7 Tips Penting Sebelum Beli Softlens Online

26 komentar

Membeli softlens (lensa kontak) tampaknya adalah pekerjaan yang mudah. Karena saat ini, lensa kontak semakin banyak dijual di toko online. Tapi tunggu dulu! Mata kita adalah aset berharga yang perlu dijaga sebaik mungkin. Bahkan jika ada orang yang menghargai sebelah mata kita hingga 1 milyar pun, tak akan mungkin kita berikan, bukan!?

Miacare Softlens

Karena itu, jangan sembarangan membeli lensa kontak. Karena, mata kita adalah taruhannya. Nah, agar tak salah membeli dan dapat produk yang berkualitas, 7 tips penting sebelum beli softlens online ini wajib kamu kepoin.

Tips Membeli Softlens Online

Sebelum membeli softlens, kita harus tahu apa saja yang perlu diperhatikan dan harus tahu bagaimana cara memilih sebuah lensa kontak yang tepat untuk digunakan.

Pasalnya, tidak setiap orang punya mata normal. Ada yang mengalami sindrom mata kering, dan ada juga yang memiliki mata sensitif.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kamu membaca beberapa tips memilih softlens online berikut ini.

1. Periksa mata sebelum membeli

Meskipun kamu merasa punya mata normal dan ingin membeli lensa kontak untuk mata normal. Kamu tetap perlu memeriksakan kondisi matamu. Entah itu, ke dokter spesialis mata atau bisa juga dengan mendatangi optik terdekat yang melayani periksa mata gratis ataupun berbayar.

Begitu pula dengan kamu yang kebetulan sudah pakai kacamata karena mengalami mata minus. Resep untuk membeli kacamata berbeda dengan resep untuk membeli lensa kontak. Alasannya, lensa kacamata umum diposisikan sekitar 12 mm dari mata kita. Sedangkan lensa kontak diletakkan langsung di permukaan mata.

2. Waspadai jasa periksa mata online

Pada poin pertama di atas, saya sudah menyarankan agar kamu memeriksakan mata di dokter atau optik terdekat sebelum memutuskan untuk membeli lensa kontak.

Sebaliknya, saya tidak merekomendasikan periksa mata online. Bahkan jika ada yang menawarkannya secara gratis. Pasalnya, menurut Ming Wang dari Wang Vision 3D Cataract and LASIK Center di Nashville-Amerika, kebanyakan periksa mata online tidak mengevaluasi materi dan mendiagnosis masalah mata dengan benar.

3. Pilih warna lensa yang cocok dengan wajahmu

Cara terbaik memilih warna lensa kontak agar tidak terlihat aneh di wajah kita adalah, dengan memilih warna lensa yang sesuai dengan warna atau tone kulit.

Meskipun kamu mungkin tertarik untuk menggunakan warna-warna tertentu karena pernah melihat seseorang menggunakannya dan ia terlihat begitu cocok.

Namun, kamu harus menyadari bahwa, warna lensa tersebut belum tentu cocok saat kamu kenakan. Ketidakcocokan tersebut mungkin saja disebabkan karena kalian memiliki warna atau tone kulit yang berbeda.

Nah, agar bisa memilih warna lensa yang tepat. Berikut adalah panduan yang sebaiknya kamu ingat.

  • Pilih warna lensa sesuai warna matamu. Jika ingin mengubah penampilan dengan cara yang lebih halus, kamu perlu memilih lensa dengan warna yang sama dengan warna matamu. Atau warna yang menawarkan rona tambahan, yang dapat memperjelas tapi warna iris dan memperjelas warna alami matamu
  • Perhatikan tone kulitmu. Ada dua jenis tone kulit yang dikenal yaitu, tone kulit hangat dan dingin. Kalau kamu punya tone kulit hangat, kamu direkomendasikan memilih lensa kontak berwarna hazel atau daisy pink. Tapi kalau kamu memiliki tone kulit dingin, kamu direkomendasikan memilih warna-warna cerah yang alami seperti biru, biru muda, atau ashley grey
  • Warna kulit. Bagi kamu yang memiliki warna kulit putih atau kuning langsat, kamu cenderung cocok menggunakan semua warna. Sedangkan untuk kulit sawo matang, kamu akan sangat cocok menggunakan lensa kontak berwarna hazel, abu-abu, atau biru tua. Sedangkan jika kulitmu berwarna gelap, kamu akan sangat cocok menggunakan warna-warna hangat seperti coklat tua hingga ungu tua. 
  • Warna lensa untuk mata gelap. Sebagian besar kita masyarakat Indonesia memiliki warna mata gelap. Seperti, warna hitam, coklat, atau abu-abu. Pilihan warna lensa untuk mata gelap adalah warna-warna buram seperti warna hazel, coklat madu, atau yang sedikit lebih terang. Kalau kamu ingin terlihat lebih menonjol, kamu bisa mencoba warna-warna cerah lainnya seperti ice blue
  • Jika ingin tampil berbeda dan lebih berani. Kamu bisa mencoba menggunakan warna yang sama sekali berbeda dengan warna matamu

4. Gunakan merek yang terpercaya

Ada banyak merek softlens yang bisa kamu pilih di luar sana. Tapi saran saya, coba pertimbangkan merek Miacare. Mengapa saya merekomendasikan merek ini?

A. Miacare: the expert Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens

Merek asal Taiwan ini cukup populer dan dikenal sebagai “No.1 Healthy and Charming Softlens in the world.” Tidak hanya karena menawarkan banyak pilihan warna softlens yang cocok dengan mata orang-orang Asia, termasuk Indonesia. Tapi juga, menawarkan lensa kontak dengan teknologi Silicone Hydrogel (SiHy) EautraSil™.

Teknologi ini diproduksi dengan dukungan sumber daya serta pengetahuan dari BenQ Material, yang dikenal sebagai satu dari empat perusahaan optical filter polarizer terbesar di dunia.

Teknologi baru, EautraSil™ Technology inilah yang membuat Miacare saat ini menyandang predikat “the expert Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens.” 

Apa sih keunggulan teknologi ini, hingga membuat Miacare mendapatkan julukan ahli softlens silicone hydrogel? Berikut Diantaranya.

  • Tidak membutuhkan perawatan solvent atau cairan pelarut, dan menjadikannya sebagai yang pertama di dunia. Karena itulah, lensa kontak Miacare bebas iritasi dan tidak menyebabkan alergi
  • Memberikan transmisibilitas oksigen hingga DK/t 151 dan DK/t 193. Jauh di atas standar yang direkomendasikan (Dk/t 125). Ini menjadikan produk Miacare sebagai salah satu softlens dengan transmisibilitas oksigen tertinggi di dunia. Mengapa ini penting? Semakin banyak oksigen yang mengalir ke kornea melalui lensa maka akan semakin baik. Pasalnya, jumlah aliran oksigen yang banyak bisa mencegah komplikasi yang berkaitan dengan penyakit hipoksia seperti mata merah, penuaan lapisan epitel kornea, dan neovaskularisasi kornea
  • Modulus rendah, hanya 0.6 MPa. Modulus yang rendah akan membuat lensa semakin lembut dan nyaman dipakai
  • Permukaan lensa yang licin. Permukaan lensa Miacare menggunakan water film yang dapat mencegah penumpukan lipid dan protein. Serta, menjaga agar lensa tetap bersih-murni sehingga penglihatan tetap jernih dan jelas selama memakai lensa

B. Kadar air yang tinggi

Semakin tinggi kadar air (water content) pada lensa kontak, maka akan semakin banyak oksigen yang bisa mencapai kornea. Ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Produk Miacare mengandung water content 45% dan 49%. Water content 45% bisa kita jumpai pada produk Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily). Sedangkan water content softlens 49% terdapat pada produk Miacare CONFiDENCE Flash (monthly). Perbedaan spesifikasi kedua produk ini bisa kamu lihat pada poin di bawah ini.

C. Pilihan warnanya natural

Miacare sebagai penyedia satu-satunya Softlens berwarna Silicone Hydrogel menawarkan dua pilihan produk yang bisa dibeli berdasarkan kebutuhan. Yaitu,

  1. Miacare CONFiDENCE Flash (monthly) tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu, Daisy Pink, Icy Blue, Ashley Grey. Berikut adalah spesifikasinya.
    • Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel
    • Tech: EautraSil Plus
    • Pemakaian: Daily
    • Oxygen Transmissibility: DK/t 151
    • Water content: 49%
    • Thickness: 0.08@-3.00D
    • Modulus: 0.45MPa
    • Base curve: 8.7 mm
    • Diameter: 14.1 mm
    • Color Ring: OD:13.0/ID:6.0
    • Smart Peripheral Edge Design
    • Kemenkes RI AKL: 21204021759 
    • Made in Taiwan
    • Isi: 10 Pcs
  2. Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily). Produk ini hadir dengan 3 pilihan warna yaitu, Ocean Blue, Pearl Grey, dan Hazel Nude. Spesifikasinya bisa kamu lihat di bawah ini.
    • Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel
    • Tech: EautraSil Plus
    • Pemakaian: Monthly
    • Oxygen Transmissibility: DK/t 193
    • Water content: 45%
    • Thickness: 0.08@-3.00D
    • Modulus: 0.55MPa
    • Base curve: 8.7 mm
    • Diameter: 14.3 mm
    • Color Ring: OD:13.5/ID:6.0
    • Kemenkes RI AKL: 21204021590
    • Made in Taiwan
    • Isi: 2 Pcs

