Alternatif Obat Alami untuk Asam Urat

Posting Komentar

Pertama kali saya mendengar istilah penyakit "asam urat" adalah ketika saya berada di rumah mertua beberapa tahun yang lalu.

Jadi, waktu masih tinggal di rumah mertua selama kurang lebih 1 bulan setelah boyongan dari Jawa. Saya kadang memasak beberapa sayuran yang saya anggap enak, seperti kacang panjang, kol, hingga bayam.

Tapi mertua saya ternyata tidak banyak menyentuh masakan tersebut. Usut punya usut, ternyata, makanan-makanan tersebut memang beliau hindari karena bisa memicu asam urat.

Karena itulah, saya mencoba mencari tahu apa saja makanan makanan yang dapat memicu asam urat atau makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Dari sana, saya mengetahui bahwa, berbagai makanan yang selama ini saya anggap cukup sehat seperti sayur-sayuran berdaun hijau berupa kacang panjang, bayam, kembang kol, jamur, ternyata mengandung purin yang cukup tinggi sehingga bisa memicu asam urat.

Selain makanan-makanan tersebut, makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat juga bisa berasal dari daging merah seperti daging sapi atau daging kerbau, jeroan, seafood, Kemudian beberapa ikan laut seperti tuna juga perlu dihindari.

Apakah itu artinya asam urat disebabkan oleh makanan tinggi purin yang kita konsumsi sehari-hari?

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat
Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang memang berhubungan dengan makanan ataupun minuman yang kita konsumsi.

Jika dilihat dari catatan sejarah mengenai penyakit ini, sejak zaman Yunani dan Romawi kuno, asam urat merupakan salah satu penyakit yang khas dan sering dialami oleh orang-orang Eropa. Bahkan, asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang dianggap sulit untuk disembuhkan.

Tidak mengherankan, mengingat konglomerat atau bangsawan Eropa pada saat itu selalu memprioritaskan makanan-makanan enak seperti daging atau seafood. Karena itulah, kebanyakan penderitanya berasal dari kalangan bangsawan atau orang-orang yang kaya.

Dalam sejarah disebutkan juga bahwa, orang-orang terkenal seperti Alexander the Great sehingga ilmuwan seperti Galileo mengalami asam urat pada zamannya.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang China dulu menyebut asam urat sebagai penyakit orang kaya dan penyakit kaisar.

Orang yang suka makan daging, seafood, atau berbagai makanan yang kadar purin yang cukup tinggi, termasuk orang yang terbiasa minum alkohol, sangat mudah mengalami gangguan metabolisme protein, yang pada akhirnya akan memicu asam urat.

Disamping itu, orang-orang yang memiliki riwayat batu ginjal atau masalah saluran kemih juga rentan mengalami penyakit ini.

Gejala Asam Urat

Gejala Asam Urat

Gejala yang paling umum atau paling sering dirasakan oleh penderita asam urat adalah nyeri sendi. Nyeri tersebut bisa terjadi berulang-ulang kali, dan secara bertahap akan menjadi kronis.

Jika tidak segera diatasi atau jika berlangsung berulang-ulang, asam urat kronis bisa menyebabkan arteriosklerosis atau kelainan bentuk jari tangan dan kaki, infark miokard (serangan jantung), gangguan ginjal, dan berbagai penyakit lainnya.

Pada umumnya, gejala asam urat seperti rasa nyeri pada sendi sendi tersebut lebih sering dirasakan pada malam hari.

Obat Alami untuk Asam Urat

Asam urat bisa diobati tanpa obat-obatan. Atau dengan kata lain, bisa diatasi menggunakan obat alami. Berikut adalah obat alami yang paling direkomendasikan untuk mengatasi asam urat.

1. Mengubah Pola Makan

Pola makan penyebab asam urat
Pola makan penyebab asam urat

Kurangi makanan yang banyak mengandung purin seperti ikan asin, jeroan seperti hati maupun ginjal, otak, telur, ikan mas, ikan kod, udang, daging sapi, daging babi (jika anda mengkonsumsinya), lidah sapi, kepiting, tiram, belut, daging asap, oatmeal, kacang polong, kacang merah, dan jamur.

Kemudian, berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak penderita asam urat. Yang pertama, jus buah, jagung, seledri, wortel, tomat, ubi jalar, serta jus buah ceri.

2. Menurunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan karena lemak (obesitas) rentan terkena asam urat. Oleh sebab itu, orang yang kelebihan berat badan disarankan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Misalnya, dengan mengurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar lemak di tubuh seperti, makanan olahan, makanan yang tinggi kadar gulanya, atau makanan yang tinggi kadar karbohidratnya.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Asam urat bisa larut di dalam air. Karena itu, minum banyak air bisa menjadi salah satu solusi sederhana dan mudah untuk mengobati asam urat.

Umumnya, orang dewasa disarankan untuk minum antara 6 hingga 8 gelas air per hari atau setara dengan 2 liter untuk meningkatkan ekskresi (pembuangan) asam urat dari dalam tubuh.

Resep obat alami untuk asam urat yang juga disarankan adalah, minum secangkir campuran cuka sari apel dengan air hangat dan madu setiap pagi hari.

Minuman ini telah terbukti bisa membantu mengurangi asam urat dan meredakan gejalanya berupa sakit di sendi.

4. Terapi Fisik

Terapi fisik yang paling direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah olahraga ringan seperti, jalan kaki setiap hari selama 30 hingga 60 menit.

Kesimpulan

Asam urat atau yang secara alamiah sering disebut gouty arthritis adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan asam urat di dalam tubuh khususnya di persendian hingga menimbulkan gejala nyeri.

Kelebihan asam urat di dalam tubuh bisa disebabkan karena tubuh tidak bisa membuang kelebihan asam urat yang diproduksinya secara alami. Dan, bisa juga disebabkan karena makanan makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung purin yang bisa memicu asam urat.

Oleh sebab itu, jika ingin mengobati asam urat secara alami, maka caranya adalah dengan menjaga pola makan. Kurangi, makanan-makanan yang kandungan purin-nya tinggi. Kemudian, beralihlah ke makanan-makanan yang tingkat kadar purin-nya rendah.

Untuk mengurangi asam urat dan mengurangi gejalanya, penderita penyakit asam urat disarankan untuk memperbanyak minum air putih, rutin minum campuran cuka sari apel + madu + air hangat satu cangkir setiap pagi, rutin jalan kaki antara 30 hingga 60 menit setiap hari, dan menjaga berat badan karena kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan resiko terkena asam urat.

Cara mengobati asam urat yang lebih lengkap bisa anda baca dengan mengklik link tersebut. Karena artikel mengenai obat alami asam urat yang saya tulis ini masih belum lengkap dan hanya bersifat saran (alternatif).

Jika anda mengalami gejala yang mencapai tahap sangat mengganggu aktivitas, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar