Wednesday, June 22, 2016

Panduan dan Tips Mudik Lebaran Agar Aman serta Menyenangkan

Walaupun masih di pertengahan Ramadan tapi tidak jarang kita sudah mulai ngomongin soal mudik lebaran. Terutama, ngomongin soal persiapan dan rencana-rencana. Sebenarnya hal itu bukanlah hal baru dan jangan heran kalau berbagai kegiatan menarik yang akan kita lakukan seringkali kita obrolin bahkan beberapa bulan sebelum kegiatan tersebut dimulai.

Mudik memang selalu menyenangkan karena ini adalah kesempatan kita untuk berkumpul bersama keluarga, terlebih jika kamu memiliki keluarga yang tersebar di berbagai tempat. Yang pasti ini adalah moment yang tidak boleh terlewatkan. Karena keluarga adalah orang-orang yang paling berarti di hati kita.

Supaya mudikmu tetap aman dan menyenangkan, kamu bisa mengikuti beberapa panduan berikut ini.

1. Memilih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi


Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Menggunakan kendaraan umum biasanya sedikit repot apalagi kalau barang bawaan kita seabrek. Terus bawa anak kecil atau bayi. Hemm.. bisa kebayang repotnya. Tapi walaupun repot, banyak juga loh untungnya naik kendaraan umum. Contoh, kita nggak perlu repot-repot berkonsentrasi saat nyetir. Itu artinya kita hemat banyak tenaga kan? Ongkosnya biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu kamu harus mudik menggunakan kendaraan roda dua, memilih kendaraan umum seperti bus akan jauh lebih aman dan lebih nyaman.

Tapi emang sih, menggunakan kendaraan pribadi jauh bisa sangat menyenangkan apalagi kalau perjalanannya santai. Dengan kendaraan pribadi kamu nggak akan dipusingkan dengan desak-desakan di bus. Gak harus menutup muka dan hidung saat penumpang sebelah mabuk. Atau kamu juga bisa beristirahat kapanpun kamu mau dan dimanapun kamu mau.

Kalau kamu menggunakan kendaraan umum seperti bus atau pesawat, jangan lupa packing barang yang rapi, jangan membawa barang terlalu banyak apalagi sesuatu yang kira-kira tidak terlalu dibutuhkan. Sesuatu yang sudah ada ‘dirumah tujuan mudik’ sebaiknya tidak dibawa, misalnya handuk. Apabila memang tidak dibutuhkan di jalan, dan benda-benda lainnya yang kira-kira cuma menuhin tas dan bagasi seperti sarung, dll, tinggalin aja dirumah.

Tapi kalo kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan kamu mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu, mulai dari mesin, lampu hingga rem, dll.

2. Pastikan kondisimu fit


Salah satu penyebab kecelakaan yang paling banyak terjadi pada saat mudik lebaran, biasanya adalah karena ngantuk atau kecapean. Agar kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, pastikan kamu menjaga kondisi kesehatan. Tapi ingat jangan andalkan minuman berenergi. Istirahatlah dengan cukup walaupun kamu sangat excited sehingga sulit meminjamkan mata.

Sebisa mungkin persiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari agar di malam hari sebelum kamu berangkat, kamu bisa beristirahat dengan cukup dan bukannya disibukkan mengepak barang atau melakukan persiapan lainnya.

3. Beristirahatlah apabila lelah

Kamu yang membawa kendaraan pribadi misalnya mobil. Apabila tidak ada yang bisa menggantikan untuk menyetir. Pastikan kamu beristirahat terlebih dahulu, entah itu di tempat-tempat yang murah meriah seperti di pom bensin, atau di tempat peristirahatan umum. Atau kamu juga bisa menginap di hotel jika memang harus menginap dan tidak tahan melek pada saat malam hari sambil menyetir. Tapi ingat, sebelum memilih sebuah hotel tempat menginap, pastikan kamu mengecek harganya dulu. Misalnya, kalo kebetulan jalur mudimu lewat Bandung, lihat aja review tarif Hotel Hilton Bandung atau hotel-hotel lainnya yang satu jalur dengan perjalanan mudikmu.

4. Pastikan kamu tenang saat meninggalkan rumah


Saat kita bepergian terutama untuk mudik, pasti rasanya tidak menyenangkan apabila hati kita tidak hadir di sana. Apalagi kalau yang kepikiran cuma, gimana kondisi rumah? Apakah aman atau tidak? Takut kecurian dan lain-lain.

Supaya hati lebih tenang saat meninggalkan rumah untuk beberapa hari, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran berikut ini.

  • Jangan sampai rumah kelihatan kosong. Sebisa mungkin buatlah rumahmu tampak memiliki penghuni, misalnya dengan memasang sensor otomatis untuk lampu yang bisa hidup di saat suasana semakin gelap misalnya di sore hari. Karena kalau kita ninggalin rumah dengan lampu hidup 24 jam, orang pasti sudah bisa nebak kalau rumah tersebut sedang ditinggalkan atau lagi kosong.
  • Cara lain untuk membuat rumah kelihatan berpenghuni adalah dengan tetap meninggalkan sendal atau sepatu di teras seolah-olah ada orang di dalam.
  • Kalau kamu kebetulan orang ‘yang punya,’ tidak ada salahnya juga memasang CCTV atau alarm keamanan. Saat ini di dunia cukup modern sehingga kamu tetap bisa terhubung ke rumah dengan menggunakan internet dari smartphone-mu.
  • Selain itu jangan lupa untuk memberitahukan tetanggamu bahwa kamu akan mudik. Dengan begitu tetangga akan lebih peduli, sehingga mungkin suatu waktu bisa mengawasi rumahmu dari kejauhan dan memberikan informasi jika terjadi sesuatu. Jangan lupa tinggalin nomor hape juga ya.
  • Kalo kamu tinggal di perumahan dan ada satpamnya, pastikan kamu juga memberitahukan satpam sekaligus pamitan dan mintalah satpam untuk mengecek rumahmu sekali waktu.
  •  Jangan lupa juga mencabut semua peralatan elektronik yang tersambung ke listrik. Termasuk juga, buka selang kompor gas.
  • Sebelum pergi lakukan double check untuk jendela dan pintu. Pastikan semuanya sudah terkunci dengan rapat.

5. Hindari mabuk saat di perjalanan

Kalo kamu mabuk saat numpang kendaraan, yang pasti kelihatannya nggak keren banget ya. Hehehehe... Tapi emang mabuk itu kadang nggak mengenal tempat dan waktu serta bisa terjadi pada siapapun karena kondisi yang kadang tidak terantisipasi.

Supaya kamu nggak mabuk saat di kendaraan, kamu bisa mengikuti beberapa tips menghindari mabuk kendaraan berikut ini:

  • Jika kamu naik kendaraan umum seperti bus, pilihlah tempat duduk di bagian depan agar kamu bisa langsung memandang ke arah depan. Hindari duduk di bangku bagian belakang atau hindari juga duduk sambil menatap gadget, bermain game, atau membaca karena hal tersebut biasanya dapat menyebabkan rasa pusing dan mabuk.
  •  Kalau kamu nggak terbiasa tinggal di ruangan ber-AC, terlebih jika mobil yang kamu gunakan menggunakan AC. Jangan keras kepala untuk tidak menggunakan jaket atau baju hangat. Karena menggunakan baju hangat akan mencegahmu masuk angin atau kembung.
  • Selain menggunakan baju hangat kamu juga harus memastikan perut tidak kosong. Boleh juga mengandalkan minuman jahe atau minuman hangat lainnya agar tidak kembung dan agar badan tetap terasa hangat.
  • Kalau kamu naik kereta api dan biasanya muntah saat naik kendaraan, ada baiknya kamu memilih tempat duduk yang menghadap ke depan, bukan sebaliknya yang menghadap ke belakang.
  • Begitu juga saat di pesawat, walaupun sebenarnya kita harus taat karena sudah memiliki nomor seat sendiri, tapi mungkin saja orang yang kebetulan duduk di samping jendela mau bermurah hati untuk menukar tempat duduknya denganmu. Duduk di dekat jendela saat berada di pesawat akan membantumu untuk tidak mabuk. Sebisa mungkin kalau ini adalah pengalaman pertamamu naik pesawat, jangan terlalu tegang dan tetaplah rileks.

