Mengulik Kemampuan dan Spesifikasi Oppo A9 2020 yang Dilengkapi 4 Kamera

Beberapa tahun belakangan ini semakin jamak kita temukan smartphone yang dibekali dengan dua kamera atau lebih (multiple camera). Salah satu contohnya adalah Oppo A9 2020 yang dibekali 4 kamera (quad camera) di bagian belakang dan sebuah kamera selfie resolusi tinggi di bagian depan. Jadi, total kamera yang tersemat pada hp ini mencapai 5 buah.

Spesifikasi Oppo A9 2020 sebenarnya tidak hanya menarik dari sisi kamera saja, tapi juga karena spesifikasi hardware-nya boleh dibilang cukup mumpuni disamping bandrol harganya yang tergolong ramah kantong.



Kelebihan Multiple Kamera pada Handphone Modern


Berbicara soal multiple camera, banyak diantara kamu yang pasti bertanya-tanya, “apa sih sebenarnya manfaat atau kelebihan hp dengan dua kamera atau lebih?”
Untuk menjawab pertanyaan ini, saya telah menyiapkan beberapa jawaban yang semoga bisa membantu kamu memahami alasan mengapa hp modern banyak yang dibekali dua, tiga, atau empat kamera sekaligus.

Alasan pertama. Dua kamera jelas lebih baik daripada satu kamera. Beberapa kamera di bagian belakang smartphone biasanya dibekali lensa dengan karakter yang berbeda-beda. Keberadaan modul dan lensa kamera yang berbeda tersebut bisa dikombinasikan untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Kehadiran dua kamera atau lebih membuat sebuah smartphone bisa mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas, bisa menghasilkan gambar dengan background blur, foto hitam putih, hingga foto yang lebih jelas ketika diambil di suasana yang gelap sekalipun.

Disamping itu, kehadiran dua kamera atau lebih juga membantu dalam menghasilkan zooming yang lebih baik. Tidak mengherankan, sebab sebagian besar smartphone modern didesain sangat tipis sehingga sangat sulit untuk menerapkan Zoom optik pada kamera smartphone.

Dua modul kamera atau lebih juga bisa menghasilkan foto dengan tingkat detail dan dan warna yang lebih tajam dengan cara bekerja sama. Sehingga, jangan heran Apabila sebuah smartphone kadang dibekali dengan kamera monokrom (hitam putih). Tidak hanya sekedar digunakan untuk menghasilkan foto hitam putih, modul kamera monokrom tersebut juga bisa digunakan untuk menghadirkan informasi warna yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan mempertajam detail hasil foto.

Melihat berbagai kelebihan tersebut, tidak mengherankan apabila smartphone modern rata-rata membawa dua camera atau lebih.

Review Oppo A9 2020 dengan Quad Camera


Kalau kamu adalah seorang penyuka fotografi yang kerap mengambil gambar maupun video untuk dipajang di sosial media maupun untuk disimpan sebagai arsip, membeli sebuah hp yang yang dibekali dengan multiple kamera adalah sebuah keharusan.
Menemukan sebuah smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau tapi membawa 4 buah kamera di bagian belakang memang tidak mudah. Terlebih, jika smartphone tersebut menyasar pasar kelas menengah (mid-range).

Tapi jangan kuatir, karena saat ini sudah ada hp Oppo terbaru yaitu, seri A9 2020 yang resmi dirilis pada bulan September 2019 lalu. Hp Android terbaru kelas menengah ini dibekali dengan 4 buah kamera di bagian belakang, yang terdiri atas:

1.Kamera utama 48 megapixels f/1.8
2.Kamera Ultra wide 8 megapixels f/2.3 untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas *
3.Kamera 2 megapixels f/2.4 untuk menghasilkan bokeh (depth sensor), dan *
4.Kamera monokrom 2 megapixels f/2.4 untuk meningkatkan detail dan ketajaman gambar *
Untuk kamera selfie di bagian depan, tersedia kamera 16MP f/2.0, yang menurut saya sudah lebih dari cukup dalam menghasilkan foto selfie yang bening dan berkualitas tinggi.
Spesifikasi Hardware Oppo A9 2020
Jika hp ini sudah membawa kamera yang sedemikian bagusnya, maka akan semakin sempurna rasanya apabila di bagian dalam juga terdapat hardware yang mumpuni, bukan?

