

    ReplyDelete