Thursday, May 26, 2016

Tubuh Memerlukan Banyak Asupan Vitamin C Untuk Tetap Sehat

Pada hakekatnya, setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat dan kuat. Tubuh manusia di katakan sehat apabila semua unsur – unsur seperti karbohidrat,protein, lemak, mineral, nutrisi,gizi, dan vitamin terpenuhi  di dalam tubuh manusia. Zat – zat tersebut sangat berguna dalam proses pembentukan energi pada tubuh dan  peninggkatan antibodi dan imunitas di dalam tubuh yang dapat menjaga tubuh manusia dalam keadaan sehat.


Berbicara mengenai kesehatan, ada sebuah zat pokok yang harus kita konsumsi setiap hari. Zat tersebut bernama vitamin. Vitamin adalah salah satu zat yang diproduksi oleh tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Ada macam – macam jenis vitamin, yaitu :

  • Vitamin A ( retinol ) berguna sebagai anti aging, anti malaria dan ketahanan tubuh
  • Vitamin B  berguna untuk memulihkan energi,membantu oksidasi tubuh
  • Vitamin C berguna untuk sistem imunitas, mencegah sariawan, sakit tenggorakan dan sebagainya
  • Vitamin D berguna untuk tulang dan gigi
  • Vitamin E berguna untuk reproduksi dan mencegah penyakit paru – paru
  • Vitamin K berguna untuk pembekuan darah

Manfaat vitamnin C bagi tubuh

Nah dari penjelasan di atas, sekarang sudah tau bukan mengenai macam – macam vitamin dan fungsinya?. Diantara jenis – jenis vitamin tersebut, vitamin C menjadi salah satu vitamin yang penting bagi tubuh. Pada dasarnya Vitamin C menghasilkan zat kolagen yang berguna untuk menjaga imunitas. Selain itu vitamin C juga mempunyai manfaat sebagai berikut :

  •  Menjaga kekebalan tubuh atau imunitas. Dengan banyak mengkonsumsi jenis vitamin C ini kita tubuh kita akan terhindar dari bakteri , virus,dan jamur yang berasal dari luar yang masuk kedalam tubuh kita. Bakteri dan virus ini dapat menyebabkan tubuh terserang berbagai macam penyakit.
  •  Memperbaiki tulang rawan, gigi, dan tulang. Vitamin C dapat membangun kembali kekuatan tulang
  •  Vitamin C memiliki zat anti inflamasi yang berguna untk mencegah masalah pembengkak pada tubuh
  •  Vitamin C memilki zat berguna ntuk menjaga kesehatan kulit. Mengurangi masalah gatal – gatal pada kulit dan juga berfungsi untuk menghaluskan kulit
  •  Vitamin C juga berfungsi untuk pertahanan sel dan membangun kembali sel – sel tubuh yang rusak

Nah berdasarkan fungsi – fungsi tersebut, kita bisa simpulkan bahwa vitamin C memang sangat berguna bagi tubuh. Setiap manusia disarankan untuk mengkonsumsi berbagai vitamin C yang terkandung di dalam sayuran dan buah – buahan yang bisa konsumsi untuk mencukupi asupan vitamin C pada tubuh kita.

Sumber – sumber vitamin C

Tidak bisa dipungkiri lagi, tubuh manusia harus terpenuhi dengan Vitamin C yang cukup. Karena jika kekurangan jenis vitamin ini maka akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan khusunya masalah imunitas atau kekebalan tubuh. Lalu berapa jumlah vitamin C yang mesti kita konsumsi perharinya? Sebenarnya masalah seberapa besar vitamnin C yang harus di konsumsi per hari in masih menjadi perdebatan banyak sekali ilmuan – ilmuan. Badan WHO menyarankan kita untuk mengkonsumsi sekitar 45 Mg sehari. Sedangkan di sisi lain badan Food Strategy Agencies ( FSA) di Amerika Serikat mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan asupan vitamin C sekitar 60-90 Mg perharinya.

Mungkin kita tidak perlu memikirkan perdebatan mengenai jumlah vitamin C yang harus di konsumsi setiap harinya. Kita cukup mencoba untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin C yang cukup saja untuk setiap harinya. 

No comments:

Post a Comment