Warna pada lensa kontak ini bukan berasal dari cat melainkan, berasal dari pola dot matrix. Posisinya tepat berada di tengah-tengah 3 layer (lapisan) lensa.

Ini membuat lensa aman untuk mata dan nyaman dipakai lebih dari 8 jam sehari. Teknologi ini juga memungkinkan warna mata lebih menyatu dengan warna lensa sehingga warnanya tampak lebih alami.

Itulah alasan mengapa produk Miacare merupakan pilihan softlens paling sehat dan cantik alami yang bisa kamu beli saat ini.

D. Melindungi mata dari bahaya sinar UV

Paparan sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi mata kita. Untuk melindungi mata, lensa kontak Miacare sudah dilengkapi dengan pelindung UV yang akan mencegah kerusakan retina.

5. Jangan tergiur harga murah

Sebagai ibu rumah tangga yang selalu mengandalkan toko online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya sangat tahu bagaimana rasanya menjadi pembeli.

Sebagai pembeli, kita pasti selalu ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga semurah mungkin. Dan, inilah yang kerap membuat kita kecele. Alih-alih memilih produk berkualitas tinggi, kita cenderung lebih sering menjatuhkan pilihan pada produk murah.

Pengalaman belanja online selama bertahun-tahun mengajarkan saya bahwa, ungkapan “ada harga ada rupa” itu juga berlaku di toko online.

Jadi, jangan sampai kamu menyesal hanya karena tergiur harga murah saat memutuskan untuk membeli softlens. Tapi pilihlah, softlens tersehat dan alami sesuai dengan sesuai dan cocok dengan wajahmu.

6. Tentukan durasi pemakaian

Buat kamu yang sudah pakai kacamata dan mengalami mata minus yang parah, kamu pasti membutuhkan softlens yang bisa digunakan lebih dari 8 jam.

Kebetulan, lensa kontak merk Miacare juga dikenal nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Karena itulah, saya kembali merekomendasikan merek ini.

7. Cek reputasi penjual

Agar tidak tertipu apalagi sampai dapat produk palsu, selalu periksa reputasi penjual sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

Jika tidak ingin repot mencari toko online yang terpercaya, klik link berikut ini untuk menuju toko online penjual softlens warna SiHy original.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

26 komentar

  1. Grey donk.... kira2 cocok gak ya dengan wajahku ūüė¨ Penasaran sama merk ini.

    BalasHapus
  2. Aku kalo beli lensa warna nya selalu abu, rasanya cantik di wajah aku ini hahaah

    BalasHapus
  3. Belum pernah beli softlens, artikel ini nanti akan saya jadikan referensi kalau saya mau beli softlens.

    BalasHapus
  4. aku belum pernah pakai softlens, mbak. Tapi lihat orang yang pakai softlens gitu aku bilang keren, Gimana sih masangnya, kok bisa gitu ya. apalagi yang warnanya biru atau abu abu gitu lihatnya jadi cantik.

    BalasHapus
  5. thank you for all the tips mba. urusan softlenses dan mata memang ngga boleh main - main memang yaaa

    BalasHapus
  6. jadi inget pertama kali pakai softlense itu pas pertama kali kerja, trus pernah ya aku lupa lepas, karena memang kerjanya waktu itu sampai malam, eh paginya mata perih, untuk masih bisa dikeluarin itu softlense kalo enggak pasti bisa iritasi

    BalasHapus
  7. Saya sudah belasan tahun pakai kacamata dan sekali beli kontak lens waktu menikah. Maksudnya sih biar pas dandan bebas kacamata. Namun, namanya baru pertama pakai, jadi masih terasa mengganjal (intinya masih penyesuaian). Teru saya orangnya juga kurang telaten memelihara softlens. Jadi sampai sekarang belum pernah beli lagi. Padahal, kalau lihat orang pakai softlens, nampak keren gitu....

    BalasHapus

  8. Sejak SMP bunda sudah berkcmt bahkan hingga skrng, tp blm pernah pake Softlens, serem liat anak2 yg masih muda2 disamping spy gaya juga keliatan modist hehe...penampilan + kece krn softlens dengan warna mata yg menambah cantik wajah.

    BalasHapus
  9. Tips penting nih... meskipun aku belum pernah pake softlens.. Sesekali pengen coba deh..pake warna yang lebih cokelat dari warna aslinya..

    BalasHapus
  10. Nah bener banget, JANGAN TERGIUR HARGA MURAH!
    kadang kalo lihat di mall2, suka banyak banget promo2 softlense, pas antara teman beli harga promo, katanya murah banget dan pas sampe di rumah kecewaaa temanku tuh.
    Noteed banget tipsnya, aku belom pake2 softlense niih.

    BalasHapus
  11. Tulisannya sangat bermanfaat nih mbak bagi pengguna softlens. Memang harus jeli dan hati-hati apalagi ini untuk indera penglihatan ya kan.

    BalasHapus
  12. Suka pengen pakai softlens kalau lihat yang pada pakai tuh bagus-bagus. Tetapi, memang harus hati-hati, ya. Gak bisa sembarangan belinya.

    BalasHapus
  13. Bener2 kudu jeli dan teliti kalo mau beli softlens ya mba
    jangan sampai tertipu dgn iming2 harga murah
    padahal produk ga jelas yak.

    BalasHapus
  14. Iya nih nggak bisa sembarangan pakai softlense ya jangan tergiur harga murah tapi kualitasnya rendah, kasihan mata kita yang berharga..

    BalasHapus
  15. baru tahu kalau mata normal pengen pakai soft lense harus konsultasi pada dokter spesialis mata dulu. Aku pikir bisa langsung aja pakai soft lense. Kalau udh oke bisa cuss langsung beli online deh (Febrianty Rachma)

    BalasHapus
  16. Aku pake softlense dari 2007 - 2015 heehe lama juga dengan segala dramanya yg bikin mata merah, sobeklah hahah dan setuju mba kalau beli online hati2 jgn tergiur sama harga murah

    BalasHapus
  17. Pengen banget pake softlens karena capek kalau pakai kacamata tuh. Tapi mau beli masih maju mundur aja. Bingung sih pilih softlensnya.

    BalasHapus
  18. suka kagum sama liat yg pake softlens warna matanya jadi cantik gitu. kalo aku belum berani pake. sekedar mengagumi saja :)

    BalasHapus
  19. Aku baru tahu ada jasa periksa mata online. Tapi mending ke dokter mata deh. Lebih akurat hasilnya dan rekomendasi ukuran bisa dipakai 6 bulan - 1 tahun. Lebih dari itu mending periksa lagi.

    BalasHapus
  20. Aku pernah coba coba pake softlens tapi ga tahan karena aku hobi ucek ucek mata! hihi hobi kok ucek ucek mata yaaa

    BalasHapus
  21. Kalau lensa kontak warna biru buat aku cocok gak kak? biar kaya bule gitu loh :-D
    Belum pernah nyobain softlense nih, enak juga kali ya tapi aku pelajari dulu cara pemakaiannya ah

    BalasHapus
  22. Aku blm pernah cek mata online jd pengen coba kapan2 hehe
    Hehe iya sih yg penting kan kalau minus/ plus fungsinya bukan warna-warninya :D
    Eh tapi kdng org beli lensa kontak emang cuma buat kebutuhan mode sih :D

    BalasHapus
  23. Yeay jadi ada tips nih karena rencana memang mau belajar pakai softlens hehehe
    Makasih ya Mbak

    BalasHapus
  24. aku pernah melihat mbak2 pakai softlens warna abu2 dan rambut juga dicat abu2, uwuuu....cantik binggo karena kulitnya bersih. Hihihi. Btw, aku belum pernah punya pengalaman dengan softlens, tapi setuju banget, sih, musti hati2 karena terkaita dengan kesehatan mata kita kedepannya.

    BalasHapus
  25. Aku belum pernah pakai soflens penasaran bisa kayak orang bermata indah gitu.

    BalasHapus
  26. Bener ya mba.. nyari softlens harus hati2 apalagi buat mata.. mejurut saya soal bahan itu yang paling penting agar mata bisa terjaga dan tidak mudah kering ya... hihi.. sampai sekarang masih ngeri2 sedap buat pasang softlens. Pernah nyoba kayaknya riski banget...

    BalasHapus

Posting Komentar