Rekomendasi 3 Game Mobile Edukasi Untuk Anak

Mencegah anak main hp itu ibarat berharap enggak turun hujan saat mendung hitam menggantung di atas kepala. Lebih-lebih jika anak sudah merasakan gimana enaknya megang hp buat nonton YouTube atau main game. Ditambah lagi, kalau mereka bergelayut manja, bikin Ummi dan Abi-nya enggak bisa fokus kerja saat deadline di depan mata. 

Anak, terus tumbuh dan semakin pintar. Dari hari ke hari mereka semakin pandai membaca situasi dan kondisi. Hingga mereka jadi makin sering menemukan moment tepat buat pinjam hp yang enggak mungkin bisa kami tolak.

Membuat Peraturan untuk Anak


Kondisi ini memaksa saya membuat beberapa peraturan dan mencoba memutar otak agar anak-anak tidak terlalu sering bermain gadget. Dan hasilnya,

Kami sengaja membeli TV agar anak-anak bisa menonton YouTube dari jarak yang lebih jauh--jika dibandingkan dengan menggunakan hp. Dan, kami bisa lebih leluasa menonton berbagai video bersama-sama serta bisa lebih mudah mengontrol apapun yang mereka tonton. Karena kami bisa mendengar suara apapun yang mereka putar dari dapur maupun ruang kerja.

Tapi sebelum mereka boleh nonton YouTube di TV, mereka terlebih dahulu harus melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti, membereskan mainan, belajar membaca, menulis, mengerjakan PR dari sekolah, hingga membaca Al-Qur'an minimal 1 lembar.

Selain membuat peraturan sebelum menonton TV, saya dan suami juga membuat peraturan tentang penggunaan hp. Misalnya, hp yang saya gunakan tidak boleh dipinjam dalam kondisi apapun dan anak-anak hanya boleh menggunak  an hp abi mereka (hanya) di hari Minggu. 

Pada awalnya, peraturan ini sangat berat bagi anak-anak. Tapi lambat laun, peraturan yang kami terapkan mulai berjalan lancar dan anak-anak pun tidak lagi mengeluh dan makin terbiasa dengan peraturan yang ada.

Saat meminjam hp, kami ingin anak-anak tidak hanya memperoleh hiburan saja dari berbagai game mobile yang mereka mainkan, tapi juga bisa memperoleh sesuatu yang bermanfaat untuk hidup mereka atau sesuatu yang bersifat edukasi. 

Karena itulah, kami sengaja menginstall beberapa game yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat dan memiliki nilai-nilai edukasi.

Game-game buatan developer Playrix adalah salah satu yang kami sukai. Karena mereka menawarkan banyak game menarik yang cocok untuk anak-anak maupun keluarga, seperti misalnya:

Township

Game ini adalah game pertanian yang dikombinasikan dengan membangun sebuah perkampungan. Melalui permainan ini, anak-anak bisa belajar bagaimana caranya bercocok tanam, memelihara binatang, hingga berbisnis dengan menjual hasil pertanian atau peternakan, bagaimana caranya memanfaatkan berbagai jenis transportasi, dan membangun kampung dari hasil berbisnis.

Kami sangat menyukai game mobile ini karena bisa membantu anak-anak memahami bagaimana cara memanfaatkan uang, berjualan dengan negara lain atau ekspor barang, membangun rumah, membuat komunitas, menjaga kebun, berternak, atau mencintai binatang dengan membuat kebun binatang mereka sendiri.

Game ini dibuat untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas dan bisa di-download secara gratis. Selain dimainkan secara offline, game ini juga bisa dimainkan secara online agar lebih seru. Misalnya, agar bisa bermain-main dengan teman-teman yang ada di Facebook, bisa berkompetisi, dan agar bisa memanfaatkan berbagai fitur lainnya.

Oh ya, seperti kebanyakan game lainnya, meskipun game ini gratis, namun tetap ada beberapa item yang bisa dibeli dengan menggunakan uang sungguhan. Seperti koin atau uang virtual yang dapat digunakan untuk membeli berbagai items agar progress game jadi lebih cepat.

Homescapes

Sejak usia dini, anak-anak harus dilatih untuk melakukan hal-hal baik, bertanggung jawab, dan mandiri. Melatih anak-anak agar mereka bisa bertanggung jawab dengan membereskan mainan mereka sendiri setelah selesai bermain, atau menyapu ruang tamu tempat mereka sering bermain, serta melatih mereka--bagaimana caranya memelihara tempat tinggal adalah beberapa hal yang menjadi concern kami dalam membesarkan anak.

Melatih anak untuk bertanggung jawab, mandiri, atau membuat mereka menyadari pentingnya menjaga atau memelihara tempat tinggal kadang tak semudah yang kita bayangkan. Karena setiap anak memiliki karakter dan pembawaan yang berbeda-beda.

Agar anak-anak bisa lebih paham tentang bagaimana caranya bertanggung jawab, hidup mandiri, serta bagaimana caranya memelihara rumah, kami tidak ragu menginstal game Homescapes dari Playrix. 

Karena kami rasa, game ini adalah pilihan tepat untuk memberitahukan dan mengajarkan anak apa yang dimaksud dengan hidup mandiri, melatih kepedulian mereka terhadap lingkungan, apa konsekuensi apabila mereka enggan menjaga kebersihan atau sebaliknya--merawat tempat tinggal, dan hal-hal mendasar dalam kehidupan sehari-hari lainnya yang bisa mempromosikan kehidupan yang nyaman dan sejahtera.

Wild scapes

Sebagai orang tua, kami tidak hanya fokus melatih anak-anak agar mereka pandai bersosialisasi dan peduli terhadap lingkungan atau kondisi di sekitarnya, tapi kami juga berusaha untuk mengajarkan anak agar mereka lebih peduli terhadap binatang.

Beberapa cara yang kami coba untuk melatih kecintaan anak terhadap binatang diantaranya adalah, dengan pergi ke kebun binatang, berwisata ke tempat-tempat yang menawarkan animal feeding, liburan ke Taman Safari, hingga memperlakukan dengan baik setiap ada binatang yang kami jumpai atau yang masuk ke rumah seperti kucing misalnya.

Selain langsung berinteraksi dengan binatang, kami juga mencoba melatih kepedulian anak terhadap binatang dengan membeli buku-buku yang bertema binatang serta mengarahkan anak agar mau memainkan game menarik yang juga bertema binatang, seperti Wild scapes ini.

Di game ini, anak-anak dilatih untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan binatang agar binatang peliharaan bisa tetap sehat, membantu binatang apabila dalam kesulitan, serta menambah properti yang harus ada di kebun binatang termasuk menambah binatang yang dirawat dan masih banyak kegiatan-kegiatan seru yang bisa membuat anak jadi lebih cinta terhadap binatang. Game ini sangat menarik dan menyenangkan untuk dimainkan, karena kita bisa menambah koin dengan memainkan permainan yang tidak sulit. Dengan koin yang didapat itulah anak-anak bisa menjadikan kebun binatang milik mereka jauh lebih baik dan lengkap. Karena itu tidak mengherankan apabila ratingnya pun cukup tinggi.

Cara Membeli Diamond dengan GoPay melalui Google Play


Agar bermain lebih asyik, kita bisa membeli diamond. Cara membeli diamond di game mobile bisa dengan GoPay, karena sangat mudah dan praktis. Tapi sebelumnya kita perlu mengaktifkan GoPay di Google Play.




  1. Masuk ke akun Google Play kemudian pilih menu payment method
  2. Pilih menu Add GoPay
  3. Pastikan nomor handphone akun GoPay milikmu sudah sesuai ya..
  4. Keempat, Masukkan kode pin akun GoPay-mu
  5. Akan ada pemberitahuan sukses menghubungkan akun google Play dengan GoPay
  6. Pilihan Payment method GoPay mu akan tersedia di akun Google Play jika sukses menghubungkan GoPay.

Cara membeli diamond di Game mobile dengan GoPay melalui google Play


  1. Klik diamond di game mobile yang tersedia. 
  2. Pilih nominal diamond yang diinginkan
  3. Klik buy yang sudah otomatis terhubung dengan akun Google Play karena sudah disetting sebelumnya
  4. Masukkan Pin
  5. Pembayaran berhasil
  6. Diamond milikmu sudah bertambah
Sangat mudah sekali ya… semoga dengan game game yang memiliki nilai edukasi bisa membuat anak-anak tak hanya suka bermain, melainkan juga belajar dari game tersebut. 

Oh ya... kamu juga bisa membeli aplikasi lain di Google Play menggunakan GoPay lho.. Sttt... ada promo 100% buat pengguna baru GoPay dari tanggal 1-30 Juni ini. Asik banget kan! Yuk segera daftar GoPay dan hubungkan ke Google Play-mu untuk pembayaran yang mudah dan cepat. Yuk, cek di sini!

21 komentar

  1. Ya ampuunn Mba, itu mah saya yang tertarik buat mainin, lucu-lucu banget game nya :D
    Anak-anak saya suka banget ngegame, khususnya yang kecil.
    Dia sampai mahir banget sampai game yang sulit.
    Sungguh ku bingung mau bangga atau mau meringis hahaha.

    Tapi menurut saya, yang namanya gadget ke anak kecil, asal saya masih bisa mengimbanginya, ya why not kasih gadget dan main game :D

    BalasHapus
  2. Lhooo... aku kok juga main homescape ini ya hahaha... padahal mainan anak-anak. :)
    Mudah sekali ya sekarang belanja diamond bisa dilakukan melalui GoPay. Tinggal atur settingan di smartphone, ntar sewaktu-waktu butuh beli diamond tinggal bayar deh pake GoPay.

