Tuesday, February 28, 2017

5 Manfaat Memilih Universitas Swasta Terbaik

Paradigma lama mengatakan bahwa universitas negeri lebih baik daripada universitas swasta, setidaknya itulah yang berhasil ditanamkan ke dalam benak setiap anak. Tetapi, lain dulu lain sekarang. Mungkin keyakinan tersebut benar adanya karena dahulu masih segelintir universitas swasta yang setara kualitasnya dengan universitas negeri.



Saat ini, makin banyak universitas swasta yang tak kalah kualitasnya dengan universitas negeri, baik ditinjau dari segi fasilitas penunjang pendidikan, lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja global, maupun tenaga pengajar yang kompetensinya tidak diragukan sama sekali. Jadi bagi para calon mahasiswa baru yang belum berkesempatan masuk ke perguruan tinggi negeri tak usah berkecil hati ya, karena dengan memilih universitas swasta terbaik kalian akan mendapatkan kualitas pendidikan yang optimal. Simak 5 manfaat memilih universitas swasta terbaik berikut ini:

1. Peluang Masuk yang Besar


Ujian masuk ke universitas swasta memang lebih mudah dibanding universitas negeri. Pasti kalian mengerti susahnya menjawab soal-soal di SMNPTN, peluang lolosnya tidak sebesar masuk universitas swasta. Bahkan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki nilai rapor di atas rata-rata dapat masuk tanpa tes. Hal ini merupakan keuntungan besar yang sayang untuk dilewatkan.



2. Fasilitas atau Sarana Prasarana


Soal fasilitas, universitas swasta memang jagonya. Sebuah universitas swasta terbaik umumnya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk tiap jurusan atau program studi yang ditawarkan, contohnya yaitu laboratorium, studio, atau perpustakaan dengan full internet access. Dengan demikian, dapat dipastikan mahasiswa akan dapat menyerap keilmuan secara optimal.


3. Tenaga Pengajar


Secara kompetensi, dosen di universitas negeri sama lho dengan di universitas swasta, alias tidak ada bedanya. Universitas swasta terbaik selalu menggunakan jasa dosen-dosen yang ahli di bidangnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa output atau lulusan dari kampus negeri akan setara dengan kampus swasta karena input yang didapatkan pun sama.


4. Lulusan yang Mampu Bersaing


Masih berhubungan dengan poin nomer 3, lulusan PTS terbaik mampu bersaing dengan lulusan PTN di dunia kerja. Di atas kertas telah terbukti bahwa karyawan-karyawan terbaik yang berhasil direkrut oleh perusahaan ternama tidak melulu didominasi oleh lulusan PTN. Jadi, jauhkan image bahwa lulusan universitas swasta akan susah mendapat pekerjaan yang keren.


5. Jam Kuliah Dapat Diatur


Bagi mahasiswa yang kesehariannya juga bekerja, inilah keuntungan besar yang didapatkan jika memilih universitas swasta. Jadwal kuliah lebih fleksibel, kalian dapat memilih jadwal kelas dan dosen yang sesuai dengan keinginan, namun dengan syarat harus benar-benar mengatur jadwal dengan baik sejak awal perkuliahan agar di kemudian hari tidak mengalami kendala.
Semoga manfaat tersebut semakin membuat para calon mahasiswa baru semangat dalam menempuh pendidikan di universitas swasta terbaik.

No comments:

Post a Comment