Saturday, July 29, 2017

Blog Banyak, Gimana Cara Ngurusnya?

Blog Banyak, Gimana  Cara Ngurusnya? 

Banyak banget temen blogger yang menanyakan pertanyaan ini, dan yaa.. pertanyaan ini sering banget saya dapetin selama ngeblog saat saya cerita blog saya lebih dari 15 dan itu semuanya adalah TLD (top level domain) dengan akhiran dot com. Sebenarnya punya blog banyak itu bukan cuma buat gaya-gayaan atau iseng aja sih. Pasalnya, kalau waktunya perpanjang juga lumayan juga, nyaris 2 juta bahkan lebih buat itu. Apalagi kalau saya pake sewa hosting, bisa lebih mahal lagi, padahal blognya sendiri aja belum ada isinya, eh udah minta perpanjang aja, itu yang bikin galau haaahaaa.



Blog yang lebih dari 15 itu, ternyataa.. kadang saya juga enggak bisa handle semuanya ditengah kesibukan ngurus anak, rumah, dan nglayanin suami yang meskipun santai banget. Tetap saja pekerjaan rumah jadi harapan  nomer satu setelah ammm.. garap job :D. Maklumlah.. kalau gak ikut sama mertua atau orang tua kan begini jadinya, masak suka-suka, beres-beres seenaknya dan apapun itu. Apalagi didukung suami yang ngerti, jadinya ya be your self  gitulah istilah kerennya.


Selain itu, kondisi sekarang yang sedang hamil juga, saya sering ngerasa cepet lelah. SI baby suka disko didalam perut Ummi-nya.

Diusahakan Update semua


Kembali ke blog ya, saya memang mengusahakan blog saya bisa update semuanya. Namun nyatanya ada juga blog yang terakhir update itu 3-4 bulan yang lalu. Padahal sebenarnya bisa saja sih saya nulis sambil tiduran pakai Handphone gitu, tapi kadang ide yang bikin macet buat nulis. Blog ini saja yang memang suka saya update karena ya emang Jombloku.com blog pertama saya, jadinya saya sayang gitu deh sama dia pake banget :D. Dan sebenernya.. saya itu iri sama temen saya yang blognya keurus semua meskipun gak sebanyak saya, tapi DA blognya diatas 20 semuanya. Sedangkan saya, udah lama punya blognya, DA-nya ya segitu-gitu aja karena gak pernah update.

Tapi kali ini.. InsyaAllah akan mulai saya update semua blog saya karena DA mereka udah mulai merangkak naik-naik cantik gitu deh.. dan Ya... blog ini tetep juara satunya haahaa.. DA kembali naik seperti sebelum saya mengenal bagaimana cara merawat DA dengan baik. Dulu DA blog Jombloku 33, tapi eh tiba-tiba turun drastis ke 17 #mewekz..

Ingat dapet Job banyak


Kalau lagi males nulis di blog, saya coba inget-inget kalau blog tersebut dapet job banyak dengan harga yang relatif. Tujuan saya ternak blog memang untuk nyari uang banyak sih dari blog. Saya juga sering protes sama suami yang blognya Jooizzy.com jarang banget diupdate. Ya.. soalnya si Mas banyak kerja sih, kalau saya kan banyak nganggur :D. Paling gak, kalau inget dapet job banyak saya rajin dan inget kalau belum nulis di blog ini dan itu.

Penulis Content, Masak blognya dianggurin


Sebenarnya, saya harusnya nih ya.. nulis aja buat blog sendiri, artikel yang bisa ditulis oleh partner saya sehari itu bisa sampai 10 artikel yang rata-rata 400+ jumlah katanya. Apalagi kalau topiknya mudah dan sudah sering dibaca, bisa lebih juga. Tapi kadang saya memang matre, pengen duitnya rada instan dikit gitulah, jadinya yaaa... nuisin orang dulu, alias nerima job haha. Padahal, blog bisnis artikel saya juga jarang diupdate. Tiap mau nulis batal melulu sih, capek di perpanjang domain haha, eh nggak juga dink, banyak pelanggan JBA yang baru juga dari website, Alhamdulillah..

Pakai Artikel yang gak kepakai


Kadang, si Mas ini nulis artikel banyaknyaaa.. sampai lebih-lebih dari job yang saya pesen. Dan artikel-artikel itu saya pakai sendiri di blog-blog saya karena artikelnya menurut saya memang bagus dan lagi gak duplikat content pastinya yaa.. Soalnya saya tahu cara nulisnya kayak gimana ehehe..


Isi pakai Curhatan aja, Kalau nyambung


Di beberapa blog saya sengaja saya kasih tema yang sama yaitu lifestyle biar gampang updatenya dan biar gampang curhatnya #eh. Tapi seperti blog techno dan wisata, kebanyakan memang nganggur, soalnya saya ngarepin si Ayang yang nulis buat apdet, tapi ayangnya sibuk sama ngerjain jobnya huhuhu. Padahal blog wisata aja ada 3, blog techno ada 1, blog Tips trik ada 2, blog lifestyle ada emmm 4 apa 5 ya, blog kehamilan ada 2, blom blog anak dan blog suami, Lhoh kok malah jadi ngitung jumlah blog sih #songgong!

Jadi blog yang gak ada sambungannya sama curhatan ya banyak nganggurnya juga, sedih sebenarnya. Itu juga karena laptop Ruby Red saya sedang kurang enak dipakai sudah. Sementara saya belum punya laptop pengganti. Nulis blog aja pakai smartphone dan seringnya make laptopnya suami. Semoga abis ini bisa nabung buat beli senjata baru yaa.. Setelah dedek lahir dan urusan dedek beres semua pokoknya. Gak sabar juga pengen nimang adeknya Kinza, lucu kayaknya. Btw.. cewek apa cowok ya.. hihi.

Yang Utama Hobi dan Cinta


Nah ini, ngeblog itu juga soal urusan hati, kalau cinta sama blog, hobi ngeblog, maunya itu nambahhh terus blognya. Nambah lagi dan lagi, kayak mau nambah anak gitu deh haha.. Intinya, kalau sudah hobi, mau ditinggalin itu susah, beda sama terpaksa ngeblog dan tujuannya bukan buat seneng-seneng dulu, tapi udah duit yang nyumpel di otaknya duluan, bisa kecewa berat komandan. Itu aja sih :D.

Jadi, blogmu udah berapa nih?

3 comments:

  1. Blog saya baru 1 mbak, dan yang paling disayang hehe

    ReplyDelete
  2. Saya baru punya 2 blog dan 1 subdomain, itu juga berat banget mba ngurusnya, haha... update artikelnya 2 hari sekali, malah blog saya yang satunya lagi update 2x dalam sebulan.. kalau emang cinta sama blog pasti sempetin diri buat nulis..

    ReplyDelete
  3. yaaa ampuuun mba...blog ampe 15 dan blog ini aja bisa tiap hari nulisnya. perasaan aku nulis 1 artikel aja butuh waktu ampe 2-3 hari hehehe. harus berguru padamu nih mba

    ReplyDelete