Monday, August 8, 2016

Akhlak Baik Seorang Laki-Laki Itu Mencakup Apa Aja Sih?

Yuhu.. nerusin tulisan kemaren nih, berhubung ada sahabat blogger saya komentar mengenai akhlak laki-laki yang memang mencakup banyak hal. Jadi, saya pengen nulis, mencakup apa aja sih yang dimaksud menurut pengalaman seorang yang udah ngejalanin kehidupan rumah tangganya.
Enny Law - Sunday, 07 August, 2016: Banyak jomblo yg gak tahu Nul, haha Aku aja dulu muluk2 pgn calon suami yg ini itu. Tapi sebenernya kalau udah nikah yg dibutuhin suami yang akhlaknya baik. Karena akhlak baik itu mencakup segala hal.
Jadiiii buat kamu yang masih jomblo permanen, gak usah rempong pengen cari pasangan dulu ya.. Ini khusus jomblo cewek aja lah.. yang laki minggir dulu :D. Mengenai cinta yang memang bukan hanya tentang pencarian aja, cinta lebih ke memahami seseorang yang bener-bener emang patut untuk kita pahami. Memang, kita sih gak sadar kalau memang tuntutan suami itu harus yang begini dan begitu, semuanya yang kita inginkan mesti yang sempurna. Kadang, kita juga mikir, gak papa deh gak bisa ngaji, yang penting cakep, wahhhh bahaya kalo udah mulai gak papa gini ya haha. Apalagi kalau ada yang gak papa soal keyakinan, "Ga papa deh beda agama, yang penting cinta" wah... jangan sampai ya.. Naudzubillah..

Terus, yang seperti apa sih akhlak yang baik seorang laki-laki itu yang dibutuhin dalam rumah tangga? Ada kok, cuma teliti aja.

Teliti, Mencari Nafkah


Ya sih, agak berat topiknya kalo masalah nafkah ini haha. Laki-laki yang teliti dalam nafkah untuk keluarganya adalah laki-laki yang baik. Laki-laki yang gak sembarangan mengisi perut anak istrinya dengan bahan makanan yang sudha jelas asalnya. Dia selalu meneliti dari mana harta itu didapat, sudah bener apa belum caranya. Proses yang ia jalani benar-benar dipilih dengan baik. Meski tidak ada yang sempurna didunia ini, tapi laki-laki yang seperti ini patut dikejar dengan cara memperbaiki diri sendiri sebelum menikah.

Menjauhkan diri area "abu-abu" soal halal haram, dan area yang samar-samar tentang masalah riba, masalah ini saya gak bahas ya.. saya sama sekali gak punya keberanian dengan ilmu yang . Wanita yang belum ngerti seperti saya ini memang butuh sekali bimbingan dari orang-orang yang seperti ini. Entah apa yang saya lakukan dulu, saya hampir lupa. Kesenangan saya mencari ilmu baru, mungkin itu yang membuatnya jatuh cinta, padahal dulu saya tak pernah terlihat sedikitpun dimatanya #Eh.. kok curcol hahahaa..

Teliti, Membimbimbing


Barang-barang yang dimiliki laki-laki saat ini, yang mungkin barang-barang tersebutlah yang menarik perhatianmu sebelum mulai meletakkan cinta untuknya didalam hatimu. Suatu saat, ketika kamu telah menikah, barang-barang tersebut gak ada artinya dibandingkan perlakuan baiknya kepadamu. Percaya deh, gak nyaman banget hidup serunah dengan orang yang gak ngerti caranya memperlakukan wanita dengan baik. Bersyukurrr banget, buat kita yang punya suami-suami bisa membimbing kita dengan kasih sayang, kedalam hal-hal yang lebih baik.

Teliti, Dalam bersikap


seberanya bukan teliti sih, tapi biar seragam aja hahaha.. Seperti yang saya sebutin diatas, sikap suami dalam menghadapi istri adalah hal yang harus dipilih dengan tanpa main-main. Percuma saja kalau wajah oke, mobil oke tapi perlakuan kepada istrinya buruk banget. Akan percuma beneran, duit banyak tapi gak pernah bersikap lemah lembut kepada istrinya, belum lagi kalau suaminya pemarah, ngerii!! Makanya, disini, akhlak yang baik adalah pilihan utama yang harus ia miliki ketika kamu cari pasangan.

Cara Mencari Jodoh yang tepat?


Gampangggg banget, gak usah cari gimana tipe lelaki yang kamu sukai, cukup dengan memperbaiki diri.

Kalau pengen punya suami rajin ngaji, yaaa ayokk.. Al-Qur'annya di buka terus, dipelajari, ngaji kita.

Kalau pengen punya suami yang seneng sedekah,  ayooo kita juga membiasakan diri untuk belajar sedekah.

Kalau pengen suami yang ngerti fiqih sementara kitanya udah bukan anak pondokan, sekolah cuma sampe smp aja mungkin, kayak saya wkwkw.. Ya ayooo... kita rajin-rajin aja update ilmu kita. Enggak malas untuk belajar dan memang intinya harus belajar, gak usah minder dulu, Allah kok yang ngasih kita jodoh. Belajar jujur juga penting, termasuk jujur kepada diri sendiri. Jangan hiraukan orang-orang yang bilang begini dan begitu, kalau langkah kita adalah menuju kebaikan, udah gak perlu banget tu di dengerin pokoknya :D.

Dan memang kalau pertanyaanya, sebatas apa sih akhlak baik seorang pria itu? sebenarnya tidak ada batasnya jawabannya ;).


1 comment:

  1. sebatas baiknya akhlak si wanita juga
    ye kan?
    haha

    ReplyDelete