Awas! 4 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Rahim

Sebagai wanita, menjaga kesehatan bagian-bagian penting dalam tubuh wanita adalah misi penting yang harus selalu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan rahim. Dimana ia adalah salah satu organ vital bagi wanita yang wajib dijaga dengan baik. Jika kesehatan rahim terganggu seperti penebalan dinding rahim misalnya, maka kita sendiri yang akan repot serta merugi.

Penebalan dinding rahim bisa disebabkan oleh tingginya kadar estrogen yang tidak diimbangi oleh kadar progesteron yang mengakibatkan sel endrometrium terus tumbuh kemudian terjadilah penebalan. Nah.. setidaknya ada 4 kebiasaan yang mungkin saja tidak kita sadari bahwa hal tersebut bisa mengakibatkan rahim terganggu, diantaranya adalah:


1. Terlalu sering makan makanan instant

Makanan instant atau makanan cepat saji, bukah hanya tidak baik untuk kesehatan rahim kita tapi ia bisa mengakibatkan banyak masalah dalam kehidupan. Karena kemudahan dan kepraktisannyalah banyak wanita memilih makanan cepat saji sebagai kebiasaan bahkan sebagai gaya hidup mereka. Mungkin tanpa kita sadari, jika makanan cepat saji juga bisa mengakibatkan penebalan dinding rahim karena ia memiliki peran yang sangat banyak untuk mendukung kita menjadi obesitas. Jangan dikira obesitas tidak akan berpengaruh apapun dalam kesehatan ya... Jadi sebaiknya mulai sekarang kita kurangi makanan instant dan mulai beralih ke makanan yang alami seperti sayuran dan buah-buahan.

2.Jarang Ganti Pembalut 

Pembalut dan wanita adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tentu sebagai wanita yang sehat, kita pasti mengalami menstruasi setiap bulannya. banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengganti pembalut kita setiap 4-6 jam sekali. Kadang nih ya.. karena haidnya yang tidak banyak, kita jadi lupa mengganti pembalut. Padahal, tahukan anda bahwa kebiasaan ini bisa memicu infeksi pada area kewanitaan yang dapat menyebar ke arah rahim, sehingga menyebabkan endometriosis atau infeksi rahim. Untuk itu, pilihlah pembalut yang aman dan jagalah area kewanitaan kita agar tetap bersih.

3. Tidak suka makan sayur dan buah


Bukan rahasia lagi, bahwa buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh, termasuk rahim dari efek radikal bebas. Perlu anda ketahui, bahwa Radikal bebas berpotensi menyebabkan keguguran, karena memicu lemahnya kondisi rahim. Oleh karenanya, jika rahim dan tubuh kita ingin tetap sehat, konsumsilah banyak sayur dan buah-buahan. Jangan sampai kita bermalas-malasan makan buah dan sayur terlebih lagi tidak suka... Wah.. wanita kan butuh banyak nutrisi ya..

4.Ikut Program Diet Sembarangan 


Siapa sih yang gak pengen punya bentuk tubuh yang ideal, dan wanita adalah salah satu makhluk yang paling tergila-gila dengan bentuk tubuhnya. Dan diet adalah salah satu cara yang paling banyak dipilih. Namun, karena keinginannya yang ingin cepat langsing, banyak wanita yang mengikuti program diet sembarangan. Program diet ini membuatnya kekurangan zat dan hormon penting seperti progesteron, yodium, serta vitamin D. Padahal, jika progesteron kurang, dapat menyebabkan dinding rahim menebal bisa jadi salah satu sebab sulit untuk hamil. 

Nah.. itu tadi hanya beberapa hal yang bisa menganggu kesehatan rahim kita. Mulai sekarang, yuk kita biasakan hidup sehat dari mengkonsumsi banyak sayur dan buah, menjalani diet sehat serta menggunakan merk pembalut yang aman saat haid dan rutin menggantinya. Dengan begitu, setidaknya kita menjaga kesehatan rahim kita dengan baik. Semoga bermanfaat ya...

1 comment

  1. Umur sudah kepala 4, gaya hidip belum tentu sematang umurt, masih merasa kurang. Soal sayur dan buah tetap diutamakan, tetapi ganti pembalut selalu lupa bahwa harus sering, yah, mentang-mentang sedikit malah sipakai dari pagi sampai sore, mestinya ganti kala siang. Terima kasih sudah mengingatkan. Gaya hidup sehat sebenarnya mudah dan sederhana, hanya kita yang kerap lalai menerapkannya.
    Salam kenal, ya, Mbak. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, sempoga untuk selanjutnya bisa terus saling blogwalking. :)

    ReplyDelete