Wednesday, March 23, 2016

Mengenal Jenis Rambut Bayi dan Perawatannya

Rambut Bayi - Merawat bayi merupakan satu kegiatan yang dilakukan oleh setiap orangtua dengan tujuan tidak lain ialah menjaga kesehatan serta kebersihan sang buah hati. Kegiatan merawat bayi tak dapat disamakan antara bayi yang satu dengan bayi yang lain. Mengapa demikian ? Pasalnya, setiap bayi mempunyai pola kebiasaan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah dalam hal merawat kulit bayi. Bayi ada yang memiliki kulit normal dan ada pula yang memiliki kulit sensitif. Nah, kulit bayi yang sensitif tentu perawatannya berbeda dengan kulit bayi yang tidak sensitif, dimana tentu akan lebih berhati-hati dalam merawat kulit bayi yang sensitif. Kemudian juga pada rambut bayi, jenis rambut yang dimiliki bayi itu berbeda beda, ada yang tipis, lebat, juga ada yang ikal. Jenis rambut bayi yang berbeda ini pun merawatnya juga berbeda. Berikut ini cara merawat rambut bayi berdasarkan jenis rambutnya.

1. Untuk Bayi yang Tidak Mempunyai Rambut

Untuk bayi yang botak, alias tidak memiliki rambut harus tetap dilakukan perawatan. Cara merawatnya ialah dengan mencuci kepala bayi menggunakan shampoo 2 kali dalam satu minggu. Tujuannya supaya kepala bayi tidak mudah kering. Gunakan shampoo yang tidak pedih di mata, seperti Zwitsal Baby Shampoo.

2. Untuk Rambut Tipis dan Lurus

Cara merawat rambut bayi yang tipis dan lurus dapat dilakukan dengan menyisirnya secara rutin agar tidak kusut, dimana rambut yang tipis memang rentan kusut. Untuk rambut bayi perempuan yang terkesan sudah panjang sehingga menutup mata ataupun telinga, sebaiknya jepit ataupun ikat dengan cantik setelah disisir. Sementara untuk rambut bayi laki-laki yang sudah panjang, alangkah baiknya untuk dipotong agar merawatnya pun lebih mudah.

3. Untuk Rambut Tebal dan Lurus

Rambut bayi yang bertipe tebal dan lurus biasanya tumbuh lebih cepat. Oleh sebab itu, jika memang terlalu panjang, lebih baik untuk dipotong supaya aktivitas sang bayi tidak terganggu karena rambut. Jangan lupakan pula untuk mencuci rambut bayi dengan keramas menggunakan shampoo paling tidak 2 hari sekali, tidak perlu terlalu sering ataupun juga terlalu jarang.

4. Untuk Rambut Kering yang Tebal dan Ikal

Bayi juga ada yang memiliki jenis rambut yang kering, tebal dan juga ikal. Untuk merawat rambut bayi yang berjenis seperti ini, bisa gunakan kondisioner seusai keramas. Atau, saat keramas bisa memakai Zwitsal Anti-klit Shampoo yang didalamnya sudah mengandung kondisioner. Sebelum membilas rambut ketika keramas, alangkah baiknya sisir terlebih dahulu agar menghindari kusut. Karena rambut bayi yang kering, tebal dan ikal cukup mudah untuk kusut.

1 comment:

  1. Kebetulan anakku rambutnya tipe tebal dan lurus. Jadi sebulan sekali mesti potong tapi itu masalahnya.. Baru lihat gunting aja udah geger. Geger itu apa ya, hehe berisik gitu mbak

    ReplyDelete