Spesifikasi Oppo A9 2020 sekalipun bukan yang terbaik, namun sudah cukup memadai jika dilihat dari harganya.  Di bagian chipset, smartphone ini dibekali dengan Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 pabrikan 11 nm yang terkenal hemat daya. Chipset ini didukung prosesor (CPU) 8 inti yang terdiri atas 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold dan 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver.

Untuk memaksimalkan kinerja chipset dan CPU, Oppo tak lupa membekali A9 2020 ini dengan RAM 4GB atau 8GB yang masing-masing dipasangkan dengan memori internal 128GB.
Khusus untuk pasar Indonesia, saat ini sudah tersedia Oppo A9 2020 RAM 8GB yang dijual dengan harga sekitar 3,9 jutaan atau jika dibulatkan menjadi Rp4.000.000.

Sekalipun hardware yang dibawanya tidak begitu istimewa, namun kehadiran fitur game booster membuat hp ini dapat diandalkan saat bermain game. Banyak game-game besar dan berat yang bisa dibuka dan dijalankan dengan lancar berkat kehadiran fitur game booster tersebut.

Bermain game di hp ini tidak hanya menyenangkan karena terasa cukup lancar, tapi juga terasa semakin mengasyikkan berkat dimensi layarnya yang luas (6.5 inch) dan didukung resolusi HD+.
Ditambah lagi dengan baterai non-removable Li-po berukuran 5000 mAh, menjadikan hp ini terasa sangat layak untuk dimiliki. Berbekal kapasitas baterai yang besar, tidak sulit bagi hp ini untuk bertahan hingga 7 jam saat digunakan bermain game. Dan, bisa bertahan hingga 11 jam untuk menonton video atau streaming YouTube.

Kelebihan Oppo F9 2020 selanjutnya terletak pada fitur audio-nya yang telah dilengkapi dengan Dolby Atmos Sound. Fitur ini akan membuat para penikmat musik, film, maupun game akan merasakan kepuasan yang tak terkira. Pasalnya, audio/sound yang dihasilkan sangat mengagumkan serta mampu memanjakan telinga.

Kekurangan Hp Oppo A9 2020


Jika di bagian atas kita telah mengupas mengenai berbagai keunggulan atau kelebihan dari Oppo A9 (2020), berikut kita akan mencoba mengulas beberapa hal yang dianggap menjadi kelemahannya.

Resolusi Layar Masih HD


Sekalipun tidak begitu jelas terlihat perbedaannya, namun display sebuah smartphone dengan resolusi FHD (full HD) pasti akan terlihat jauh lebih tajam dan lebih baik dibandingkan dengan hp yang hanya dibekali resolusi HD.

Tidak Ada Quick Charger


Hp ini memang telah dibekali dengan charger tipe reverse yang akan memudahkan kita setiap kali ngecas. Tapi sayang, keunggulan tersebut tidak dibarengi dengan kehadiran quick charge yang dapat membantu menyingkat waktu pengisian baterai.

Chipset Masih Snapdragon 655


Performa chipset ini memang tidak begitu mengecewakan. Mengingat chipset ini memang didesain untuk meningkatkan kinerja fitur seluler, terutama di bagian kamera.
Sehingga hp dengan chipset Snapdragon 655 bisa mengusung kamera dengan resolusi hingga 48MP serta membawa 3 kamera atau lebih. Disamping itu, chipset ini juga bisa mengakomodasi berbagai model pemotretan. Mulai dari foto jarak dekat, foto lebar, hingga foto ultra lebar.

Tapi, jika melihat smartphone modern, terutama hp kelas menengah yang rata-rata telah dibekali dengan chip Snapdragon 7xx, tentu chipset ini (655) terasa cupu dan sudah tertinggal.
Namun, kelemahan ini tentu saja bisa tertutupi berkat harga Oppo A9 2020 yang relatif terjangkau, serta berkat kehadiran 4 kamera dan kamera selfie 16 MP yang diusungnya.

No comments