Indodax Vs Binance: Main Crypto Sebaiknya di Mana?

Posting Komentar

Banyak orang yang tertarik untuk main crypto (cryptocurrency) karena menganggapnya sebagai salah satu investasi paling menguntungkan.

Apalagi, bitcoin sebagai salah satu cryptocurrency paling populer, pernah mengalami kenaikan hingga 700% lebih hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Akan tetapi, cryptocurrency masih dianggap sebagai pilihan investasi yang membutuhkan kejelian dan kehati-hatian. Karena crypto dikenal akan volatilitasnya.

Meski dianggap sangat beresiko, namun nyatanya, saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadikannya sebagai salah satu pilihan investasi.

Jika kita berbicara mengenai cryptocurrency, mau tidak mau kita juga akan berbicara mengenai crypto exchange yang menjadi tempat jual-beli coin ataupun menukar aset mereka ke mata uang tertentu.

Saat ini, ada beberapa crypto exchange yang terkenal. Dua diantaranya adalah, Binance untuk pasar global, dan Indodax untuk pasar lokal atau Indonesia.

Menakar Kelebihan dan Kekurangan Binance VS Indodax

Sebagai upaya untuk membuat agar kegiatan investasi atau jual-beli crypto yang kita lakukan bisa lancar dan menguntungkan, tentu saja kita harus memilih sebuah tempat bertransaksi yang aman, stabil, dan terpercaya.

Karena itulah, sebelum memutuskan untuk mulai bermain crypto, kita disarankan untuk menyeleksi dan memilih broker atau crypto exchange terbaik.

Alasan itu pulalah yang membuat saya tertarik untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan antara Binance vs Indodax yang dikenal sebagai dua pilihan broker terbaik saat ini.

Without further ado, yuk kita bahas dan bandingkan kelebihan serta kekurangan kedua broker tersebut.

1. Binance

Didirikan di Hongkong pada tahun 2017 oleh Changpeng Zhao, Binance merupakan salah crypto exchange terbesar di dunia yang memiliki pengguna lebih dari 15 juta.

Bisa dibilang, saat ini Binance adalah ekosistem blockchain paling terkemuka di dunia. Mereka memiliki rangkaian produk yang mencakup pertukaran aset digital terbesar.

Tidak mengherankan karena mereka adalah salah satu penyedia layanan infrastruktur terbesar di dunia crypto.

Setidaknya, ada 600 mata uang crypto dan token virtual yang diperdagangkan di Binance. Termasuk di antaranya adalah Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Litecoin (LTC), Dogecoin (DOGE), dan token milik mereka sendiri yang disebut Binance Coin (BNB).

Karena itulah, mereka kerap menawarkan diskon kepada pengguna yang membayar dengan menggunakan Binance Coin.

Akan tetapi, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai Binance ataupun berbagai keunggulannya. Karena platform pertukaran uang crypto ini dilarang beroperasi di Indonesia.

Artinya, mengakses Binance adalah perbuatan ilegal karena mereka belum diberi izin oleh otoritas berwenang seperti BAPEBBTI (Badan Pengawasan Berjangka Komoditi).

Itulah sebabnya mengapa website Binance.com diblokir oleh pemerintah. Karena itulah jika kita mengaksesnya dari browser, kita hanya akan menemukan pesan kesalahan atau error.

2. Indodax

Bagi kita yang tinggal di Indonesia dan ingin main crypto untuk investasi atau trading, Indodax adalah salah satu tempat yang paling direkomendasikan.

Selain karena legal secara hukum, Indodax juga dikenal sebagai salah satu pionir bursa kripto di Indonesia yang inovatif dan cepat tanggap dengan permintaan pasar.

Indodax sendiri adalah sebuah platform atau tempat di mana kita bisa menukar mata uang Bitcoin ke Rupiah. Atau sebaliknya, membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah.

Kemudian, kita juga bisa menukar Bitcoin ke aset kripto lainnya seperti Ripple, Stellar, Ethereum, Dogecoin, Litecoin, DASH, Bitshares, XEM, NXT, dan banyak lagi, secara gratis di Indodax.

Selengkapnya, berikut adalah beberapa keunggulan layanan Indodax sebagai Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange terkemuka di Indonesia.

  • Kita bisa menjual dan membeli aset kripto dengan mata uang Rupiah. Artinya, kita bisa membeli aset kripto melalui semua bank lokal Indonesia. Begitu pula sebaliknya, kita juga bisa menjual aset kripto dan mengubahnya menjadi rupiah
  • Bisa deposit pakai e-wallet seperti OVO
  • Menawarkan persentase biaya 0% untuk perdagangan dan penarikan
  • Transaksi bisa dilakukan 24 jam sehari termasuk di hari libur
  • Keamanannya terjamin karena setiap transaksi dilindungi menggunakan Multifactor-Authentication untuk menjamin keamanan aset atau uang pengguna
  • Jual beli aset kripto melalui Indodax bisa dilakukan lewat website resmi mereka di Indodax.com atau bisa juga melalui aplikasi mereka yang tersedia untuk smartphone berbasis Android dan iOS
  • Menyediakan livechat yang bisa dihubungi 24 jam sehari dan call center serta email
  • Proses penarikan aset kripto sangat cepat dan hanya membutuhkan 1 hari kerja tanpa penundaan
  • Menyediakan 217 pilihan aset kripto

Kesimpulan

Trading mata uang crypto atau menjadikannya sebagai aset untuk investasi, kini semakin digemari karena dianggap sangat menguntungkan.

Tidak mengherankan, mengingat keuntungan yang bisa diberikan oleh kegiatan trading dan investasi cryptocurrency jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis trading lainnya.

Mata uang kripto yang bernama Bitcoin adalah salah satu contohnya. Mata uang ini, pernah mengalami lonjakan nilai 700% hanya dalam waktu 1 tahun.

Harga Bitcoin yang meningkat tajam tersebut, meski tidak sering terjadi, namun bisa dijadikan sebagai gambaran mengenai kondisi pasar crypto yang sebenarnya.

Karena memang, sebagian besar aset kripto bisa mengalami peningkatan nilai dalam waktu yang relatif singkat. Itulah yang menyebabkan mengapa, crypto banyak dipilih sebagai investasi oleh para investor yang ingin cepat balik modal atau dapat untung.

Jika ingin bermain crypto, mau tidak mau kita akan membicarakan tempat membeli aset kripto atau yang dikenal dengan istilah crypto exchange, dan berbagai jenis mata uang crypto yang disediakannya.

Di dunia ini, ada banyak pilihan crypto exchange. Mulai dari Binance hingga Indodax. Sebelum memilih untuk menggunakan salah satu crypto exchange tersebut. Terlebih dahulu kita harus membandingkan performa atau kelebihan dan kekurangannya.

Akan tetapi, membandingkan Binance vs Indodax sebenarnya kurang tepat. Mengingat, Binance yang dikenal sebagai salah satu crypto exchange terbesar di dunia tidak mengantongi izin beroperasi di Indonesia.

Karena itu, mengakses Binance.com dianggap sebagai tindakan ilegal di Indonesia. Sehingga, situsnya pun diblokir oleh pemerintah.

Untungnya, di Indonesia masih ada crypto exchange yang terpercaya dan aman serta inovatif seperti Indodax.

Indodax bisa menjadi pilihan terbaik bagi siapapun yang berminat untuk bermain crypto. Karena, mereka menawarkan jual beli aset kripto dengan rupiah.

Bahkan, mereka juga menyediakan opsi deposit melalui OVO, biaya presentasi penarikan dan trading 0%, menyediakan layanan transaksi 24 jam, dilengkapi dengan Multifactor-Authentication untuk menjamin keamanan transaksi, dan bisa diakses melalui aplikasi di smartphone atau website di desktop.

Selain bisa dipilih sebagai opsi terbaik untuk main crypto, Indodax juga bisa dikunjungi untuk belajar cara investasi cryptocurrency dan belajar tentang uang digital. Pasalnya, mereka telah menyediakan kanal edukasi yang disebut Indodax Academy.

Jadi, bisa dibilang mereka all in one dalam dunia crypto. Karena itu, jika sudah cukup memahami cryptocurrency dan cara-cara berinvestasi, kita bisa langsung take action untuk melakukan pembelian atau penjualan di website Indodax atau melalui mobile apps-nya.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar