Tips Agar Tetap Menyenangkan Saat Membaca Berita Politik

Berita politik akhir-akhir ini akan semakin banyak kita temukan di media-media online. Semakin dekat dengan pesta demokrasi, akan semakin banyak pemberitaan tentang calon presiden serta caleg calegnya.Saya sendiri adalah orang yang sering membuka situs-situs berita terkenal. Awalnya saya kurang menyukai berita, tapi kegemaran suami yang sering saya lihat membuka situs berita, saya otomatis ikut.

Berita politik


Dan dalam artikel ini, awalnya dari kegemaran saya membaca berita untuk update informasi sehari-hari. Jika dahulu saya adalah orang yang paling malas dan anti membaca berita berbeda dengan sekarang, ya.. ada kemajuanlah sedikit hehe. Oh ya.. saya membaca berita ini bukan tanpa sebab lo..  Sebenarnya ada banyak alasan sih pertama karena memang keseharian saya yang selalu dengan gadget. Kemudian dengan membaca berita-berita yang ada di media online juga bisa menambah kosakata saya menulis artikel.

Beberapa pedoman yang saya pakai saat membaca berita termasuk berita politik adalah:

Tidak Mudah Terpancing Memberikan Komentar Buruk


Pro kontra dalam setiap pemberitaan terutama berita politik sering menjadikan kita orang awam akan menyimpulkan sendiri apa yang terjadi. Hal ini terlihat dari komentar-komentar yang sering saya baca di beberapa media online salah satunya adalah Opini.id.  Saya menemukan banyak sekali macam-macam orang yang menanggapi sebuah berita dengan pemikiran mereka sendiri. Tak jarang juga banyak yang menyamakan, menghakimi, bahkan memberikan komentar pedas yang menurut saya kurang santun. Padahal kita tidak tahu kebenaran berita tersebut seperti apa. Oleh karena itu jika kita membaca berita apapun termasuk berita politik jangan terpengaruh dan memancing emosi untuk berkomentar yang tidak baik.  Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kita bisa dikenakan undang-undang ITE jika perkataan kita di internet menyinggung orang lain. Mereka bisa membawa kita ke ranah hukum. Jadi, tidak mudah terpancing untuk memberikan komentar buruk harus kita pakai.

Menggunakan Akal Sehat


Ya sama seperti berbicara dengan orang lain, kita seharusnya saat membaca berita politik atau sebaiknya kita tidak memihak kepada salah satu capres misalnya hingga kita menutup mata dengan semua kebaikan yang mereka miliki. Alih-alih ingin membela idola kita atau orang kagumi namun ternyata kita bisa saja menyebarkan berita hoax atau yang belum tentu kebenarannya. Jadi, membaca berita politik itu kudu rasional ya..

Memilih Portal Berita yang Terpercaya


Portal berita terpercaya seperti Opini.id  bisa menjadi pilihan berita online termasuk berita politik. Di sana kamu bisa mendapatakan update berita politik terbaru yang bisa kamu ikuti. Semakin dekat dengan pemilihan pesta demokrasi dalam memilih Presiden Republik Indonesia akan semakin banyak pula haters atau media media yang pro kontra dengan salah satu capres membuat kita ingin marah atau sebaliknya, ingin mendukung. Sebenarnya tidak ada yang saah dengan membaca berita termasuk berita politik. Dengan begitu kita tahu sekilas keadaan negara kita seperti apa. Meskipun tidak seperti para ahli, setidaknya kita memiliki sedikit pengetahuan. Apalagi saat musim pesta demokrasi seperti sekarang, berita-berita politik akan membuat kita menjadi pemilih yang cerdas.

Pengalaman saya ini tentu saja tidak mewakili semua orang ya.. Ini hanya opini pribadi yang tidak bisa dijadikan acuan dalam membaca berita. Jadi, meskipun masih mengikuti berita-berita tersebiut, kita nggak spaneng setelahnya. Kalau kamu, pas baca berita politik, sikap apa yang kamu gunakan setelahnya? Share yuk..

No comments