Saturday, February 13, 2016

Manfaat Olahraga Air yang Harus Anda Ketahui

Tak hanya manfaat olahraga biasa saja yang bisa berguna untuk tubuh. Olahraga air ternyata juga baik sekali untuk kesehatan tubuh. Olahraga air adalah olahraga yang dilakukan di dalam air. Bisa dilakukan di kolam, laut ataupun lokasi berair yang lainnya. Ada segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan olahraga ini. Sudah tahukah Anda manfaat tersebut?

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga air antara lain:

  • · Bisa melatih otot dada, otot punggung, maupun otot betis.
  • · Bisa menambah tinggi tubuh. Terutama untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  • · Aktivitas paling ringan yang bisa digunakan untuk membakar lemak.
  • · Melatih pernafasan dada dan perut.
  • · Cocok sekali untuk refreshing dan menyegarkan pikiran.

Ternyata banyak bukan yang bisa Anda dapatkan dari olahraga air ini.

Ada beberapa jenis olahraga air yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat diatas. Diantaranya:

Berenang

Renang adalah olahraga air paling umum dan paling sering dilakukan. Selain itu berenang juga mudah sekali dilakukan. Olahraga yang satu ini juga dianggap paling aman untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Aquarobics

Olahraga air ini memang masih asing di telinga masyarakat karena masih jarang sekali dilakukan. Aquarobics adalah melakukan olahraga biasa di dalam air. Misalnya saja melakukan jogging atau senam di dalam air. Olahraga ini juga dijamin aman. Justru manfaat melakukan olahraga ini adalah bisa melenturkan otot dan meminimalkan sendi tubuh.

Menyelam

Selam memang hampir sama dengan berenang. Perbedaannya dilakukan di laut dan menggunakan peralatan khusus. Selain itu untuk bisa menyelam harus memiliki keahlian khusus.

Untuk bisa mendapatkan manfaat olahraga ini Anda tak harus melakukannya setiap hari. Cukup sekali saja dalam seminggu. Namun jangan lupa sebelum melakukan olahraga ini Anda harus pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini dimaksudkan agar otot Anda tidak kaget saat berkegiatan di dalam air. Jika otot kaget tentunya akan menyebabkan kram dan bisa membahayakan Anda. Setelah melihat beberapa manfaat tersebut, apakah Anda masih malas untuk melakukan olahraga air?

No comments:

Post a Comment