Tingkatkan Akselerasi Belajar Anak dengan Bimbel Online

Posting Komentar

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membahas solusi untuk mengatasi kevakuman belajar pada anak yang disebabkan karena peniadaan sekolah tetap muka (untuk sementara waktu) akibat pandemi Covid-19. 

Melengkapi artikel tersebut, kali ini saya bermaksud untuk berbagi beberapa tips meningkatkan akselerasi belajar anak. Salah satunya adalah melalui Bimbel (bimbingan belajar) secara online.

Sejak adanya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan sistem online, banyak anak yang kini “terpaksa” harus memegang atau bahkan memiliki gadget sebelum waktunya.

Jadi, selain karena peniadaan sekolah tatap muka, kesempatan bermain gadget pada anak pun jadi bertambah. Padahal, banyak orang tua yang sudah berusaha mati-matian untuk menjauhkan anak-anaknya dari gadget.

Karena itu, jangan heran apabila banyak anak yang lebih sering terlihat sedang bermain game dan lebih banyak menghabiskan waktu menonton konten di Youtube daripada belajar.

Daripada harus bertengkar dengan anak gara-gara gadget, mungkin inilah saatnya kita berdamai dengan situasi dan keadaan. Bukan berarti kita harus memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain gadget sesuka hati mereka tanpa pengawasan.

Melainkan, kita harus mencari cara untuk meningkatkan akselerasi belajar anak dan meningkatkan waktu belajar mereka sekaligus mengurangi waktu mereka dalam mengakses konten-konten yang mungkin kurang bermanfaat, termasuk kegiatan bermain game-game dengan tema kekerasan.

Dari sekian banyak cara, mendaftarkan anak di bimbel online adalah salah satunya. Selain bisa membantu mempersempit waktu anak-anak bermain game dan mengakses konten-konten yang seringkali kurang mendidik, mengikuti bimbingan belajar online juga bisa menjadi solusi untuk:

  • Membantu anak menyelesaikan PR dengan dibantu oleh Master Teacher yang profesional,
  • Meningkatkan akselerasi belajar anak,
  • Mengembangkan bakat anak, dan
  • Bisa menciptakan lingkungan yang dapat memancing minat belajar anak.

Memilih Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Memilih meningkatkan akselerasi belajar anak dengan bimbel online pasti membutuhkan biaya. Tapi yang paling penting adalah, kita bisa memilih jasa bimbel online terbaik yang sebanding dengan biayanya. Sehingga, uang yang kita investasikan untuk pendidikan anak jadi tidak sia-sia.

Menurut saya, salah satu bimbingan belajar online yang terbaik adalah Brain Academy. Selain punya banyak kelebihan, biaya bimbel online yang mereka tawarkan juga relatif murah.

Nah, buat Ayah-Bunda yang penasaran dengan keunggulan bimbel online Brain Academy yang bisa diikuti oleh anak-anak dari kelas 4 sampai dengan kelas 12 ini, Ayah-Bunda bisa melihat beberapa kelebihannya di bawah ini.

1. Belajar Bersama Guru Terbaik

Guru yang hebat tidak hanya dinilai dari kecerdasan guru itu sendiri, tapi juga kemampuannya dalam menjelaskan setiap materi pelajaran.

Di Bimbel Brain Academy by Ruangguru, adik-adik siswa sekolah akan dibimbing belajar oleh para Star Master Teacher terbaik yang selain ahli di bidangnya, juga punya prestasi dan tahu bagaimana cara memberikan materi agar mudah dipahami.

Berikut adalah beberapa contoh Star Master Teacher yang bisa dijumpai oleh adik-adik siswa di klasemen Academy:

  1. Kak Firdha. Ia adalah guru matematika yang mengajar SBMPTN Camp 2018 - 2019 sekaligus dosen LB matematika ITAS Surabaya, dan peraih MT terfavorit Grammy Awards 2020 Brain Academy Surabaya
  2. Kak Intan. Adalah guru bahasa Indonesia. Ia pernah meraih Award beasiswa unggulan program magister Kemendikbud pada 2016 silam. Guru matematika yang juga terpilih menjadi Best Tutor Ruangguru Digital Bootcamp 2018 ini adalah lulusan terbaik Program Magister Sains dan Teknologi Airlangga pada periode Maret tahun 2019.

Selain nama-nama yang telah saya sebutkan di atas, tentunya masih ada banyak guru-guru level master yang bisa dijumpai oleh adik-adik sekolah di Brain Academy.

2. Klinik PR

Banyak diantara kita para orang tua tidak sempat mencicipi pendidikan tinggi. Atau, mungkin tidak punya banyak waktu untuk menemani anak-anak mengerjakan tugas sekolah (PR) mereka. 

Akibatnya, anak-anak sering mengerjakan PR semampu mereka tanpa bimbingan orang tua atau ahli. Sehingga tak jarang, anak-anak akan mencoba menyelesaikan tugas sekolah mereka dengan cara instan yang tidak mendidik.

 Seperti, mencari jawabannya di Google tanpa pernah tahu langkah demi langkah untuk menyelesaikan setiap soal.

Di Brain Academy, selain tersedia Bimbel kelas online, juga tersedia sesi Klinik PR. Di sana, para siswa yang sudah bergabung dengan Brain Academy online bisa memanfaatkan sesi tersebut untuk menyelesaikan PR mereka bersama Master Teacher.

3. Konseling Pendidikan

Sebagai orang tua, kita bisa mengetahui perkembangan anak melalui laporan yang dibuat oleh Brain Academy. Di samping itu, kita juga memiliki kesempatan untuk mengikuti sesi konseling private video online dengan guru wali.

4. Dapat Modul Belajar

Modul belajar memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu meningkatkan akselerasi belajar anak. Selain tersedia dalam bentuk online, Brain Academy juga menyediakan modul belajar yang bisa dicetak.

5. Tersedia Kelas Pengembangan Diri

Kelas pengembangan diri adalah kelas tambahan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan public speaking, kreativitas, atau kemampuan tambahan lainnya yang dapat dijadikan sebagai bekal berkarir atau bekal untuk masuk PTN favorit masing-masing.

6. Komunitas Diskusi Soal

Ada banyak soal-soal sulit yang kadang-kadang dihadapi oleh siswa tidak mampu mereka jawab. Soal-soal tersebut bisa ditanyakan di Komunitas Diskusi Soal. Dan, ada banyak tutor serta teman-teman dari seluruh Indonesia yang siap membantu memberikan jawaban.

7. Tryout Ujian

Tryout adalah simulasi ujian sekolah yang seringkali bisa membantu siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya.

8. Full Akses ke Ruangbelajar

Ruangbelajar by Ruangguru adalah tempat belajar mandiri menggunakan video pembelajaran yang dibuat dalam bentuk animasi dan latihan soal yang dapat diakses secara online maupun offline.

9. Harga Bimbel Murah dan Banyak Diskon

Bisa dikatakan bahwa, Brain Academy adalah salah satu tempat les online terbaik dan termurah yang ada di Indonesia. 

Momen akhir tahun ajaran atau kenaikan kelas serta tahun ajaran baru adalah saat paling tepat untuk beli kelas bimbel online di Brain Academy. Pasalnya, harga kelas Brain Academy biasanya sangat murah di moment-moment seperti saat ini.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar