Mengapa Kita Harus Memakai Tabir Surya Setiap Hari?

Posting Komentar

Premium CICA SunCream adalah tabir surya dari DEWPRE yang kini saya gunakan untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UVA dan UVB).

Tapi, kenapa sih kita perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari? Dan, mengapa sinar ultraviolet berbahaya bagi kulit?

Kira-kira itulah pertanyaan yang mungkin ada di benak siapa saja yang belum mengenal manfaat menggunakan sunscreen setiap hari. Karena, dulu saya juga punya pertanyaan yang sama saat belum aktif menggunakan sunscreen setiap keluar rumah.

Tapi setelah saya banyak membaca. Saya mulai lebih peduli pada kulit dan mulai melakukan perawatan dengan berbagai macam produk perawatan kulit (skincare). Termasuk, salah satunya adalah menggunakan tabir surya merk DEWPRE Premium CICA Suncream.

Mengapa Kulit Harus Dilindungi dari Paparan Sinar Matahari?

Dulu, saat belum begitu mengetahui manfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Saya menyangka bahwa, kita hanya perlu melindungi kulit agar kulit kita menjadi gelap.

Karena memang, kalau kita sering berjemur, kulit kita akan terlihat lebih gelap daripada warna aslinya. Bahkan, jika terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik. Kulit kita bisa mengelupas atau terbakar dan berwarna kemerah-merahan.

Selain bisa membuat kulit kita berubah warna jadi lebih gelap, sebenarnya ada bahaya lain yang perlu kita antisipasi. Sehingga, kita perlu melindungi kulit dengan menggunakan pakaian ataupun tabir surya.

Alasan utama mengapa kulit kita perlu dilindungi adalah karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker dan menyebabkan kulit berkerut seiring waktu.

Reaksi kulit kita terhadap paparan sinar matahari tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kulit jeruk yang akan berkerut jika dijemur.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa kita selalu disarankan untuk menggunakan tabir surya saat keluar rumah di siang hari.

  1. Mengurangi resiko terbakar sinar matahari

Semua dermatologis profesional atau spesialis kulit sangat menekankan akan pentingnya perlindungan kulit dan mencegahnya agar tidak terbakar oleh sinar matahari.

Pasalnya, jika terus-menerus terkena sengatan matahari, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan berpotensi menyebabkan: kanker kulit, berpotensi memunculkan tanda-tanda penuaan lebih dini seperti kerutan maupun garis-garis halus, dan berbagai masalah kulit yang lainnya.

Jika kulit kita terbakar sinar matahari hingga terkelupas, kulit kita akan berpotensi mengalami kerusakan dan menimbulkan jaringan parut.

  1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Manfaat lain menggunakan tabir surya adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan tersebut bisa berupa garis-garis halus atau kerutan kerutan pada kulit.

Munculnya kerutan atau garis-garis halus pada kulit kita akibat paparan sinar matahari terus-menerus tersebut disebabkan karena, elastin, kolagen, dan sel-sel kulit kita mengalami kerusakan.

Seiring waktu, paparan sinar matahari pada kulit akan menyebabkan perubahan warna, kerutan, garis-garis halus, dan bahkan bisa menyebabkan kulit menjadi kasar.

Penuaan dini atau photoaging lebih banyak terjadi pada orang-orang yang berusia antara 20 hingga 30 tahun yang sering berjemur di bawah sinar matahari tanpa dilindungi dengan pakaian atau tabir surya.

  1. Meningkatkan resiko terkena kanker kulit

Semakin putih warna kulit kita, maka akan semakin besar resiko terkena kanker kulit jika sering terpapar sinar matahari tanpa pelindung.

Untungnya, sebagian besar masyarakat Indonesia punya kulit berwarna sawo matang. Itulah sebabnya mengapa kita jarang sekali mendengar bahwa masyarakat Indonesia mengalami kanker kulit. Tidak seperti di negara-negara luar atau orang-orang yang berkulit putih yang sangat mudah terkena kanker kulit.

Alasan utama mengapa kulit yang berwarna gelap tidak mudah terkena kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet adalah karena, jumlah melanin kulit berwarna gelap umumnya lebih banyak dibandingkan dengan kulit yang putih.

Meski demikian, bukan berarti kita yang berkulit gelap tidak bisa terkena kanker kulit jika sering terpapar sinar matahari tanpa pelindung.

Oleh sebab itu, kita tetap harus waspada dengan menerapkan sunscreen setiap hari, seperti yang ditawarkan oleh DEWPRE.

  1. Mencegah perubahan warna kulit

Mengatakan bahwa kulit yang putih adalah kulit yang lebih cantik daripada kulit hitam adalah sesuatu yang tidak tepat.

Karena kulit yang cantik itu adalah kulit yang sehat. Dan setiap warna kulit bisa memunculkan kecantikan dengan caranya sendiri-sendiri.

Manfaat sunscreen untuk mencegah perubahan warna kulit di sini tidak saya maksudkan untuk mendiskreditkan kulit berwarna gelap.

Melainkan, untuk menghindari perubahan warna kulit yang dapat sebabkan menyebabkan kulit kita jadi terlihat belang.

Jadi, penggunaan tabir surya bisa membuat kulit kita memiliki warna yang lebih merata atau tidak belang.

Apalagi, jika kita menggunakan jilbab dan pakaian panjang namun bagian wajah dan tangan sering terekspos, seperti saya.

Jika tidak menggunakan tabir surya, dijamin kulit wajah akan terlihat belang saat membuka jilbab atau ketika menggunakan pakaian santai saat di rumah.

  1. Mencegah peradangan pada kulit

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya akan mencegah peradangan pada kulit.

