Friday, November 4, 2016

Bunda, Ini 10 Manfaat Pijat Bayi

Setiap malam, saya selalu memijat kaki dan badan Kinza saat ia hendak tidur, hal ini saya lakukan karena tau manfaat pijat bayi memang sangat banyak. Sejak mulai bisa merangkak dan berjalan, Kinza sangat aktif dan hampir tidak pernah bisa diam. Kinza hanya diam pada saat dia sibuk dengan gadget, selebihnya, dia akan selalu bergerak kesana kemari bermain dan ngoceh sendiri atau kadang ngobrol dengan saya atau suami.

Kadang-kadang saya sendiri heran dari mana energi Kinza. Bahkan, kalau jalan-jalan ke luar, hampir bisa dipastikan dia enggan berjalan santai. Dia pasti akan kemana-mana dengan berlari. Bahkan walaupun jarak tempat yang akan didatangi cukup dekat. Dia tidak akan ragu-ragu untuk berlari.



Dulu sikap Kinza yang aktif, tidak mau pelan, dan sedikit serampangan membuat saya khawatir dan seringkali deg-degan. Itu membuat saya kemudian sering berteriak-teriak untuk mengatakan "hati-hati nak!" "jangan!" "awas!" dan berbagai peringatan yang lainnya.

Namun berbagai teriakan dan peringatan tersebut seolah-olah tidak didengarkan oleh Kinza. Ya terus saja mencoba dan melakukan hal-hal yang membuatnya penasaran. Hingga pada akhirnya saya sadar bahwa hal tersebut seharusnya tidak perlu saya khawatirkan selama hal tersebut tidak berakibat fatal.

Akhirnya saya dan suami sepakat untuk tidak terlalu banyak mengomentari apapun yang dilakukan oleh Kinza atau memperingatinya. Karena kami tidak ingin membatasi rasa penasarannya pada berbagai hal. Dan kami juga percaya bahwa dari pengalaman yang ia dapatkan sehari-hari dia pasti akan belajar sesuatu.

Namun yang jelas, Kami tetap selalu mengawasi dan menjaganya. Sampai batas-batas tertentu kami akan mencoba memberikan peringatan dengan cara yang baik atau memberikannya solusi. Akibat sikapnya yang super aktif membuat Kinza sudah pasti akan merasa pegal baik di sekitar kaki atau di beberapa area badan. Namun yang pasti, anak kecil tidak akan pernah mengeluh. Sebagai orangtua, Saya mengetahui itu dari berbagai buku dan artikel yang saya baca.

Sama halnya seperti orang dewasa, saat pegal mereka (anak-anak) membutuhkan pijat untuk melonggarkan atau mengendurkan otot-otot yang tegang dan kaku. Namun selain manfaat tersebut Sebenarnya ada beberapa manfaat pijat bayi lainnya, diantaranya adalah:


Sebagai alternatif pengobatan kaki terkilir


Anak-anak yang aktif dan terus bergerak dan berlari kesana kemari kadangkala bisa terkilir atau keseleo. Salah satu cara untuk mengobati kaki anak yang terkilir adalah dengan metode pijat. Akan tetapi, ada cara-cara tertentu yang harus diketahui sebelum memijat kaki anak yang terkilir atau keseleo.


Anak bisa menyerap makanan dengan lebih baik


Pijatan bisa menyebabkan sistem pencernaan di dalam tubuh anak menyerap makanan dengan lebih baik. Hal tersebut bisa membantu anak lebih cepat lapar sehingga makan lebih banyak.


Mendekatkan ibu dan anak


Hubungan antara ibu dan anak akan semakin Intens apabila Ibu secara rutin memijat bayinya misalnya dua kali sehari. Dengan sering memijat bayi, ibu akan mengetahui berbagai keinginan bayi.


Pijat membuat ibu lebih mengenal kondisi tubuh bayi


Ibu yang sering memijat dan meraba atau memegang seluruh tubuh bayinya akan lebih mengenal bayi atau struktur tubuh bayinya dengan lebih baik sehingga saat mengasuh dan menjaga, mereka lebih yakin dan percaya diri.


Dapat meningkatkan kecerdasan emosi


Menurut ahli, memberikan pijatan kepada bayi bisa meningkatkan Pertumbuhan otak dan perkembangan sistem sensoris dan motoris. Melalui pijatan, seorang ibu bisa menyalurkan rasa kasih sayangnya sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan emosi, interpersonal dan stimulasi anak.


Meningkatkan sistem imun


Tidak bisa memberikan rasa tenang atau rileks kepada bayi sehingga bayi bisa tidur lebih lama dan lebih lelap kualitas tidur yang meningkat dapat membuat sistem imun tubuh bayi meningkat. Jadi.. apakah bunda akan mulai belajar memijat bayi? Karena telah mengetahui manfaat pijat bayi, bukankah kita seharusnya belajar, banyak kok buku-buku yang membahas tentang pijat bayi ini. Browsing juga bisa lah..

1 comment:

  1. normal seusia kinza aktif dan antusias banget, namanya juga bocah
    kitapun dulu kayak gitu deh kayaknya :D
    makin berumur makin males gerak LOL

    ReplyDelete