Friday, June 16, 2017

Dapat THR, Buat Apa Aja?

Ya.. Ya.. ya.. seneng udah nerima gaji 13, angka yang sering digembar gemborin sebagai angka sial itu beda arti kalau pas musim lebaran gini. Kalau saya sih maunya semua angka itu angkanya berkah aja, jangan sial. Wong doa kan kudu yang baik-baik termasuk ucapan. Nah, Nuel.. ntu judul gimana, ucapan juga itu. Hahahaha.. Iyaaa.. saya gigit jempol aja, gak ada yang ngasih gaji double nih. Masa-masa jadi karyawan udah lewat dan kami emang milih jadi bos mesti kecil-kecilan haha.



Nah bagi kamu yang lagi seneng-senengnya nerima uang THR nih, buat apa sih THR yang bakal kamu lakuin sama uang dadakan ini? Buat lebaran tentu saja, kalau lebih? Mungkin beberapa ide ini bisa kamu jadikan acuan agar uang THR kamu gak cepet habis atau malah digunakan untuk hal-hal yang terkesan gak penting.


Berbagi dengan Orang tua

Orang tua harus diprioritaskan dalam hal apapun. Terlebih, jika kamu adalah anak laki-laki didalam keluargamu. Bahkan setelah menikahpun, kamu harus tetap berbagi dengan orang tua dan tetap harus menjadi prioritas utama. Makanyaaa.. kalau mencari jodoh, semoga istrimu juga perhatian kepada orang tuamu ya. Caranya sih ya perbaikin diri, gak ada yang lain, eh kok malah ke jodoh sih haha. Uang THR yang kamu kasih ke orang tua, gak akan pernah sia-sia bahkan mubadzir, gak akan pernah. Udah kepikiran mau berbagi THR dengan orang tua belum hayoo..

Sedekah

Jangan ragulah kalau mau sedekah, uang THR yang kita sedekahin gak akan berkurang, bahkan bertambah. Belum lagi janji Allah yang akan membuka pintu-pintu rezeki yang lain dari yang tak terduga-duga kalau kita mau sedekah di jalan-Nya.

Nambah Tabungan


Meski judulnya THR itu Tunjangan hari raya, gak ada salahnya kalau uang THR kita ditabung dulu. Misalnya kamu dapet THR 2 juta nih, kamu bisa nabung 10%-nya aja. Tujuannya, biar kamu gak kebingungan kalau abis lebaran, eh uangnya abis semua. Kan setelah lebaran juga butuh dana lebih. Paling tidak sisihin lah sedikit :).

Baju baru, Haruskah?


Beli baju sih bisa kan kapan aja, gak cuma pas lebaran dan pas nerima THR aja. Kalau kamu ngerasa baju dilemarimu masih banyak dan bagus-bagus, lebih baik kamu sisihkan uang THR-mu untuk yang lain, kebutuhan yang lebih penting dan diprioritaskan.

Buat beli peralatan dandan atau kebutuhan diri


Kalau ini, gak harus nunggu THR juga kan? Tapi kamu bisa sisihkan uang THR-nya buat beli peralatan untuk merawat diri seperti sabun wajah, sabun mandi, lipstik, bedak muka, vaseline body lotion dan mungkin kalau cowok tambah minyak rambut lah hihi. Kalaupun masih ada, bisa kan dipake buat bulan depan atau untuk stok. Kalau rumusnya ibu rumah tangga sih gitu, yang penting ada sabun, udah tentram hidup ini haha.

Nah selain buat hal-hal dasar kayak diatas, uang THR juga bisa banget buat bekal mudik dan jalan-jalan membahagiakan keluarga. Kalau perlu, sekali-kali bolehlah traktir temen untuk mempererat silaturahmi gitu ya... Niatnya harus yang baik ini hehe. Semoga THR-mu tahun ini udah cair, seperti saya yang nunggu THR sampai meleleh but...  gak ada yang kasih, kasian kan haha.

2 comments:

  1. Bener nih, mbak Khusnul. Dapat THR itu bukan untuk dihabisin buat keperluan hari raya saja. Kalo perlu bikin to do list deh THR nya buat apa aja hehe

    ReplyDelete
  2. wes suwi gak beli baju baru pas lebaran nuel, sejak histeria lebaran baju baru jaman bocah sudah menghilang :D
    lagian klambi akeh2 buat apa metu omah ae jarang lol

    ReplyDelete