6. Jangan lupakan obat-obat penting

Gak semua kita diberikan anugrah kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Bagi kamu, atau jika kamu mudik dengan keluarga yang memiliki penyakit tertentu, pastikan kamu membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Karena mungkin saja di perjalanan atau di tempat tujuan mudik tidak ada Apotik yang buka atau yang menyediakan obat yang kamu butuhkan.

Bukan berharap, tapi sedia payung sebelum hujan ada baiknya. Jadi jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan P3K yang ringkas dan tidak ribet.

7. Jangan malas bergerak

Saat kita melakukan perjalanan jauh, duduk di mobil secara statis dan malas bergerak akan membuat otot-otot di tubuh kita menjadi kaku. Supaya kamu nggak bete dan tetap energik. Coba saja beberapa tips senam tubuh di kendaraan yang bisa kamu praktekin untuk membuat tubuhmu lebih rileks.

Agar tubuh tetap fit jangan lupa untuk rajin minum air putih. Tapi hati-hati jika kendaraan yang kamu kendarai ternyata tidak menyediakan toilet di dalam. Kebelet pipis bisa membuatmu sedikit kerepotan. Kalau kamu nggak pengen sering kebelet pipis, hindari minuman diuretik yang dapat menyebabkan cairan tubuh mudah keluar atau yang membuat kita mudah cepet kebelet pipis seperti teh dan kopi atau minuman berkafein.

8. Jangan lupa membawa anti bete

Setiap orang memiliki ‘anti-bete-nya’ masing-masing. Ada yang mengandalkan tablet untuk bermain game dan membaca, ada yang mengandalkan smartphone untuk mendengarkan musik dan menonton film, atau apa saja yang sekiranya bisa membuatmu tetap sibuk.

9. Hemat di jalan

Mudik seringkali membuat kantong kita terkuras. Supaya kamu gak boros, ada beberapa tips modik hemat yang bisa kamu ikuti, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Bawa sendiri bekal makanan dari rumah yang kira-kira awet dan bisa mengenyangkan atau yang bisa dimanfaatkan untuk mengganjal perut sehingga tidak memaksamu untuk belanja di bandara atau di terminal atau di tempat-tempat yang harganya tidak wajar.
  • Kalau kamu takut kejebak macet dan ketinggalan pesawat, lebih-lebih jika kamu sudah booking tiket pesawat dengan penerbangan paling pagi, tidak ada salahnya menginap di bandara.
  • Selain itu, kalau di perjalanan kamu benar-benar capek karena membawa kendaraan pribadi, pilihlah tempat-tempat peristirahatan yang menawarkan tarif murah. Jangan lupa mengecek ketersediaan tempat beristirahat secara online atau dengan menggunakan aplikasi tertentu.

10. Berita juga penting lho

Yang pasti modernitas membuat segala sesuatunya semakin mudah. Kamu nggak perlu ketinggalan berita jika sedang mudik karena sudah ada smartphone di tanganmu.

Dengan smartphone kamu bisa membaca berita di situ-situs berita online, atau pasang mata di sosial media, atau kamu juga bisa mantengin berita sambil mendengarkan radio. Selain itu situs-situs penting seperti, situs lalu lintas dan lain-lain bisa kamu akses untuk mengetahui bagaimana kondisi jalan yang akan kamu lalui.

Nah itu aja semoga perjalanan mudikmu kali ini menyenangkan dan aman. Oh ya, kalau ada di antara kamu yang kebetulan mudik ke Jombang. Boleh deh kopdar sama saya sekalian bawa oleh-oleh ya ;-) hehehe.

1 comment: