Friday, August 7, 2015

Panduan Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal

Jual beli rumah saat ini sudah cukup marak dilakukan, tidak hanya secara offline melainkan juga dengan cara online. Beli rumah secara online mendatangkan banyak keuntungan mulai dari, kemudahan dalam memilih lokasi yang diinginkan, bisa membanding bandingkan harga, dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi terutama apabila anda sudah berkeluarga. Rumah bisa mencerminkan kepribadian anda sebagai pemiliknya. Namun dewasa ini, rumah memiliki fungsi yang semakin kompleks tidak hanya sebagai tempat tinggal namun juga sering difungsikan sebagai tempat bisnis dan lain lain.

Bagi anda yang berencana memiliki rumah dalam waktu dekat dan sedang mencari type rumah yang tepat dan sesuai dengan budget anda, ada banyak hal yang harus anda perhatikan, antara lain:

Lokasi rumah
Bagian terpenting dari membeli rumah adalah melihat lokasi dimana rumah itu berdiri. Hal tersebut sangat penting terutama karena beberapa alasan berikut ini seperti,

  1. Dekat dengan tempat anda bekerja.
  2. Berlokasi di tempat yang tenang.
  3. Mudah diakses.
  4. Dekat dengan pelayanan umum dan fasilitas umum.
  5. Terdapat sarana dan prasarana yang memadai.
  6. Tidak rawan banjir.
  7. Cocok untuk tempat bisnis atau tidak, jika anda ingin menjadikan rumah anda sebagai tempat tinggal sekaligus tempat bisnis.

Desain rumah

Sebelum kita melihat harga rumah yang akan dijual, sangat penting untuk melihat desain rumah tersebut. Perhatikanlah ukuran, mulai dari lebar dan panjang rumah kemudian tinggi rumah serta layout arsitekturnya. Beberapa orang mungkin membutuhkan rumah yang tidak terlalu besar dengan kamar yang banyak dan mungkin sebagian dari anda bahkan membutuhkan sebuah rumah yang besar namun dengan jumlah kamar yang sedikit. Jadi, sebelum membeli pastikan anda mempertimbangkan desain rumah terlebih dahulu.

Harga dan sistem pembayaran

Setelah anda menemukan sebuah rumah dengan lokasi yang strategis serta sesuai dengan keinginan, selanjutnya yang harus anda pertimbangkan adalah harga dari rumah.

Harga rumah sebagian besar memang tergantung dari lokasi, luasnya rumah dan desain rumah itu sendiri.  Saat anda membeli rumah, dan melihat harga jualnya, pastikan anda juga menghitung keuntungan yang akan anda dapatkan apabila rumah tersebut anda jual nantinya. Dengan demikian, anda pun tidak akan rugi.

Kemudian jangan lupa untuk memperhatikan secara detail sistem pembayaran yang digunakan untuk membeli rumah tersebut. Jika anda memutuskan untuk membeli secara kredit, perhatikan berapa lama jangka waktu serta berapa besarnya cicilan yang harus anda bayar, lalu sesuaikan dengan gaji bulanan anda.

Lakukan perbandingan

Jika Anda berniat beli rumah tersebut secara online, hal tersebut akan memudahkan kita untuk membandingkan antara rumah yang satu dengan rumah yang lain mulai dari lokasinya, ukuran rumah, desain rumah dan kualitas bangunannya.

Periksa secara mendetail

Setelah anda menentukan sebuah rumah idaman yang ingin anda beli, tahap terakhir dari panduan membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari adalah memeriksa secara detail rumah tersebut mulai dari,

  1. Kelengkapan surat suratnya (sertifikat).
  2. Bahan bangunan yang digunakan.
  3. Listrik, air dan lingkungan.
  4. Rangka rumah, lantai, pondasi dan atap.
  5. Desain rumah dan jalur pembuangan air.
  6. Untuk surat surat seperti sertifikat, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu di badan pertanahan setempat untuk memastikan bahwa sertifikat tersebut tidak bermasalah.
  7. Lokasi bebas banjir.
  8. Lingkungan aman dan nyaman.
  9. Jauh dari pabrik atau sumber limbah.

2 comments:

  1. Wah, cocok iki nuell :)

    (Tp gk kuat DP-nya) :(

    ReplyDelete
  2. thanks infonya gan.
    rencana mau beli rumah nih kalau dah sukses.hehehe

    ReplyDelete