Tuesday, April 25, 2017

Pelajari Kegunaan Kalkulator Ilmiah dengan Tepat Berikut Ini!

Perkembangan teknologi sangat begitu pesat dan cepat. Semua telah berpengaruh pada perkembangan tersebut. Di beberapa tempat pastinya sangat membutuhkan teknologi canggih seperti halnya para pelajar. Dahulu ketika mata pelajaran menghitung, para siswa hanya dibantu dengan alat hitung semacam sempoa. Alat penghitung ini hanya mampu menghitung angka yang sangat sederhana. Dari perkembangannya itulah, kini telah hadir kalkulator sebagai alat hitung canggih dan modern. Pasalnya, kalkulator telah terbagi menjadi dua macam yaitu kalkulator biasa dan kalkulator ilmiah.



Kalkulator ilmiah merupakan sebuah kalkulator yang kini mengalami perkembangan dari sebuah kalkulator biasa. Dimana pada tampilan fisiknya jenis kalkulator ini memiliki banyak tombol serta memiliki body yang amat sangat berbeda. Jenis kalkulator ini sangat bermanfaat dalam hal perhitungan. Bukan hanya untuk ilmu matematika saja, tapi juga bisa digunakan untuk memecahkan angka pada ilmu pengetahuan lain. Untuk lebih jelasnya mari kita ketahui apa saja yang ada pada jenis kalkulator tersebut, yaitu:


1.Carilah fungsi-fungsi penting,


Pada jenis kalkulator ini carilah fungsi-fungsi penting yang penggunaannya sangat diperlukan, karena pada jenisnya kalkulator ini dapat digunakan pada rumus-rumus rumit, seperti trigonometri, aljabar, kalkulus, geometri dan lainnya.

2.Tentukan urutan penggunaan tombol,


Setiap tombol pada kalkulator memiliki urutan dalam penggunaan yang berbeda-beda. Untuk itu tentukanlah urutan penggunaan tombol tersebut dengan benar dan tepat. Tombol akan berfungsi ketika angka dimasukkan pada kalkulator. Sebagian tombol akan berfungsi jika angka sudah dimasukkan dan sebagiannya lagi setelah angka dimasukkan kemudian.

3.Cobalah beberapa simbol yang ada,


Pada jenis kalkulator ini memiliki tombol yang tidak sedikit. Jadi lebih baik jika Anda mencoba beberapa simbol pada tombol kalkulator tersebut. Gunakan kalkulator tersebut sebagai alat untuk latihan dalam menyelesaikan angka pada soal.

4.Gunakan fungsi trigonometri,


Kenyataannya kalkulator ini sangat berguna sekali dalam hal memecahkan sebuah angka yang sulit termasuk pada rumus trigonometri. Pada soal yang menyatakan tentang rumus trigonometri maka Anda bisa mencoba menggunakan fungsi tersebut yaitu sin, cos dan tan. Tombol-tombol ini memiliki fungsi perhitungan yang tidak sama atau dengan kata lain berbeda.

5.Berlatihlah memasukan persamaan yang lebih panjang,


Pada penggunaannya, kalkulator ini bisa digunakan dalam persamaan angka yang lebih panjang. Jadi, ketika menemukan angka yang panjang pada sebuah soal maka bisa dipecahkan dengan menggunakan kalkulator ini. Agar bisa lebih mahir dalam memecahkan angka yang rumit dan panjang maka Anda bisa berlatih untuk memasukan persamaan angka yang lebih panjang. Perhatikan angka-angka serta simbol yang akan dimasukkan.

6.Pelajari cara untuk menyimpan dan menampilkan kembali hasil perhitungan,


Pada fungsinya, kalkulator ini bisa digunakan untuk menyimpan dan menampilkan kembali hasil perhitungan yang telah dilakukan pada waktu yang lalu. Untuk bisa melakukannya maka sebaiknya Anda pelajari lebih dalam karena hal tersebut akan sangat bermanfaat ketika melakukan perhitungan.

Jadi, dengan mengetahui dan sering berlatih menggunakan alat hitung jenis kalkulator ilmiah ini maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kelebihan yang dimiliki oleh kalkulator tersebut. Biasanya kalkulator biasa hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki profesi biasa seperti pedagang atau lainnya. Tapi, untuk jenis alat hitung ilmiah biasanya digunakan oleh seseorang yang memiliki profesi dengan jabatan yang sering bertemu dengan angka-angka rumit, seperti astronom dan lainnya.

No comments:

Post a Comment