    BalasHapus
  3. Anakku keknya lebih suka yg game binatang2 itu y..game wild scapes secara anak cowo hihihi

    BalasHapus
  4. sebenarnya handphone itu kalau digunakan dengan baik malah banyak manfaatnya untuk anak ya mbak :) asal di batasi saja screen timenya

    BalasHapus
  5. Penasaran sama game Wildscapes kayaknya animasinya lucu menggemaskan gitu, btw sekarang memudahkan banget ya gak cuman makan aja yg pake gopay, beli item game bisa pake gopay, nonton viu dan baca komik pun bisa pake gopay :)

    BalasHapus
  6. aku gak begitu paham mainan2 inii haha anak2ku juga belum aku kenalkan dengan aneka games gini si mbak, paling dia hanya nonton video dan baca-baca aja kalau pegang henpon

    BalasHapus
  7. Saya kurang ngerti mainan game gitu. Kalau untuk anak kebetulan main gamenya dari PC biar ga bikin sakit mata dan ada timingnya pas seminggu sekali ke rumah nenek, sebentar aja mainnya skitar 30 menit seminggu sekali. 🤗

    BalasHapus
  8. Main games untuk anak-anak ini dilematis yaa...
    Paling happy kalau gamesnya melatih kemampuan berpikir anak seperti 3 games yang disebutkan di atas.

    BalasHapus
  9. Dulu aku main gardenscapes di komputer. Kalau ga salah, tokohnya sama dengan homescapes tapi yang versi mobile lbh seru

    BalasHapus
  10. Waah mau ah donlot game homescape biar anak rajin beberes rumah, haahha, saya pun masih memebrikan gadegt sama anak dengan jadwal tertentu

    BalasHapus
  11. Wah aku ketinggalan nij games ini. Anakku masih mainan main craft hehehe

    BalasHapus
  12. Aku sendiri masih membatasi anakku untuk main HP, Mbak. Sesekali saja boleh pinjam untuk lihat Youtube. Kalau main game memang sama sekali nggak pernah. Salah satu caraku ya memang nggak pegang HP pas di depan anakku. Kalau pun terpaksa pegang, anakku tahu kalau itu untuk pekerjaan. Alhamdulillah dia masih sibuk dengan mainannya.

    Terimakasih untuk rekomendasi beberapa game untuj anak-anak di atas. Siapa tahu kelak anakku juga kenal yang namanya game.

    BalasHapus
  13. Gamenya bagus-bagus. Sering banget lihat iklan Home Scapes pas jeda game. Pingin sih nyoba download tapi nanti-nanti aja setelah menyelesaikan 1 game. Takut memori HP penuh hehe

    BalasHapus
  14. Samaan, Mbak. Aku juga membuat peraturan2 untuk pemakaian gadget. Hihihi. Makin seru ngegamenya kalau udah beli diamondnya ya, Mbak. Ngga pingin berentiii dan pingin beli lagi. Isi saldo gopay lagiii. 😂

    BalasHapus
  15. Catet ah game gamenya, buat main bareng sama bocil2.makasih ya infonya mbak, aku jg JD tahu transaksi apalagi yg vs bayar pakai gopay.

    BalasHapus
  16. WOW, keren ini infonya buat emak-emak yang masih punya anak kecil, bisa loh instal game-game edukasi ini. Tapi kok, saya tertarik juga ya..Apakah saya kembali jadi anak-anak? wkwkwk

    BalasHapus
  17. Aku kudet banget sama games hahaha baru tahu ini macam games anak..aku sendiri ga biasain anak main HP mba dan aku juga ga betahan main games kecuali suami yang demen

    BalasHapus
  18. Mbakalau game yang diatas itu rekomendasi untuk usia berapa ya Mba? Dan Mba kasi anak main game saat usia brp klo boleh tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu awal awal saya gak ada aturan pegang hape mbak Rizka, dan itu kesalahan. tapi setelah anak makin besar, hape kita batasin banget, hanya hari minggu boleh pegang hp. Untuk permainan ini anak saya umur 6 tahun, belum bisa banget sih hahha. Saya yang mainin deh jadinya.

      Hapus
  19. Kalau aku beli sesuatu di Google Play juga untuk kebutuhan game, haha
    Tetapi untuk game anak belum pernah coba
    Si anak belum tertarik game

    BalasHapus
  20. Masih penasaran ama yang Homescapes, gara2 iklan-iklannya yang berseliweran di mana-mana :v.
    Btw, saya masih blum pernah nge-cash di game loh mbak :v.

    BalasHapus