Thursday, November 3, 2016

Motivasi Hidup, Bisa Kita Temukan Dimana Saja

Saya gak tau, mulai kapan blog saya menjadi salah satu blog yang ternyata banyak sekali menuliskan label cerita motivasi hidup. Sepertinya, hampir postingan di blog ini nampaknya hampir memiliki nilai pelajaran untuk saya. Setidaknya, saya menjadikan blog ini sebagai ajang koreksi diri yang mendalam. Saya gak berani menuliskan apa-apa yang saya sendiri gak mampu lakukan. Seperti sudah menjadi komitmen akan hal tersebut.

Melalui blog ini, saya menemukan banyak sekali orang-orang yang memiliki cerita sendiri dalam memotivasi seseorang. Disini, ternyata saya menemukan banyak karakter yang bisa saya tuliskan. Senang? Tentu saja, gak semua orang bisa menulis meski hanya coretan kasar tanpa makna. Mereka terhambat dengan dirinya sendiri untuk melakukan itu.



Bangga? Tidak, saya bahkan ingin lebih untuk menulis sesuatu yang bisa memberikan motivasi hidup seseorang, tentu saja dalam hal kebaikan ya..

Mulai Menyadari, Hidup harus banyak belajar


Terlepas dari bagaimana cara seseorang memotivasi orang lain, saya juga menangkap banyak makna. Mencari motivasi tidak harus berada dalam sebuah seminar yang orang-orang besar adakan. Atau sering mendengarkan mereka dalam rekaman atau video Youtube. Orang-orang di sekitar kita, banyak sekali memberikan pelajaran hidup tak tertulis. Dari mereka kita bisa banyak belajar cara menghargai kehidupan ini ataupun cara menghargai sesama. Dari mereka baik yang kaya atau yang belum, kita bisa mempelajarinya.


Berubah


Seperti apa yang saya sampaikan kepada suami semalam,

"Kita harus lebih kaya mas, bukan untuk kita sendiri tapi untuk orang tua"

Menjadi kaya tidak harus memiliki segalanya di dunia ini. Niatkan untuk orang-orang yang sudah memberikan segalanya yang terbaik, niatkan untuk membuat mereka bahagia. Maka kaya akan memiliki banyak makna. Entahlah. Sepertinya saya sendiri kalau memiliki sedikit saja uang, saya memikirkan mertua atau orang tua. Meski berkali-kali saya dimarahi oleh emak saya karena gak pernah bisa nabung, saya katakan kepada beliau,

"Mak.. uang yang kita miliki sebenarnya uang yang sudah kita sampaikan kepada orang lain dengan cara yang baik, bukan yang sekarang kita pegang"

Dalih saya kepada beliau. Setidaknya, saya mendapatkan prinsip itu dari cerita motivasi orang yang saya saring sendiri, tanpa kesengajaan. Bahwa motivasi hidup, bisa kita temukan dimana saja, selama mata masih terbuka. Itu yang saya rasakan. Bagaimana denganmu, sudahkah kamu menginspirasi orang lain dengan kebaikan? Semoga ya..

2 comments:

  1. Inuuuuul,
    Apa kbr? Sehat yaaa. Salam buat abangmuuuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii JS, Alhamdulillah sehat semua.. sudah disampaikan ya.. komentar di Blog JS ditutup yaa.. gak bisa komeng saya :D

      Delete