Monday, February 24, 2014

Eksplore Keindahan Indonesia Dengan Tulisan

Saya, sanur, pagi, pasir dan mentari

Indonesia memiliki alam yang begitu indah yang mungkin tanpa kita sadari, bahwa negara kita ini kaya akan keindahan lukisan nyata yang terhampar di tubuh pertiwi ini. Budaya yang menarik, unik, langka, dan indah menjadi salah satu primadona yang selalu dikagumi oleh negara lain. Bahkan, sempet di aku-aku sebagai budaya negara lain ya.. itu bukti dari indahnya negeri kita. tapi kitanya sering lebih mengagumi budaya barat yang emm... jauh dari kata luhur dan baik, hanya menurutku sih.. :D.

Ya... kadang-kadang memang saya juga gak nyadarin sih kalau Indonesia itu begitu menakjubkan dengan pesonanya. Tapi ketika saya berada di beberapa tempat menikmati alam, menikmati riuh-riuh yang tak pernah saya dengar dan menjelajah semua ini perut indonesia, eh enggak semua dink, hanya sebagian kecil :D. Saya merasakan keagungan Allah yang begitu sempurna dan kompleks menciptakan semua keindahan tersebut. Saya belajar dari alam, dari lingkungan, dari air, dan dari apa yang membuat saya termotivasi untuk terus lebih baik.

Mereka ada bukan suatu kebetulan melainkan  Allah sudah menciptakan dengan adanya maksud dan tujuan yang baik. Sayangnya, kita yang kurang memahami semuanya dengan baik pula, kita yang tak peka dan hanya kita yang tahu apa maksud dari setiap penciptaan keindahan yang Allah berikan.

Namun, ketika kita mulau keluar dan menjelajah sebagian dari perut bumi Indonesia, kita akan tau banyak hal yang awalnya kita tidak ketahui. Itu sebabnya, Keluar dari kandang yang pengap dan melihat keluar akan membuat iman, syukur kita akan bertambah. Dan menyadari betapa kecilnya kita ditengah besarnya dunia ini. Sayangnya lagi, kita masih berani menyombongkan diri dengan tanpa bebannya.

Pesona Indonesia adalah bukti kecintaan Yang Maha Esa kepada makhluknya. Dan kesadaran akan itu semua, seharusnya bisa membuat kita semakin tahu, bahwa kita hanyalah mahluk kecil yang selalu diawasi, diamanapun itu, disudut, tempat, ruang, dunia bagian manapun. Dan sebagai seorang Blogger yang setengah egois seperti saya, saya hanya mampu mengeksplore Keindahan Indonesia dengan tulisan yang mungkin sedikit acak badut ehehe.

Jangan menoleh ke kanan dan kirimu ketika bumi sedang menangis..
Jangan salahkan alammu ketika ia mulai berontak..
Dengan caranya..
Dengan apa yang dia mampu..
Walau memporak-porandakan bagian hidupmu..
Sungguh jangan salahkan ia ketika marah...

Tapi lihat dalam dirimu..
Pernahkah kamu sadar bahwa kamu telah menyatiki pertiwi..
Dengan cara yang tak pernah kamu sadari...
Dengan keegoisan yang kamu lakukan tanpa beban..
Dan dengan kebiasaan buruk yang selalu kamu lakukan..
Bumi hanya ingin kamu tahu...
Bahwa dia, juga berhak mendapat kasih sayang..

4 comments:

  1. Nusantara memang indah....Ibarat sepetak tanah yang terjatuh dari surga

    ReplyDelete
  2. hmmm... tampilan keindahn yang dijadikan cermin kehidupan bahwa disisi lain masih banyak hal yang tidak indah menunggu sentuhan manusia untu di indahkan, tapi ya namanya manusia,lihat yang indah malah dirusak. Manusia.

    ReplyDelete
  3. sepotong kalimat dibawah ini yang paling menarik menarik yaa :)

    Jangan menoleh ke kanan dan kirimu ketika bumi sedang menangis..
    Jangan salahkan alammu ketika ia mulai berontak..
    Dengan caranya..
    Dengan apa yang dia mampu..
    Walau memporak-porandakan bagian hidupmu..
    Sungguh jangan salahkan ia ketika marah...

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang budaya-budaya Indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

    ReplyDelete