Saturday, September 17, 2016

Ketagihan Belanja Online, Ini Caranya Biar Gak Tertipu

Belanja online akhir-akhir ini menjadi kebiasaan saya, dan kadang saya sendiri gak suka sama kelakuan saya sendiri dalam hal belanja. Pasalnya banyak sekali keinginan-keinginan yang harus saya penuhi padahal itu gak penting-penting amat, jadi kayaknya cuma nafsu aja pengen belanja. Untung saja, toko online yang biasanya ngasih free ongkir sekarang udah ada ongkirnya, paling tidak saya bisa menekan ketagihan belanja online saya, benar-benar membantu :D.



Jadi, sebenarnya sah-sah saja kalau kamu memang hobi belanja online, asal kita tahu saja gimana caranya biar belanja online yang kita lakukan semakin menyenangkan dan tentu saja jauh dari penipuan. Dan.. berikut adalah beberapa tips dan trik belanja online aman ala saya.

Cek Review


Saya, selalu mencari review dari teman-teman yang udah belanja duluan di toko tersebut. Sebenarnya, belanja online ini tidak berlaku beli baju atau barang-barang yag di jual oleh toko online saja sih. Saya juga sering melakukan transaksi dalam bidang jasa. Biasalah.. blogger kan memang gitu, kebanyakan belanja haha.

Cek Website


Saya, lebih seneng beli ditempat yang jelas dan di website yang memang sudah terkenal, website yang gak diragukan lagi. Pasalnya, mereka gak akan bisa main-main sama pelanggan, kalaupun ada komplain, tentu saja itu adalah hal yang mudah jika kita minta refund atau pengembalian barang atau tukar barang. Mereka rata-rata memiliki aturan yang jelas.

Rekomendasi 


Satu lagi, kita sebaiknya membeli sesuatu dengan rekomendasi orang lain atau teman dari pada harus mencari toko online sendiri jika memang merasa belum memiliki kemampuan untuk itu. Rekomendasi temen akan jauh lebih aman karena mereka belanja berdasarkan pengalaman yang mereka lakukan sendiri.

Satu hal yang mesti kamu perhatikan juga, ketagihan  belanja online ini biasanya susah sekali dihentikan kecuali kalau uangnya memang benar-benar gak ada. Tapi, setiap ada uang, langsung saja otak ini kepengen belanja ini dan itu lagi. Jadi... Ada baiknya kalau kita lebih menghemat dengan tidak membeli barang-barang yang memang tidak sangat kita butuhkan. Gaya memang selalu menghabiskan banyak sekali biaya, padahal sebenarnya hidup itu murah, gaya lah yang membuat hidup semakin mahal, ya gak sih?

So.. Bijak-bijak memanage uang belanja, note untuk diri sendiri juga sih sebenarnya haha, semoga dengan ini saya gak ketagihan belanja lagi, paling tidak ya.. di rem lah dikit haha.

4 comments:

  1. Keren nih tipsnya, bisa diterapkan juga kalau pas belanja online :)
    Btw, salam kenal bu..

    ReplyDelete
  2. iya, biasanya saya juga cari tau sana-sini dulu sebelum memtuskan belanja online

    ReplyDelete
  3. alhamduliah bebrapa kali belanja online semuanya baik2 aja ga ada masalah apalagi ketipu

    salam kenal mba dr blogger ala2

    ReplyDelete
  4. saya juga biasanya cari review & testimoni pelanggan dulu, kalo bagus yaa jadi beli kalo nda bagus yaa pindah toko heheh, btw salam kenal ya mbak

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete