Wednesday, October 15, 2014

Tumbuh Kembang Anak Usia 0 Bulan/ baru lahir

Kinza's Thinking Style (5 month)
Menjadi seorang Ibu adalah hal yang sangat luar biasa. Kehadiran mahluk kecil titipan Allah itu membuat seorang wanita belajar banyak, terutama memahami kebutuhan makhluk lain  -anak- dan juga melatih kesabaran dan ketelatenan. Memperhatikan dan terus melihat tumbuh kembang anak usia 0-6 bulan memberikan banyak sekali keajaiban yang tidak bisa ditebak. Bagaimana dia mulai melakukan hal-hal baru, mengeluarkan suara-suara baru dan dengan tingkahnya yang lucu adalah bagian dari tugas saya sebagai ibu. Sebenarnya bukan hanya memperhatikan sih, tapi lebih kepada melihat bagaimana dia berkembang normal sesuai umurnya.

Dari 0 bulan, Kinza yang sempat dirawat di rumah sakit selama 8 hari karena BBLR ( Bayi Berat Lahir Rendah ) dan Prematur sebenarnya membuat saya galau. Entah apa yang saya pikirkan saat itu, kebersamaan yang sebentar membuat saya mungkin bisa tidak terlalu ingat dengan anak saya, *sadis ya... :D*. Kegalauan saya bertambah karena memang mungkin saya adalah seorang Ibu baru jadi belum sepenuhnya mempunyai naluri yang mereka sebut dengan naluri Ibu. Memandangi tubuhnya yang mungil dan sangat kecil di bulan pertama membuat saya senang sekaligus takut, dan parahnya, saya tidak tau apa alasan yang saya takutkan.


Dan setelah saya amati, hal-hal berikut secara garis besar perkembangan Kinza dari 0 sampai 3 bulan.

Pertumbuhan Bayi Bulan Pertama atau Pertumbuhan Bayi 0 Bulan
  • Bulu-bulu mata yang belum tumbuh
  • Gerak-gerik yang belum terlalu lincah
  • Penglihatan yang belum jelas
  • Buang air besar bisa sampai 6-8 kali sehari
  • Beberapa bayi mungkin akan terlihat kuning di tubuhnya, meliputi wajah termasuk mata dan rongga mulut, lalu ke dada, perut, lengan, telapak tangan, kaki, hingga telapak kaki dan dalam mulutnya dalam bulan pertama, termasuk Kinza, karena kelebihan bilirubin dalam takaran yang normal -saat itu bilirubin Kinza 13,5 mg/dl - namun ibu tidak perlu khawatir jika bayi terlihat  kuning, seiring waktu dengan aktifitas berjemur di pagi hari sebelum jam 9 selama 10-15 menit dan menetek sebanyak mungkin akan membantu menghilangkan kuningnya.
  • Masih suka nangis tengah malem karena bayi harus menetek setiap 2-3 jam sekali. Tapi jangan kaget kalau bayi kita akan memberi hadiah berupa berat badan naik lebih dari 1 kg di bulan pertama, ya.. Itu hadiah buat ibu yang suka begadang hehe..
Dan mungkin untuk sementara itu yang saya ingat, nanti untuk bulan berikutnya saya akan tuliskan tumbuh kembang anak. Saya mau masak dulu.. mumpung Kinza masih tidur dan mumpung Abi Kinza sudah bilang kelaparan haha... Mungkin Ibu bisa menambahkan di kolom komentar apa saja pertumbuhan anak ibu di bulan pertamanya, karena setiap anak berbeda kan pertumbuhannya :)


3 comments:

  1. Merawat anak usia seginì pasti butuh banyak energi ya :)

    ReplyDelete
  2. Bayi baru lahir memang harus sering dijemur tapi jgn lama2 nanti jadi krupuk, hehehe.
    Jangan pernah ngasih baru sebelum 6bln makanan padat. Aku sering banget disuruh nyuapin anakku pisang sama mertua, katanya biar anaknya kenyang. Ini mitos anak umur segitu cukup minum ASI.

    ReplyDelete