6 WhatsApp CRM Terbaik Untuk Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Posting Komentar

CRM WhatsApp
CRM WhatsApp

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah strategi bisnis yang menitikberatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Di era digital yang makin mutakhir, kamu bahkan dapat menjalankan strategi ini dengan dibantu oleh perangkat lunak. Perangkat CRM dirancang untuk mendukung proses pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan untuk bisnismu.

Salah satu aplikasi yang layak dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan adalah aplikasi WhatsApp. Dilansir dari data Statista, terdapat hingga 84,8 juta pengguna WhatsApp di Indonesia per Juni 2021. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga dengan pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Lewat penggabungan strategi CRM dengan kekuatan WhatsApp, terciptalah WhatsApp CRM. Bukan lagi melalui email, SMS, atau panggilan telepon, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp dengan lebih personal dan efisien.

WhatsApp CRM adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola komunikasi dengan para pelanggan melalui WhatsApp. WhatsApp CRM menawarkan berbagai fitur untuk mempermudah komunikasi, menyetel pelaksanaan tugas secara otomatis, dan memperoleh pemahaman mengenai interaksi pelanggan. Integrasi bisnis dengan WhatsApp CRM membantu perusahaan mengelola komunikasi dan transaksi pelanggan secara terpusat, meningkatkan efisiensi dan penjualan.

Berikut adalah 6 pilihan WhatsApp CRM untuk meningkatkan efisiensi bisnis kamu.

6 Aplikasi Whatsapp CRM Pilihan untuk Bisnis

1. Kommo

Kommo memiliki keunggulan sebagai satu-satunya WhatsApp CRM yang terintegrasi secara resmi dengan WhatsApp Business API. Integrasi resmi ini tentunya memberi keuntungan eksklusif bagi pengguna Kommo, di antaranya:

  • Integrasi Whatsapp Business API yang mudah dan dijamin resmi.
  • Akses langsung ke fitur-fitur canggih dari WhatsApp CRM, seperti Chatbot AI, broadcast terjadwal, analisis data mendalam, dan integrasi antar platform.
  • Kepatuhan terhadap kebijakan WhatsApp yang akan menghindarkan kamu dari risiko pemblokiran akun karena pelanggaran kebijakan.
  • Keamanan data pelanggan terjamin dengan standar keamanan tinggi yang diterapkan oleh WhatsApp.

Nilai tambah lain yang dimiliki Kommo adalah tersedianya aplikasi seluler. Dengan ini, kamu tetap dapat mengelola hubungan dengan pelanggan, bahkan saat kamu sedang bepergian. Hanya dengan satu sentuhan, kamu bisa mengakses data pelanggan, tugas, dan percakapan dengan pelanggan dari smartphone kamu.

Aplikasi seluler Kommo memiliki tampilan visual yang ramah pengguna; sangat mudah dipahami dan digunakan. Kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika ada tugas yang perlu ditindaklanjuti sehingga kamu tidak melewatkan pekerjaan apapun.

2. SleekFlow

Sleek Flow menawarkan solusi untuk meningkatkan efisiensi bisnis kamu dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengelola komunikasi pelanggan. Sleek Flow menyediakan fitur kotak masuk (inbox) terpusat bernama OmniChannel, dimana kamu dapat membalas secara instan semua pesan yang masuk dari berbagai saluran komunikasi–seperti Facebook Messenger dan DM Instagram–tanpa harus berganti-ganti aplikasi.

Seluruh pesan yang masuk ke dalam OmniChannel kemudian dapat diklasifikasikan dengan label yang dapat kamu buat sendiri. Pemberian label pada percakapan akan memainkan peran penting dalam alur kerja tim kamu. Sebagai contoh, kamu dapat mengirimkan pesan massal berisi informasi mengenai program loyalitas hanya pada percakapan dengan label “pelanggan setia”.

Sleek Flow juga dapat menghemat waktu kerja tim kamu dengan penjadwalan tugas rutin–seperti mengirimkan pesan broadcast promosi. Bahkan kamu bisa memadukan pengaturan otomatisasi ini dengan label percakapan sehingga kamu bisa melakukan tugas seperti “mengirimkan pesan broadcast diskon pembelian pertama kepada para pelanggan prospektif” hanya dalam sekejap.

3. Qontak

WhatsApp CRM dari Qontak menawarkan integrasi dengan berbagai platform lain, seperti email, live chat, aplikasi percakapan, media sosial, marketplace, dan call center. Dengan terhubungnya berbagai platform ini, kamu bisa menyetel alur proses transaksi secara otomatis. Sebagai contoh, ketika pelanggan memesan produk kamu di e-commerce, Qontak secara otomatis mengirimkan pesan konfirmasi pemesanan melalui WhatsApp.

Lebih istimewanya, Qontak menyediakan perangkat CRM terbaik yang terintegrasi dengan sistem call center IP-PBX. Dengan ini, kamu bisa melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk dari mana saja lewat WhatsApp di perangkat seluler kamu. Semua percakapan otomatis akan disimpan di dalam basis data CRM untuk selanjutnya dapat kamu analisis lebih dalam. Riwayat percakapan tersebut dapat juga kamu manfaatkan untuk mengembangkan percakapan selanjutnya yang lebih personal.

4. Barantum

Barantum menyediakan layanan chatbot yang dinamakan Chatscript. Teknologi AI ini merupakan jalan pintas interaksi dengan pelanggan, dimana kamu bisa memberikan tanggapan instan hingga layanan pelanggan yang lebih efisien. Tugas lain yang bisa dilakukan chatbot secara otomatis antara lain, menjawab FAQs atau pertanyaan umum yang sering diajukan, mengirim pesan massal (broadcast message). Kamu juga dapat mengatur chatbot untuk mengumpulkan informasi pelanggan–seperti nama, email, dan nomor telepon–juga mengumpulkan umpan balik dari pelanggan melalui survei.

Pembuatan chatbot WhatsApp dapat lebih mudah dilakukan di dashboard Barantum. Gunakan logika percabangan untuk menangani lebih banyak tanggapan pelanggan. Dalam Chatscript dari Barantum, kamu juga bisa mengatur pesan balasan jika pelanggan salah memilih pilihan pada tombol chatbot dengan Invalid Feedback Message.

Selanjutnya, kamu perlu menganalisis kinerja chatbot WhatsApp bisnis kamu. Tentukan matriks yang ingin diukur, misalnya berapa banyak jumlah interaksi, atau berapa banyak pembelian yang terjadi setelah percakapan dengan chatbot. Data yang terkumpul kemudian dapat kamu gunakan untuk mencari tren dan pola, serta mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Terus lakukan analisis secara berkala untuk meningkatkan performa chatbot WhatsApp bisnis kamu.

5. WooNotif

WooNotif adalah layanan berbasis cloud untuk mengirim pesan WhatsApp secara otomatis dari website berbasis WordPress. WooNotif juga bisa digunakan dari platform lain menggunakan REST API. WooNotif sudah terintegrasi ke berbagai plugin sehingga kamu bisa mengirim notifikasi pesanan atau menjadwalkan pengingat untuk pesanan yang belum dibayar langsung dari dashboard WordPress.

Cara menggunakannya pun sangat simpel. Kamu tinggal memindai kode QR WhatsApp Web yang ditampilkan oleh sistem WooNotif pada virtual machine dengan smartphone kamu. Setelah terhubung, kamu sudah siap menyetel berbagai otomatisasi pada WhatsApp melalui plugin atau API.

6. HaloSis

HaloSis adalah platform WhatsApp CRM yang dirancang khusus untuk UMKM online di Indonesia. Fasilitas yang ditawarkan HaloSis dapat membantu meningkatkan efisiensi dan penjualan usaha kecil dan menengah melalui WhatsApp.

Karena HaloSis fokus ke pasar Indonesia, maka fitur dan layanannya benar-benar sesuai untuk pemilik bisnis di Indonesia. HaloSis terkoneksi langsung dengan beberapa marketplace populer Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada untuk sinkronisasi dan otomatisasi pesanan.

Salah satu keunggulan HaloSis adalah fitur Multi-Admin Chat, dimana satu nomor WhatsApp bisnis kamu dapat ditangani oleh beberapa admin. Hal ini memungkinkan pelayanan yang makin cepat. Kamu, sebagai pemilik bisnis, dapat memantau semua percakapan dan informasi pelanggan melalui satu panel terpadu. Kamu juga bisa menugaskan seorang admin untuk melayani beberapa pelanggan sekaligus sebab dibantu dengan pesan dan menu otomatis. Dengan demikian, proses kerja bisnis kamu makin ringkas dan efisien.

Enam alternatif WhatsApp CRM di atas dapat menjadi alat potensial bagi bisnis yang ingin memperkuat interaksi dengan pelanggan, menyederhanakan proses kerja, dan meningkatkan penjualan melalui WhatsApp. Dalam menentukan pilihan, bandingkan fitur dan harga yang ditawarkan masing-masing aplikasi. Jatuhkan pilihan pada aplikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis kamu dan sesuai anggaran biaya operasional bisnis kamu.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar