Tuesday, November 14, 2017

Lakukan Ini Untuk Membeli Rumah Pertama, Agar Prosesnya Lancar

Bosan tinggal di rumah sewaan ? Mungkin ini saat yang tepat untuk mengajukan pinjaman KPR dan menempati rumah dijual di Jakarta Selatan pribadi. Ya, apalagi  sekarang sudah menjelang akhir tahun, tentu para developer rumah akan memberikan sedikit keringanan dengan diskon atau beberapa bonus untuk para pembeli.



Tapi, sebagai pembeli pertama, transaksi beli rumah tidak sesederhana membeli kendaraan atau membeli pakaian yang ketika Kamu tidak suka memakainya Kamu bisa memberikannya kepada orang lain atau cukup disimpan saja di dalam lemari. Selain mempersiapkan uang muka dan menentukan lokasi tempat tinggal, Kamu harus membuat perencanaan yang matang serta mengantongi pengetahuan dan informasi properti yang mumpuni.

Nah, bagi Kamu yang merupakan pembeli rumah pertama, simak beberapa langkah-langkahnya berikut ini!


Cek harga pasaran rumah di area tersebut


Lakukan riset cepat dengan melihat listing iklan jual beli rumah di lokasi yang Kamu inginkan. Kamu juga bisa mengecek harga terendah dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) yang bisa dilihat di situs resmi Badan Pertanahan Nasional. Setelah mengetahui harga pasaran untuk satu meter persegi, bayangkan berapa luas hunian yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Dari sana Kamu bisa mendapatkan perkiraan harga rumah yang diinginkan.

Ketahui biaya total cicilan perbulan


Bagi Kamu yang berencana membeli rumah pertama dengan system KPR atau Kredit Pemilikan Rumah wajib mengetahui hal dasar ini. Biaya KPR biasanya sudah termasuk dengan nominal pajak dan asuransi rumah. Namun ada juga beberapa brosur KPR yang tidak menyertakan harga pajak ke dalam skema cicilan. Jika biaya asuransi cukup besar, ketahui perlindungan apa saja yang Kamu dapatkan. Jadi Kamu harus lebih kritis bertanya kepada marketing atau agen properti yang menawarkan produk KPR. Banyak bertanya tidak ada salahnya agar Kamu tidak salah ketika menjalaninya nanti. Jangan lupa untuk meminta simulasi kepada marketing agar cicilanmu semakin Nampak jelas berapa nilai yang wajib Kamu bayarkan setiap bulannya.

Ketahui harga akhir yang ingin Kamu bayarkan


Proses transaksi properti biasanya disertai dengan negosiasi tipis untuk potongan harga atau bonus promosi. Sebagian orang menentukan kisaran harga yang ideal untuk membeli rumah. Namun lebih baik jika Kamu punya gambaran harga total yang ingin dibayar pada saat closing. Hal ini akan mempermudah Kamu jika ingin meminta bantuan agen untuk mencarikan rumah. Cari tau harga ini melalui internet atau melalui survey secara langsung ke beberapa perumahan untuk mencari rumah yang serupa dan membandingkan harganya.

Mengetahui kemampuan cicilan


Biasanya pembeli menyisihkan kurang dari 28 persen dari penghasilan bulanan untuk mengangsur KPR. Jika lebih dari 30 persen maka akan meningkatkan resiko kredit macet. Ketahui lebih dulu kemampuanmu untuk menyediakan uang pada setiap bulannya. Hitung dulu berapa uang yang akan Kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan bulananmu. Baru setelah itu tentukan besaran yang sanggup Kamu keluarkan untuk menyicil rumah dijual di Jakarta Selatan yang Kamu incar.

Konsultasi dengan agen spesialis


Ketahui apakah ini saat yang tepat untuk membeli properti di area tersebut. Agen spesialis area biasanya mengetahui proyek atau lokasi yang potensial untuk investasi di masa depan. Minta nasihat dan rekomendasi beberapa rumah yang memiliki harga yang sudah Kamu perkirakan sebelumnya.


Memahami resikonya


Membeli rumah ialah cara yang baik untuk berinvestasi. Akan tetapi, Kamu juga harus memperhitungkan biaya tak terduga untuk membeli perabot baru, memperbaiki atap, pipa air yang bermasalah, dan perawatan lain yang sewaktu-waktu bisa menghabiskan tabungan Kamu. Oleh karena itu Kamu harus memiliki anggaran atau dana cadangan untuk menghadapi hal – hal tak terduga tersebut

Membeli rumah dijual di Jakarta Selatan terlebih lagi bila ini merupakan rumah pertama tentu bukan hal yang mudah untuk dilalui. Bekali diri dengan pengetahuan dan informasi yang update akan dunia properti. Mulai dari kenaikan harga rumah hingga seputar tata cara berhemat serta tips trik untuk membeli rumah. Pastikan sebelum Kamu mencari dan memilih rumah atau bahkan menentukan bank untuk mengajukan KPR Kamu sudah memiliki pengetahuan akan hal ini. Minta bantuan kepada teman atau kerabat yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini. Minta nasihat dan rekomendasi beberapa agen properti atau rumah atau bahkan bank yang harus Kamu datangi. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Kamu dalam proses membeli rumah pertamamu. Ingat, jangan mudah tergoda dengan tampilan luar dan segala macam promo & diskon yang ditawarkan, telusuri dahulu kebenaran dan ketentuannya.

No comments:

Post a Comment