Manfaat dan Cara Mudah Hemat Air di Rumah

Tinggal di Indonesia sebenarnya sangat menyenangkan. Sudah sepantasnya apabila kita bersyukur. Pasalnya, jika melihat beberapa negara luar, banyak diantara mereka yang justru kesulitan mendapatkan air.



Di Indonesia, hampir semua daerah dipastikan memiliki musim hujan yang biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga Maret, yang puncaknya umum terjadi pada bulan Desember hingga Januari. Sekalipun air yang kita dapatkan sangat berlimpah. Namun sayangnya, hal tersebut tidak serta merta membuat kita bebas membuang-buang air begitu saja. Mengapa?

Mengapa Kita Harus Menghemat Air

Hemat air sangat penting untuk dilakukan sekalipun 71% bumi ini terdiri atas air. Namun jika ditelisik lagi, ternyata jumlah air tawar yang ada di bumi ini hanya 3%. Dan yang bisa digunakan untuk air minum 0,5% saja. 97% sisa air lainnya merupakan air asin yang Tentu saja tidak cocok untuk diminum, untuk memasak, atau untuk mandi. 

2,5% air tawar lainnya berada di kutub utara dan kutub selatan berbentuk es gletser dan berada di atmosfer serta di bawah permukaan bumi. Itu belum termasuk air yang tercemar dan tidak bisa dikonsumsi. 

Mengingat populasi di bumi ini terus bertambah secara drastis dari tahun ke tahun, maka presentase air di bumi semakin berkurang. Saya yang berasal dari daerah pegunungan, dimana air mengalir dalam jumlah yang begitu banyak. Dan bisa digunakan secara bebas. Bahkan, di tempat asal saya, Sebagian besar masyarakat tidak menutup keran di kamar mandi mereka karena air yang terus mengalir. 

Namun belakangan ini, Debit air yang mengalir ke kamar mandi tidak lagi sederas dulu. Yang pasti, salah satu penyebabnya adalah jumlah populasi di tempat tinggal kami yang meningkat. Sehingga air yang mengalir terpaksa harus dibagi-bagi. 

Kenyataan bahwa air yang kami gunakan Bisa berkurang secara drastis hanya dalam beberapa tahun membuat saya berfikir. Bagaimana dengan mereka-mereka yang tinggal di tempat-tempat yang airnya sangat sulit untuk didapat. 

Oleh sebab itu, saya pun tertarik untuk membuat tulisan ini, dan berharap, beberapa diantara Anda yang membacanya tergugah dan mau peduli untuk ikut menghemat air. Karena dampaknya tidak hanya akan kita rasakan sendiri tapi juga dirasakan oleh banyak orang, kepedulian ini juga akan memiliki dampak jangka panjang yang sudah pasti memiliki efek positif bagi kehidupan manusia ataupun hewan dan tumbuh-tumbuhan yang membutuhkan air 

Manfaat dan cara menghemat air di rumah 


Berikut adalah beberapa tips yang sudah saya coba praktekkan bersama keluarga dirumah untuk menghemat air. Jika saya bisa, andapun pasti bisa. 

Menghemat air pada saat bersuci 


Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam. Setidaknya lima kali sehari mereka membutuhkan air untuk berwudhu. Beberapa diantaranya membutuhkan air untuk mandi besar dan membersihkan najis. Di dalam hadits, Rasulullah telah mengajarkan kita bagaimana cara berwudhu dan memberitahukan kita seberapa banyak air yang beliau gunakan. Jika kita mau mengikuti cara Rasulullah, saya yakin ada banyak air yang bisa kita hemat setiap harinya. Agar lebih hemat air saat berwudhu, Anda harus mencoba: 
  • Pelajari cara Rasulullah berwudhu
  • Berwudhu tidak harus dengan air yang berlimpah
  •  Berwudhu tidak harus buru-buru 
  • Anda harus mengetahui mana yang wajib dan mana yang sunnah 
  • Ajarkan anggota keluarga untuk melakukan wudhu seperti cara yang diajarkan oleh Rasul 

Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan bersuci lainnya termasuk mandi besar atau mandi janabat serta mensucikan najis 


Gunakan air di gelas untuk gosok gigi 

Alih-alih menggunakan air di kran, kita akan lebih hemat jika menggunakan air di gelas untuk berkumur dan membersihkan mulut serta sikat gigi. 

Cuci pakaian dalam satu waktu  

Alih-alih mencuci pakaian setiap hari, ada baiknya anda mencuci pakaian ketika jumlahnya sudah sangat banyak. Agar pakaian yang kotor dan basah tidak mudah berjamur, gunakan keranjang dengan pori-pori besar untuk mendapatkan pakaian pakaian kotor. 

Mandilah dengan menggunakan shower 

Mandi menggunakan shower ternyata bisa membantu menghemat air hingga 65% jika dibandingkan dengan mandi menggunakan gayung atau dengan cara berendam di bathtub. 


Gunakan gayung kecil 

 Semakin besar gaya yang kita gunakan untuk mandi berpotensi membuat kita semakin boros air. Agar lebih hemat, gunakanlah gayung kecil di kamar mandi. 


Cuci piring menggunakan air panas

Alat pemanas air kini sudah semakin murah. Mencuci menggunakan air hangat ternyata bisa membantu menghemat air karena piring maupun perabotan di dapur akan lebih mudah bersih jika di cuci menggunakan air hangat. 

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghemat air di rumah, yang menurut saya cukup gampang untuk diterapkan. Perbuatan baik seperti ini sebaiknya jangan ditunda. Mulailah dari sekarang agar dampaknya bisa lebih besar.

No comments