Monday, February 27, 2017

Macam Macam Air Conditioner (AC)

Air Conditioner (AC) adalah suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut. Secara khusus AC adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasi gas refrigerant yang berada di pipa kapiler dan di hisap oleh compressor lalu dikembalikan lagi ke evaporator.



Jenis jenis AC ada berbagai macam bentuk dan model Antara lain:

a. Split AC


Dilihat dari segi bentuknya AC split ini memiliki dua bagian utama yaitu indoor dan outdoor. Dibagian indoor adalah AC yang mendinginkan udara sedangkan pada outdoor split ac adalah mesin dari AC itu sendiri yang bekerja untuk mendinginkan maupun memompa Freon kedalam ac.


b. Multi Split Air Conditioner


Multi Split Air Conditioner tidak jauh berbeda dengan Split AC atau AC pada umumnya. Namun perbedaanya adalah satu compressor outdoor (mesin ac) dapat digunakan untuk lebih dari satu pendingin udara. Jadi Mesin pada multi Split Air Conditioner hanya berjumlah satu namun mesin ini dapat digunakan untuk lebih dari dua AC indoor (pendingin ruangan).

c. AC Window


AC window merupakan AC yang memiliki bentuk fisik kotak dan dalam penggunaanya tidak menggunakan remote lagi karena sudah terintegerasi dengan ac ini sendiri. AC ini memiliki Mesin dan Evaporator yang menyatu, maksudnya Antara mesin dan AC menjadi satu. Didalam pemasangannya AC window lebih mudah dikarenakan tidak memerlukan selang atau pipa penghubung seperti halnya AC pada umumnya.


d. AC Floor Standing


Berbeda dengan multi split Air Conditioner yang tidak dapat dipindah-pindah. AC Floor dapat dipindah-pindah. AC Floor ini juga mempunyai bagian outdoor dan indoor perbedaan ac ini dengan ac lainnya adalah bentuk AC ini yang cenderung besar. AC ini tidak perlu dipasang di tembok atau memerlukan pemasangan yang khusus. AC ini mudah dalam pemasangannya. Bagian Indoornya hanya diletakkan di lantai dan bagian outdoornya seperti pada umumnya. Kelebihan AC ini selain hanya diletakkan di lantai adalah AC ini dapat mencapai Suhu -10° Celcius.


e. AC Duct


AC Duct atau biasa disebut ac central adalah AC yang dalam pemasangannya memerlukan keahlian khusus dikarenakan dalam pemasangan AC ini haruslah menggunakan system ducting. AC ini biasanya digunakan di gedung gedung atau Mall mall agar dapat mengefesiensi energi.

No comments:

Post a Comment