Tuesday, June 21, 2016

Belajar Mendidik Diri: Jangan Mudah Meremehkan

Kadang, saya membenci diri saya sendiri, diri yang hina dan penuh sama dosa ini bisa-bisanya kadang memandang sebelah mata orang lain. Dari sisi kesholihan, dari sisi baik buruk. Merasa Jilbab udah panjang kemudian mencibir yang masih pake  celana jeans, padahal.. belum tentu kita baik dari pada mereka di dalam hatinya.

Merasa sudah mengenakan baju syari, kemudian mencela mereka yang masih menggunakan baju seadanya, tanpa kaos kaki. Belum tentu, dalam hati mereka tidak ingin melakukan hal yang sama, bergamis dan berkaos kaki.

Merasa sudah lebih pintar karena khatam al-qur'an berkali-kali dibanding mereka yang masih belajar mengeja hijaiyah. Padahal, belum tentu kita yang sudah merasa pandai ini bisa membaca dengan tartil.

Kesombongan.. Ya.. dialah kesombongan diri yang membuat orang merasa dirinya sangat baik, padahal dia terjebak dalam kesombongan. Dalam hal apapun, dalam situasi apapun.

Mendidik diri sendiri, Untuk tidak sombong, tidak meremehkan.. bukanlah hal yang mudah, kawan. Rendah hati itu perlu pembiasaan :).

2 comments: