Tuesday, September 20, 2016

Tips Bermigrasi dari Feature Phone ke Smartphone

Diakui atau tidak, feature phone masih banyak digunakan terutama oleh kalangan awam. Salah satu penyebab mengapa mereka masih bertahan menggunakan feature phone adalah, karena kesulitan menggunakan layar sentuh, tidak terbiasa, merasa terlalu ribet, harganya yang mahal, hingga belum menemukan pengganti yang kira-kira pas untuk feature phone mereka.

image from telkomsel.com

Jika anda adalah salah satu orang yang sedang mempertimbangkan untuk bermigrasi atau mengganti HP lama dengan model yang lebih modern, terutama hape layar sentuh, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti. Berikut diantaranya.

Pertimbangkan manfaat yang akan didapatkan


Kebanyakan fitur phone hanya dipakai untuk SMS dan telepon. Walaupun sudah mendukung koneksi internet, namun hanya sebatas GPRS atau HSDPA. Walau demikian, ada banyak kelemahan yang dimiliki oleh featurephone apabila dibandingkan dengan smartphone yang tampaknya lebih fleksibel. Jika beralih menggunakan smartphone, anda kemungkinan besar akan merasakan pengalaman berikut ini:

  • Berinternet dengan nyaman karena layar yang lebih luas dan lega.
  • Layar yang luas akan memudahkan kita untuk menonton video baik offline maupun online.
  • Layar yang lebih luas akan memungkinkan kita untuk melihat gambar dengan lebih besar dan detail.
  • Kebanyakan smartphone saat ini sudah support 3G dan 4G sehingga berinternet semakin lancar dan menyenangkan.
  • Paket internet yang murah akan memungkinkan kita untuk menghemat lebih banyak pengeluaran untuk telpon dan sms mengingat paket internet tersebut bisa digunakan untuk melakukan panggilan VoIP atau berkirim pesan menggunakan berbagai aplikasi messenger.
  • Adanya fasilitas kamera depan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video (video call)
  • Bisa lebih hemat jika mengandalkan koneksi Wifi.
Melihat berbagai keuntungan tersebut tentu tidak rugi rasanya apabila anda mau bermigrasi dari feature phone ke smartphone. Rekomendasi smartphone yang cocok bagi anda yang berniat mengganti HP lama dengan HP baru adalah Galaxy J1 Mini.

Ini adalah smartphone besutan Samsung yang memiliki layar 4 inchi. Layar ini terasa tidak terlalu besar sangat pas bagi Anda yang bermigrasi dari feature phone yang mungil dan mudah digenggam.

Selain enak untuk digenggam, Galaxy J1 Mini juga dilepas dengan harga murah terutama apabila anda memilih Samsung Galaxy J1 paket bundling spesial dari Telkomsel Indonesia Tidak hanya mendapatkan harga miring, Anda juga akan mendapatkan paket internet sebanyak 10 GB per bulan dengan biaya yang sangat murah mulai dari Rp49.000.

Spesifikasi smartphone ini walaupun tidak terlalu mentereng namun cukup memadai untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti berinternet, mendengarkan musik, menonton video, beraktivitas di sosial media, hingga mengambil foto dan video.

Berikut adalah spesifikasi singkat dari Galaxy J1 Mini.

  • Layar menggunakan display 4 inchi
  • Sudah mendukung jaringan 4G.
  • Menggunakan 4 inti prosesor dengan kecepatan 1.5 GHz.
  • Menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1
  • Menyediakan memori internal 8GB yang bisa diperluas dengan microSD up to 128 GB dan dukungan RAM 768 Mb.
  • Kamera di bagian belakang dibekali resolusi 5 megapixel. Dan kamera depan menggunakan sensor VGA.
  • Smartphone ini dibekali baterai sebesar 1500 mAh dan,
  • Pilihan warna yang tersedia diantaranya adalah: warna hitam, putih, dan warna emas.

Bisa karena biasa


Sebagian besar mereka yang ingin bermigrasi dari feature phone ke smartphone merasa kesulitan ketika pertama kali memegang smartphone. Tentu hal tersebut bukan hal yang aneh mengingat ketika kita menemukan sesuatu yang baru, siapapun kita pasti akan kaku dan kikuk saat mengoperasikannya. Namun saya yakin tidak akan butuh waktu lama, anda akan terbiasa dan mungkin saja akan merasa lebih asyik menggunakan smartphone.


Jangan takut menghadapi sesuatu yang baru


Ketakutan dan berbagai kekhawatiran akan tidak bisa mengoperasikan dan memaksimalkan fitur yang ada di smartphone adalah alasan lain mengapa banyak orang enggan beralih dari feature phone. Namun seperti pada point sebelumnya, lambat laun Anda akan menemukan kenyamanan dan manfaat menggunakan smartphone.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang berniat untuk mengganti HP lama dengan menggunakan Smartphone. Saya pribadi menyarankan menggunakan Smartphone  Samsung Galaxy J1 paket bundling spesial dari Telkomsel Indonesia  karena jika dipikir-pikir, harganya sangat murah apalagi mempertimbangkan kualitas smartphone Samsung dan paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel.

No comments:

Post a Comment