Daftar Sayuran yang Merupakan Makanan Mengandung Asam Folat Tinggi

Posting Komentar
Asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang mempunyai sifat larut dalam air. Zat ini adalah bentuk sintesis dari vitamin B9. Kandungan asam folat dapat diperolah dari jenis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan daging. Selain itu, ada juga asam folat sintesis yang ditemui pada jenis makanan, seperti roti dan sereal.



Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat akan mencegah penyakit. Sehingga asam folat sangat perlu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah masalah selama kehamilan dan memmbantu proses perkembangan janis. Fungsi asam folat untuk ibu hamil sangat penting untuk mencegah cacat tabung otak pada bayi. Salah satu makanan mengandung asam folat tinggi adalah jenis sayur-sayuran. Berikut adalah makanan awal kehamilan yang mengandung asam folat tinggi:


Bayam


Bayam merupakan sayuran yang rendah kalori yaitu sekitar 23 kalori per 1 ons. Selain itu, daun bayam mengandung serat yang tinggi. Sehingga bayam banyak digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol dan bisa digunakan sebagai menu diet. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin B kompleks, riboflavin, thiamin, pyridoxine, dan asam folat. Kandungan asam folat pada daun bayam sangat penting untuk mencegah cacat syarat otak dan tulang belakang. Bayam juga merupakan makanan yang bisa mencegah kelainan jantung.

Bit merah


Buah bit adalah sayur yang berbentuk seperti ubi dengan warna merah keunguan. Nutrisi yang terkandung dalam buah bit adalah zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan magnesium, asam folat, karbohidrat, protein, an zat anti oksidan. Asam folat pada buah bit berfungsi untuk membantu perkembangan janin, membentuk jaringan saraf, mencegah cacat pada tulang belakang, mendukung kekuatan tulang ibu hamil. Selain itu, buah bit sangat bagus untuk penderita diabetes karena rendah kalori.

Kubis


Kubis merupakan sayuran yang mengandung zat anthocyanin yang mampu mencegah sel kanker. Selain itu, kubis juga mengandung asam folat yang sangat tinggi. Asam folat yang terkandung dalam kubis berperan untuk mendukung DNA terutama pada ibu hamil. Kubis juga mengandung vitamin seperti riboflavin, thiamin, asam pantotenat, dan pyridoxine. Tidak hanya itu kubis juga banyak akan vitamin dan mineral. Kubis adalah makanan yang kaya serat dan makanan sehat untuk paru paru perokok.

Brokoli


Brokoli mempunyai kandungan asam folat, kalsium, dan vitamin C yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan asam folat yang terkandung dalam brokoli penting tubuh manusia terutama ibu hamil atau ibu yang sedang menjalankan program kehamilan. Brokoli merupakan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Asparagus


Asparagus merupakan sayuran batang yang mempunyai ujung seperti tombak di bagian bunga. Asparagus mempunyai kandungan mineral, vitamin K, vitamin E, vitamin C, asam folat, anti oksidan, beta karoten, seng, selenium, dan mangan. Asparagus berperan penting untuk kesehatan ibu hamil dan untuk melindungi janin dari kecacatan.

Seledri


Seledri merupakan sayuran yang mengandung sedikit kalori. Sayuran ini mengandung asam folat, riboflavin, dan vitamin C. Kandungan asam folat pada seledri sangat membantu ibu hamil dan penderita anemia. Seledri juga mampu menurunkan kadar lemak, membantu pengontrolan kolesterol serta melancarkan proses metabolisme. Seledri merupakan sayuran rendah kolesterol yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Selada


Selada bisa dikonsumsi langsung atau sebagai bahan salad. Nutrisi yang terkandung dalam selada adalah vitamin A, vitamin K, serat, fito nutrisi, molybdenum, dan asam folat. Selain itu, selada juga mengandung sumber mineral seperti kalium, tembaga, zat besi, dan mangan. Asam folat pada selada juga berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung, melindungi saraf dan tulang belakang bayi, dan mencukupi nutrisi ibu hamil. Selada juga mengandung zat homosistein yang mampu mengendalikan sistem pembuluh darah.

Demikian adalah sayuran yang merupakan makanan mengandung asam folat tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil. Sayur lain yang mengandung asam folat adalah jagung dan kale. Informasi mengenai jenis makanan yang mengandung asam folat bisa anda akses di situs https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-ini-manfaat-yang-kamu-dapat-jika-rajin-mengonsumsi-asam-folat-19138.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar