Sunday, December 11, 2016

Kisah Kinza dan BBLR-nya

Sebagai orang tua baru, saya dulunya juga takut saat merawat bayi saya Kinza saat ia masih baru lahir. Takut kenapa-napa karena badannya yang masih kecil dan rapuh banget gitu. Padahal, dokter aja dengan sangat yakin pegang bayi baru lahir tanpa ragu sedikitpun. Mungkin mereka sudah biasa pegang bayi ya, jadinya ya tau aja kalau gak bakalan kenapa-napa bayinya hehe.

Kinza, saat berumur 2 hari dalam Incubator


Dari lahir, Kinza saya sendiri yang memandikan, bahkan mama mertua saja gak pernah mandiin anak saya sejak ia masih bayi. Termasuk ibu baru yang lumayan berani sih, mungkin karena sebelumnya saya sudah biasa merawat bayi karena profesi sebagai baby sitter kali ya, jadi ya bisa aja. Dengan berat badan yang rendah saat lahir, Kinza selama satu bulan penuh gak boleh dimandiin sama air oleh dokter. Jadi, cara merawat kulit bayi baru lahir dengan berat badan rendah seperti ini, hanya menggunakan baby oil dan tisu basah saja.

Sebenarnya sangat aneh sih ngelihat Kinza gak mandi selama sebulan, tapi saya sudah biasa saja melakukannya. Tujuannya tentu saja biar bayi tidak terlalu kedinginan dan suhu badannya normal.

Terharu saat mandi pertama


Bulan kedua, akhirnya Kinza bisa mandi juga, seneng banget saya mandiin dia. Badan yang masih sangat kecil, meski sudah satu bulan, berat badan Kinza masih sekitar 3 kg saja. Padahal, bayi-bayi normal, lahir saja sudah 3 kilo lebih, malah ada yang sampai 4 kilo gram. Tapi, waktu dirumah sakit, di ruang NICU saya melihat ada bayi yang jauh lebih kecil dari Kinza, bener-bener prematur banget. Memang, kadang kita kurang bersyukur dengan keadaan yang baik saat ini. Harus sering-sering melihat ke bawah, kepada orang-orang yang kurang beruntung dari kita.


Semakin tumbuh normal dan sehat


Sekarang, Kinza tumbuh normal dan sangat sehat. Berat badannya naik seiring dengan makan yang lahap dan mau segala macam makanan. Hanya saja, pertumbuhan giginya yang tergolong lambat karena mungkin kurang zat besi. Sejak banyak minum minyak ikan pertumbuhan gigi Kinza semakin cepat. Semoga dikehamilan berikutnya Allah memberi yang lebih baik yaa.. InsyaAllah..


3 comments:

  1. Aamiin. sudah program adik untuk kinza ya mbak? :D

    ReplyDelete
  2. Waaah mbaknya keren, padahal ceritanya kan ibu baru gitu. Saya punya banyak temen yang bahkan takut-takut buat gendong bayi pertama mereka, padahal udah baca segala macem buku mengurus bayi sejak masih hamil, tapi pas bayinya udah keluar semua teori limbung. Mana Kinza kecil banget Ya Allahh.. semoga sehat terus ya Kinza.

    ReplyDelete