Social Media Marketing untuk Promosi

Posting Komentar
Mengiklankan usaha atau bisnis dengan social media, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Selain tidak tepat sasaran dan bahkan tidak dapat bersaing. Maka dari itu untuk menggunakan jasa dari social media marketing tentu haruslah bertanya dan mengungkap apa dan bagaimana resiko dan hasil yang didapat. 
Sosial media merketing

Pengertian Sosial Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu bentuk penawaran ataupun pemasaran suatu produk atau jasa yang menggunakan media sosial. Seperti yang diketahui bahwa media sosial itu ada banyak, contohnya ialah Facebook, Instagram, Twitter, Googlepluss dll. Masing-masing media ini hampir dimiliki oleh setiap orang yang tak mengenal batas usia muda ataupun sudah tua. Bahkan, anak-anak juga bisa mengoperasikannya sebagai hiburan. Akan tetapi, manfaat media tersebut bukan digunakan untuk hiburan, tapi untuk bisnis. Sebuah bisnis yang dikembangkan serta dioperasikan menggunakan salah satu ataupun dari kesemua media sosial itu.

Kelebihan Sosial Media Marketing

Memilih media sosial untuk bisnis produk ataupun jasa, tentu memiliki alasan tersendiri. Secara pasti terdapat sisi kelebihan dan juga kekurangannya. Termasuk pada beberapa keuntungan berikut ini, yaitu:
  •  Cara pengoperasian yang mudah.
  •  Fleksibel.
  •  Biaya pengoperasian gratis hingga pada budget yang minim.
  •  Memiliki akses yang luas.
  •  Dapat mengoperasikan bisnis tanpa limit waktu.

Kekurangan Sosial Media Marketing

Begitu banyak kelebihan dari adanya penggunaan media sosial tersebut, sehingga membuat para pelaku bisnis juga menerapkannya sebagai cara lain dalam meraih pemasukan. Akan tetapi, terdapat pula beberapa titik kelemahan pada pemasaran di social media ini, seperti:
  •  Para konsumen bisa melarikan diri atau tidak bertanggungjawab, karena pemilik bisnis dan konsumen tidak bertemu secara langsung.
  •  Menimbulkan kekecewaan atas adanya produk atau jasa yang tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada penawaran yang ada.
  •  Dapat menyebabkan konsumen yang mencaci maki atas request yang tidak sama dengan yang diinginkannya, sehingga dapat diketahui secara umum oleh pengguna media sosial yang lain.

Perkembangan Sosial Media Marketing di Indonesia

Sosial media indonesia
Melihat kondisi saat ini, hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bisa dibilang, perkembangan sosial media di Indonesia lebih dari 95%. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk kebutuhan marketing mereka.

Seperti yang kita tahu, penerapan social media marketing ini merupakan pilihan yang tepat untuk memulai sebuah bisnis dengan sisi keuntungannya. Akan tetapi, atas beberapa kekurangan yang bisa saja terjadi, para pelaku bisnis bisa menghindarinya. Karena beberapa kelemahan tersebut bisa saja terjadi, jadi harus sedari awal diterapkan pencegahannya, seperti:
  •  Mencantumkan produk ataupun jasa sesuai dengan real atau detail sesuai yang aslinya.
  •  Mencantumkan gambar yang dilengkapi keterangan lengkap apa adanya.
  •  Mencantumkan informasi yang up to date atas beberapa produk yang sudah habis.
  •  Membuat perjanjian pembelian, seperti setuju untuk segera transfer uang, bilamana ada cancel tapi sudah setuju, maka bisa di blacklist.

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Dalam Promosi

Setiap sosial media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa menyiasati bagaimana menemukan cara yang tepat untuk berpromosi. Dan berikut adalah daftar sosial media beserta kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki.

Mengenalkan produk dengan Instagram 

Kelebihan berpromosi di sosial media Instagram adalah karena semakin hari, penggunanya semakin banyak. Selain itu, instagram juga mudah digunakan. Kita tinggal membuat foto sesuai dengan tema produk yang kita jual, kemudian menggunakan hastag yang relevan. Namun, dibalik kemudahan tersebut tentu saja ada kekurangannya yaitu kita harus aktif upload agar promosi kita tidak tenggelam.

Beriklan melalui Twitter 

Berpromosi di Twitter juga gak kalah efektifnya dengan media sosial lainnya. Meskipun tidak sebanyak pengguna Instagram ataupun Facebook, twitter masih menjadi media promosi online idola beberapa brand. Dengan ikut menggunakan hastag yang sedang trending misalnya, secara tidak langsung kita bisa mengenalkan produk kepada pengguna twitter. Kemudian untuk kekurangannya sendiri, twitter memiliki keterbatasan hastag dan kurang spesifik. Hal ini menyebabkan jangkauan promosi kita kurang mengenai target pasar.

Promosi dengan Facebook

Media sosial lainnya yang paling sering digunakan untuk berpromosi adalah facebook. Menurut banyak orang, beriklan di facebook paling banyak memiliki kelebihan dibandingkan media promosi lainnya. Kelebihan pertama, kita bisa memilih sendiri target konsumen kita yang menjadikan pemasaran lebih fokus dan terarah. Selain itu, kita juga bisa mengirimkan pesan berantai dari pengguna satu ke pengguna yang lain. Dan ini tentu saja memberikan keuntungan tersendiri untuk kita, pengiklan.

Sedangkan kekurangan beriklan di facebook adalah kurangnya mendapatkan perhatian dari penggunanya. Oleh karena itu, membuat story telling yang baik akan membuat iklan anda lebih diperhatikan.

Menggunakan media promosi Youtube

di Youtube, orang akan melihat produk dari video yang disuguhkan. Iklan akan sangat mengena jika video tersebut baik dan memiliki konsep yang tepat. Begitupun sebaliknya, jika video yang digunakan asal-asalan dan tidak menarik, orang akan menilai jelek produk anda.

Kesimpulan

Semua media sosial marketing intinya adalah baik jika digunakan sesuai kebutuhan yang anda miliki. Baik Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan memiliki media promosi yang tepat, produk anda juga akan dikenal banyak orang meskipun harus melalui trial dan error terlebih dahulu. Tetap semangat ya..
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar