5 Menu Lebaran Favorit yang Wajib ada di Rumah

Posting Komentar

Alhamdulillah, ibu-ibu sekalian... kita sudah hampir melewati setengah Ramadhan.

Hayoo, siapa di sini yang jauh-jauh hari sudah mulai pada sibuk menyiapkan keperluan Lebaran? 

Momen Lebaran memang selalu spesial dan tak bisa kita abaikan begitu saja.

Terkadang ada berbagai tradisi keluarga yang harus kita jaga dan lestarikan. Salah satunya adalah menjamu tamu dengan hidangan khas Lebaran.

Terlebih lagi jika rumah kita adalah tujuan utama bagi kerabat yang akan mudik, tentu saja persiapan menu Lebaran favorit harus sudah dimulai sejak dini.

Sementara Lebaran masih beberapa waktu lagi, ada baiknya kita mulai menyiapkan beberapa menu masakan, seperti resep opor ayam, resep rendang daging, atau yang paling simpel adalah resep semur daging.

Saya pribadi sebenarnya sudah menguasai semua resep masakan tersebut sehingga saya bisa membuatnya dalam waktu yang relatif singkat.

Tetapi, buat teman-teman yang belum menguasai resep-resep menu lebaran favorit tersebut, jangan khawatir!

Karena di sini saya akan mencoba berbagi sedikit tips cara memasak cepat saat lebaran.

Tips Masak Cepat saat Lebaran

Karena Lebaran adalah momen yang sibuk, menyiapkan aneka rupa masakan Lebaran tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, saya punya beberapa tips untuk Anda yang jarang masak agar bisa menyiapkan aneka masakan Lebaran tepat waktu tanpa mengurangi cita rasanya.

  1. Pertama, siapkan bumbu jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Anda bisa menyiapkan bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar merah, agar proses memasak saat Lebaran menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis.
  2. Kedua, siapkan ayam dan daging dengan cara dipotong-potong sesuai selera dan disimpan di dalam freezer. Karena kita akan memasak untuk banyak orang, masakan yang fresh dan baru akan membuat cita rasanya tidak berkurang.

Dengan menyiapkan bahan-bahan dan bumbunya terlebih dahulu, proses memasak saat hari Lebaran nanti akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Tradisi Lebaran di Indonesia meskipun berbeda-beda di setiap daerah, namun menu masakan yang disajikan rata-rata hampir sama.

Berikut adalah 5 menu lebaran favorit masyarakat Indonesia saat lebaran.

5 Menu Lebaran Favorit yang Wajib Ada di Rumah

Di antara berbagai pilihan menu favorit untuk lebaran yang ada, setidaknya 5 menu berikut ini selalu menjadi kesukaan setiap orang. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang-orag tua.

Bahkan, menu lebaran favorit ini banyak yang menganggapnya ikonik sehingga wajib ada ketika hari raya Idul Fitri. Menu apa sajakah itu?

1. Opor Ayam

Menu lebaran favorit yang pertama adalah opor ayam. Menu ini hampir jadi menu wajib di setiap lebaran.

Karena itulah, hampir di setiap rumah pasti akan menyediakan opor ayam.

Berdasarkan beberapa catatan sejarah, makanan khas daerah Solo ini konon adalah hasil dari akulturasi budaya antara Jawa, Arab, dan India.

Opor ayam sendiri telah dianggap sebagai menu makanan nusantara karena cita rasanya disukai oleh hampir semua orang, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Meski demikian, setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Karena itulah, resep opor ayam terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jadi, selain resep opor ayam kuning yang menggunakan kunyit, ada juga resep ayam opor ayam putih yang tanpa menggunakan kunyit.

Selain itu, selera masyarakat di setiap daerah juga berbeda-beda. Sehingga, tidak heran apabila ada opor ayam yang disajikan dengan resep Betawi asli atau resep Jawa dan lain sebagainya.

Bahan-bahannya yang mudah ditemukan dan harganya yang relatif terjangkau, seperti daging ayam potong atau ayam kampung, membuat menu lebaran favorit ini lebih mudah disajikan.

Dibandingkan dengan beberapa menu lebaran favorit lainnya yang terbuat dari daging sapi ataupun kambing yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal, biaya untuk membuat opor ayam tentu saja jauh lebih terjangkau.

2. Rendang Daging

Rendang daging adalah makanan yang secara tradisional berasal dari suku Minangkabau.

Rendang daging diakui sebagai salah satu makanan yang paling enak. Karena itu, tak mengherankan apabila menu yang satu ini kerap menjadi favorit masyarakat saat lebaran.

Menu daging yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan campuran santan ini prosesnya memang membutuhkan waktu yang relatif lama.

Namun lamanya proses membuat daging rendang sebanding dengan cita rasanya yang selalu bisa menggugah selera.

Resep rendang daging sebenarnya relatif simple. Selain membutuhkan daging sapi, kita juga membutuhkan beberapa rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, bawang, cabe dan sejumlah rempah-rempah lainnya.

3. Semur Daging

Semur daging merupakan hidangan khas Indonesia lainnya yang selalu menjadi menu favorit saat lebaran.

Semur daging pada umumnya menggunakan daging bagian sengkel atau sandung lamur.

Bagian daging ini banyak mengandung kolagen dan urat serta sedikit lemak. Teksturnya yang agak keras serta berserat sehingga terasa lumayan alot.

Karena tekstur daging yang alot inilah mengapa daging sengkel lebih enak apabila diolah menjadi semur yang resepnya memang membutuhkan banyak kuah.

Semur daging yang enak perlu dimasak secara perlahan agar dagingnya terasa lebih empuk dan bumbunya bisa meresap dengan baik ke dalam daging.

Untuk membuat resep semur daging, kita membutuhkan kecap manis, tomat, dan juga bawang merah dan putih, serta beberapa rempah-rempah, termasuk cengkeh, kemiri, dan ketumbar.

Untuk menambah variasi rasa, kita juga bisa menambahkan tahu atau kentang sebagai pelengkap.

4. Kari Ayam

Jika anda menginginkan masakan yang aromatik dan punya cita rasa kuat untuk disajikan pada saat lebaran nanti, kari ayam bisa menjadi pilihan.

Kari ayam juga merupakan menu lebaran favorit banyak orang di Indonesia dan kerap menjadi hidangan populer di berbagai kesempatan.

Resep kari ayam yang memiliki cita rasa khas sangat dipengaruhi oleh rempah-rempah yang digunakan seperti, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai, dan lain sebagainya.

Kari ayam juga bisa dihidangkan dalam berbagai cita rasa yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kari ayam bisa dimasak pedas, bisa dicampurkan dengan berbagai macam sayur mayur, dan bisa juga disajikan dengan kuah yang kental.

Selain menggunakan ayam potong, kita juga bisa membuat kari ayam spesial dengan menggunakan ayam kampung.

5. Gulai Kambing

Masakan gulai adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang identik dengan daging kambing atau daging domba.

Gulai kambing sendiri sebenarnya merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Barat atau Padang.

Karena itulah, umumnya gulai memiliki cita rasa yang agak sedikit pedas dan identik dengan santan.

Tapi, bagi Anda yang tidak terlalu menyukai cita rasa makanan pedas, anda tetap bisa memasak menu gulai kambing dengan cita rasa sesuai dengan selera masing-masing.

Tapi jika tidak ada daging kambing, anda tetap bisa membuat menu gulai dengan menggunakan daging sapi ataupun daging ayam.

Penutup

Di Indonesia, Lebaran adalah momen yang kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk saling mengunjungi untuk bermaaf-maafan sambil menyambung tali silaturahmi.

Karena itulah, pada momen ini kebanyakan masyarakat yang akan menyediakan berbagai macam menu makanan di rumah mereka untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung.

Dari sekian banyak menu lebaran yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, menu seperti opor ayam, rendang daging, semur sapi, kari ayam, gulai kambing, adalah beberapa contoh menu-menu yang relatif populer.

Resep opor ayam sangat mudah diikuti sehingga semua orang hampir bisa dipastikan bisa memasak opor ayam.

Sedangkan resep rendang daging umumnya sedikit menantang karena membutuhkan waktu memasak yang relatif lama. Namun, rasa yang akan kita dapatkan sebanding dengan usaha yang kita keluarkan.

Resep semur sapi bisa menjadi pilihan jika anda ingin menyajikan makanan yang punya cita rasa dan kuat di momen lebaran selain gulai kambing atau kari ayam.

Nah, manakah menu lebaran favorit keluarga anda? Dan, menu manakah yang akan Anda sajikan pada Lebaran di tahun 2024 ini? Yuk share dan tulis di kolom komentar.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar