Sunday, September 3, 2017

5 Langkah Biar Blog Curhat Bisa Ngasilin Duit

Menjadi seorang blogger amatiran memang kadang bikin saya ngasal aja nulisnya. Meskipun kadang saya tau sedikit tentang apa itu SEO dan bagaimana cara optimasi bog biar ramean dikit, tapi saya males aja buat praktekin. Seolah trafik itu gak perlu lah, orang blogwalking aja saya malas-malasan, gak enak juga sih sama temen blogger yang kadang nyempetin baca tulisan saya, sungkan gitulah karena gak berkunjung balik, sesering mereka ehehe. Rasanya itu kayak disombongin sama blogger lain gitu lah kalo gak dikunjungin balik, dan males buat balik lagi. Saya juga pernah kayak gitu, dan sakitnya tu disini lhooo...



Dan ya... Selama menjadi penulis diary online, saya banyak merasakan bahwa hidup saya lebih bernilai aja dengan blog ini. Meski yang saya tulis kurang membawa manfaat buat orang lain atau malah bukan hal yang penting-penting banget. Tapi seenggaknyaaa.. banyak orang tau saya melalui blog ini. Entah yang sekedar tau atau yang pengen tau banget. Ada memang? Adaaaa... dan mungkin banyak haha. Mungkin mereka setelah tahu saya gumamnya.. "Oooo.. ini to dia" atau "Ealaaahhh.. wong ndeso" dan saya gak yakin mereka mengagumi saya sebagai orang yang mau belajar tentang kehidupan #Tsaahh.


Nah.. kalau kamu juga suka nulis-nulis gak jelas nih, apalagi curhat dan memiliki kemampuan ngeblog yang biasa aja kayak saya. Saya yang menurut pengalaman dan yang sudah sedikit lebih lama ngeblog dari kamu mungkin, akan membagikan cara dapet recehan dari blog curhat kamu tanpa harus berusaha SEO'in atau berusaha bikin blog rame dan tanpa berusaha ngeblog yang super ribet. Namanya saja blog curhat, ya suka-suka dong ya.. Dan ini biar dapet recehan aja. Saya belum belajar buat dapet duit segepok dari blog kayak orang-orang besar diluar sana. Kepengen sih, banget! Cuma mungkin tunggu dululah, mau punya bayi lagi juga InsyaAllah :D.

Nulis Aja, Gak usah mikir yang lain dulu


Ini nih, saya saraninnya ya nulis aja, jangan mikir yang lain, nanti yang lain ngerasa tersinggung karena kita udah nempel sama nulis #eh. Intinyaaa... Blog itu perumpamaan badan yang perlu diisi sama makanan. Kalau gak ada makanannya dia gak bakalan punya energi, gak bisa jalan dan gak bisa ngapa-ngapain. Kurang gizi aliar busung lapar sama tulisan haha.

"Apa hubungannya tulisan sama blog?"

Lhoh kok tanya hubungannya.. mereka itu ya suami istri gitulah istilahnya #alay. Blog yang gak ada tulisannya ya bukan blog namanya, cuma url doank ya buat apa? Itu juga kenapa saya jualan tulisan, orang tulisan itu penting banget buat pertumbuhan blog.

"Nah saya gak suka nulis, gimana donk?"

Ya gak usah ngeblog kalau gitu.

"Tapi saya pengen duit?"

Mliara tuyul aja wakakaka.. (gak disaranin sih, cuma becanda aja. Dosa besar itu ;), jangan yaaa..)

Oprek Blog


Oke.. udah mulai enjoy nulisnya? Udah bisa konsisten dan bisa terus nulis meski cuma curhatan biasa. Kalau udah, kita naik level lah.. kan katanya pengen duit, masak cuma dapet capek aja nulis terus :D. Kalau udah ada isi blognya ya.. mungkin kamu butuh nulis selama 3-4 bulan atau malah setahun lebih di blog milikmu, biar arsipnya agak panjangan dikit lah, dan emang kita niat konsisten buat nulis dapet duit  curhat!

Sekarang saatnya kamu belajar oprek blogmu sendiri. Dan sebenarnya, oprek blog ini bisa dilakukan selama kamu ngisi blog itu. Saya sendiri seneng banget ngoprek blog sampai kadang lupa waktu kalau udah otak atik template blog. Ada banyak sekali template yang bisa kamu download di internet. Yang paling terkenal sih ya blog template blogger itu di btemplates dot com. Cuma belakangan saya suka make template asli bawaan google terus di otak-atik sendiri HTML-nya. Kamu pengen juga oprek sendiri, gampang lah..

Template ini menurut saya sangat penting karena menyangkut penampilan blog. Jangan banyak aksesoris di kanan atau kiri blog, yang simple aja biar keliahatan profesional meski masih newbie kayak saya. Banyak pernak-pernik menandakan bloggernya masih baru banget, tapi kalau suka ya biarin aja, gak usah ikutin saja juga kali, kan blogmu sendiri haha. Tapi saran saja sih, biar blog gak lama bukanya, karena kalau lama-lama, nanti dibawa orang <-- (nyanyi) yang baca pergi, atau malah udah diclose sebelum kebuka :p.

Nah berhubung sudah selesai masalah template blog sekarang kamu bisa ngeblog dengan senang dengan tampilan yang menarik.

Jangan Lupa Label Blog


Selain template blog yang keren dan simple atau yang paling nyaman deh buatmu, kita juga harus perhatikan label blog. Paling tidak, label jangan sampai isinya gak jelas gitu yang dipasang di sidebar blog. Kecantikan, kesehatan, Kuliner atau apapun gitu, karena nanti kita dapet jobnya juga dari niche yang berbeda-beda. Meskipun blog diary, tapi kalau labelnya jelas, ya.. kemungkinan pengiklan gak pikir panjang sih buat nawarin job review sama blog kita. Saya sendiri awalnya juga gak perhatiin label ini, tapi kemudian saya belajar sedikit demi sedikit dan akhirnya mengerti.

Terus, usahain label yang isinya curhat atau semacamnya yang gak begitu penting, gak udah ditaruk di sidebar, tapi kalau pengen ditarok juga gak apa sih haha.. :D

Sediakan Contact


Ini yang paling penting yang juga sering dilupain sama blogger, yaitu gak nyediain contact di blognya. Gimana mau ngasih job kalau contact aja gak ada, ya.. minimal email lah. Gak usah takut digangguin atau dikepoin orang juga sih, urusan mereka haha.

Ikuti Komunitas blogger


Komunitas blogger ini banyak banget, dan kita bisa ikutin komunitas yang sering ngasih job dengan bayaran yang lumayanlah bisa buat beli garem. Kalau di  facebook bisa ikutin Komunitas blogger perempuan bisa registrasi dulu sebagai member di Blogger perempuan (link ada di banner blog ini), Job untuk blogger (search aja di facebook) atau add dan follow temen-temen yang sering ngasih job. Saya juga gak begitu kenal banyak sih :D. 

Dan yaaa.. Intinya.. jangan capek-capek buat nulis di blognya yaaa... belajar juga tentang DA, PA, SEO kalau sudah gampang dan enjoy sama blog. Gak usah dipaksakan juga. Tapi kalau udah kepengen duit cepet-cepet ya.. belajarnya harus lebih getol ;). 

Yuk ah.. jadi blogger ;)

3 comments:

  1. Iya betul mbak.saya nulis juga sesuai kegaluan hati saja pada awalny,
    Lama lama akhirnya tahu DA PA SEO.
    Semangat ngeblogggg

    ReplyDelete
  2. Ah iya, beberapa hari ini saya sering baca tentang blog dan uang. Lumayan mind-blowing sih, karena tulisan itu begitu berharga kalo dihargai dengan uang aja :") Tetap semangat nulis (curhat)-nya mbak!

    ReplyDelete
  3. Ngeblog yang isinya curhatan juga ada yang ngelirik kok buat job review. Yang penting tetap semangat nulis :D

    ReplyDelete