Monday, June 20, 2016

Cara Paling Efektif Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Sejak dulu saya adalah penggemar stand-up comedy. Bukan apa-apa sih, komikanya itu loh, kadang bikin saya tertawa terpingkal-pingkal. Walaupun sekarang saya sudah semakin jarang mantengin stand-up comedy terutama di YouTube karena yang pasti saya tidak punya TV dirumah.

Ngomongin soal komika, salah satu favorit saya tentu saja adalah si Dodit yang deso tapi sok kota. Nggak tahu deh, kapan tepatnya saya mulai ngefans sama si Dodit. Tapi di sini sebenarnya saya nggak pengen ngomongin si Dodit, melainkan, penyakit yang diderita do’i akhir-akhir ini. Kalau kamu suka ngikutin berita kamu pasti sudah tahu bahwa Dodit.. ya... Kamu Dodit... Di usianya yang sangat muda sudah teridentifikasi memiliki penyakit jantung koroner. Parah ya?! Padahal baru aja mulai terkenal.

Kalau ngomongin soal penyakit jantung, sudah tidak heran apabila penyakit ini sebenarnya adalah silent killer yang sudah sejak dahulu menjadi momok kesehatan. Walaupun mungkin tidak banyak yang terdeteksi lebih lebih karena jarang orang yang mau mengecek kondisi jantung atau kesehatannya di pelayanan medis.

Nah, kalau kamu nggak pengen ikut ikutan kena penyakit jantung. Ada cara mencegah penyakit jantung di usia muda yang efektif dan harus kamu tahu. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Hindari makanan yang tinggi kolesterol

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung kolesterol. Sehingga kolesterol yang sejatinya sudah diproduksi oleh tubuh kita menjadi berlebihan.

Makanan-makanan yang banyak mengandung kolesterol diantaranya adalah makanan berlemak, terutama yang mengandung lemak jenuh. Akan tetapi kita tidak dianjurkan untuk sepenuhnya menghindari lemak jenuh karena ternyata ada juga manfaatnya untuk tubuh kita.

2. Kurangi karbohidrat sederhana

Gula adalah sumber masalah kesehatan yang paling nyata dan paling mudah kita antisipasi, karena kita tahu apabila mengkonsumsi terlalu banyak gula efeknya sudah pasti dapat menyebabkan diabetes dan lonjakan gula darah yang ujung-ujungnya menyebabkan penyakit jantung.

Tapi tau nggak sih? Ternyata gula tidak hanya berasal dari gula pasir (gula batu). Ternyata gula jugalah bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti nasi, roti, pasta, kentang, jagung, dll.

Makanan-makanan sumber karbohidrat sederhana dan sumber karbohidrat kompleks tersebut di dalam tubuh kita akan diubah menjadi gula yang kemudian digunakan sebagai energi.

Nah, terlalu banyak makan nasi tentu saja akan menyebabkan tubuh kita kelebihan gula. Hal tersebut menyebabkan tingkat gula darah dan insulin naik. Akibatnya? Tidak sulit untuk di tebak! Resiko penyakit jantung meningkat!


3. Kurangi makan goreng-gorengan

Mungkin hampir setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang digoreng. Tapi tau nggak sih? Kalau makanan-makanan tersebut ternyata banyak mengandung kolesterol yang juga ujung-ujungnya akan menyebabkan penyakit jantung. Jadi kalau kamu mau sehat, seperti kata para ahli, ada baiknya kamu mulai memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang direbus atau hindarilah yang digoreng.

4. Biasakan diri olahraga

Kok, rasanya ya, olahraga cuma untuk orang-orang tertentu saja. Padahal, manfaat olahraga banyak sekali terutama untuk menjaga kesehatan dan untuk mencegah berbagai penyakit. Kalau kamu adalah salah satu orang yang malas berolahraga, mulai saat ini cobalah untuk mencari waktu yang tepat untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan lakukanlah selama 5 hari dalam seminggu.

Ayoo.. Sehat, sehat, jangan mau kaya si Dodit...

 

2 comments:

  1. Mantap artikelnya. Kalau orang kurus mudah kena penyakit jantung gak ya? Salam blogger!

    ReplyDelete
  2. jaga pola makan sehat dan olahraga teratur, itu kunci terhindar dari penyakit jantung..

    ReplyDelete