Berbagai efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh sinar ultraviolet tidak hanya bisa terjadi akibat paparan langsung, melainkan bisa juga terjadi pada saat cuaca sedang mendung. Intinya, kita tetap harus waspada dengan menerapkan tabir surya.

Pada umumnya, tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi sangat bermanfaat dalam mencegah kulit mengalami peradangan.

Tips Memilih Tabir Surya

Saat membeli sebuah produk tabir surya, kita pasti akan disuguhkan pilihan berbagai macam produk. Sebagian besar dilengkapi dengan berbagai nilai SPF. Apa yang dimaksud dengan SPF?

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Ini adalah ukuran seberapa banyak sinar UVB yang dapat diblok oleh tabir surya.

Para ahli kesehatan kulit atau dermatologis, umumnya menyarankan kita untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

Sebagai gambaran, sebuah sunscreen dengan SPF 15 bisa memblokir sekitar 93% sinar UVB. Produk yang mengandung SPF 30 bisa memblokir hingga 97%. Sedangkan produk yang mengandung SPF 50 umumnya bisa memblokir hingga 98% Sinar UVB.

Jadi, semakin tinggi SPF pada sebuah sunscreen, maka akan semakin efektif dalam memblokir paparan sinar ultraviolet.

Dalam memilih produk, kita tetap harus memperhatikan jenis kulit kita. Jika kita memiliki kulit yang berjerawat atau berminyak, kita tentu saja disarankan untuk memilih tabir surya dengan label non-comedogenic.

Sedangkan bagi yang memiliki kulit kering, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung pelembab atau bahan-bahan yang dapat membantu menghidrasi seperti bahan sodium hyaluronate.

Selain mengandung pelembab, ada juga produk tabir surya yang dilengkapi dengan bahan-bahan lain seperti, antioksidan untuk melawan efek penuaan pada kulit, anti inflamasi, hingga kandungan niacinamide yang dapat membantu membuat kulit terlihat lebih glowing.

Premium Cica Suncream adalah Tabir Surya Favorit Saya

DEWPRE Premium Cica Suncream adalah salah satu produk sunscreen favorit saya. Produk ini dilengkapi dengan SPF 50+ serta PA ++++.

Mengapa saya menyukai sunscreen DEWPRE ini? Selain karena mengandung SPF 50+ yang artinya, produk ini bisa membantu melindungi kulit hingga 98% dari sinar UVB, berikut adalah beberapa kelebihan lain dari produk ini yang membuat saya menyukainya.

  1. Water resistant

Water resistant artinya produk ini bisa diajak basah-basahan. Nah, kalau kamu kebetulan sering pergi berenang atau berencana untuk liburan ke pantai, memilih produk yang water resistant seperti tabir surya DEWPRE ini adalah pilihan tepat.

  1. Memberi perlindungan ganda

Premium Cica Suncream memiliki kandungan niacinamide, diperkaya dengan air daun centella asiatica 50.000 ppm, tea tree oil, camellia sinensis, dan sodium hyaluronate.

  1. Formulanya Lembut

Saat diaplikasikan ke kulit wajah, formula tabir surya ini terasa sangat lembut dan langsung terasa kesegarannya.

  1. Mengandung Pelembab dan Mencerahkan

Seperti yang kita tahu, kelembaban akan membuat kulit kita jadi lebih kencang dan awet muda. Jadi, daripada hanya menerapkan tabir surya. Menurut saya lebih baik jika tabir surya tersebut mengandung pelembab. Sehingga, kulit kita akan mendapatkan manfaat ganda.

Selain pelembab, Dewpre Premium Cica Suncream yang memiliki tagline "Daily Skin Bestie" ini juga mengandung niacinamide yang dikenal sebagai bahan pencerah kulit, disamping bisa membantu menyamarkan pigmentasi, menyegarkan, meratakan warna kulit, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

  1. Diperkaya dengan bahan-bahan yang bisa menutrisi kulit

Di samping sodium hyaluronate, produk ini juga mengandung ekstrak daun camellia sinensis atau teh hijau, minyak daun melaleuca alternifolia (tea tree oil) atau pohon teh, dan minyak lavandula angustifolia (lavender).

  1. Tidak berminyak dan tidak licin

Menerapkan tabir surya di wajah yang tidak berminyak dan tidak licin akan memudahkan kita menerapkan make up di atasnya.

  1. Non-Nano Physical

Non-Nano Physical berarti produk ini tidak mengandung titanium dioksida dan seng oksida. Bisa dibilang, ini adalah produk vegan yang 100% bahan-bahannya diambil dari bahan-bahan non hewani.

Kesimpulan

Menerapkan tabir surya pada area wajah dan beberapa bagian tubuh yang terekspos sangat penting sebelum kita keluar rumah. Keluar rumah, kita akan otomatis terpapar sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB. Kedua sinar ultraviolet tersebut tidak hanya dapat menyebabkan kulit terbakar tetapi juga dapat menyebabkan efek penuaan, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan seperti kerutan ataupun garis-garis halus.

Memilih tabir surya dengan tingkat SPF yang tinggi sangat disarankan. Seperti produk dari DEWPRE yang disebut Premium CICA Suncream yang mengandung SPF 50+ dan dapat memblokir hingga 98% UVB.

Produk yang sudah mengantongi label halal dan yang terdaftar di BPOM ini, tidak hanya dilengkapi dengan agen tabir surya yang dapat mencegah sinar ultraviolet menembus lapisan kulit (skin barrier), tapi juga dilengkapi dengan beberapa bahan lainnya yang bisa membantu melembabkan, mencerahkan, dan membuat kulit terasa lebih segar dan nyaman.

Untuk tahu lebih banyak produk dan tips kecantikan, yuk kunjungi DEWPRE melalui instagramnya di @dewpreofficial.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar