Tips Wisata Selama Ramadhan dan Pilihan Hotel di Sentul

Posting Komentar
Marhaban Ya Ramadhan...

Saya merasa sangat bersyukur masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Dan saya berharap, di Ramadhan 1442 H kali ini kita semua bisa memberikan yang terbaik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Dan saya berharap, kita bisa lebih leluasa beribadah meski masih berada di era pandemi.

Ini adalah kali kedua kita beribadah puasa di era pandemic. Namun berbeda dengan Ramadhan 1441 H. Ramadhan kali ini terasa lebih nyaman untuk dijalani. Entah itu karena banyak dari kita yang mungkin sudah terbiasa dengan suasana pandemik. Atau mungkin karena peraturan beribadah di masjid yang terasa tidak seketat dulu tadi.

Selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Saya yakin, banyak diantara kamu yang pasti ingin melakukan kunjungan wisata, terutama wisata religi. Baik di sekitar tempat tinggal ataupun keluar kota.

Meskipun saat ini banyak tempat wisata yang sudah mulai dibuka, namun kita tetap harus waspada dengan menjaga diri dan keluarga dari bahaya virus Corona. Misalnya dengan tetap mematuhi peraturan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Tips Wisata Selama Ramadhan

Ngomong-ngomong soal pergi berwisata, agar ibadah puasa tetap lancar dan agar kamu tetap aman dari penyakit, saya punya beberapa tips wisata selama Ramadan dan rekomendasi hotel di Sentul yang bisa kamu pilih.

Tips Wisata Selama Ramadan


1. Pilih destinasi wisata yang bisa meningkatkan iman


Tidak selalu berupa tempat ibadah. Ada banyak destinasi yang bisa membuat kita menyadari kehadiran Allah sebagai Tuhan yang menciptakan alam semesta ini.

Travelling selalu bisa memberikan pengalaman yang bersifat transformatif, yang bisa mengubah kita dengan cara yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi, jika kita memilih destinasi yang bisa memberikan dampak pada jiwa, dimana kita merasa lebih dekat dengan Allah.

Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, berwisata ke tempat-tempat ibadah seperti Masjid Istiqlal, masjid At-tin, pinjam Masjid Agung Sunda Kelapa adalah rekomendasi yang pasti sudah tidak asing lagi itu kamu dengar.

Tapi selain destinasi wisata religi Yang telah saya sebutkan di atas, Sebenarnya ada banyak destinasi wisata religi menarik lainnya yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari Masjid Agung Harakatul Jannah, Sawah Segar Sentul yang menawarkan keindahan alam, Taman Fathan Hambalang, hingga Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

2. Selalu periksa persyaratan, batasan, dan situasi di destinasi wisata


Setiap destinasi wisata pasti selalu mensyaratkan proses yang ketat untuk mencegah penularan coronavirus. Karena itu, sebelum mendatangi destinasi wisata tertentu. Pastikan kamu memeriksa apa saja syarat memasuki tempat wisata tersebut dan periksa juga status daerah yang akan kamu kunjungi.

Jika destinasi wisata yang akan kamu datangi berada di zona merah atau zona kuning, sebaiknya urungkan niatmu untuk berwisata ke tempat tersebut. Dan cobalah untuk mencari destinasi wisata lain yang lebih aman.

3. Gunakan kendaraan pribadi


Pergi berwisata menggunakan kendaraan pribadi adalah sebuah keharusan di era pandemic ini. Selain bisa meminimalisir kontak dengan orang lain, menggunakan kendaraan pribadi juga akan membantu kita menjaga jarak dengan orang lain dan membantu kita mengurangi kontak dengan benda maupun fasilitas umum yang berpotensi menjadi media penyebaran virus.

4. Persiapkan makanan dan air minum dari rumah


Ketika pergi berwisata. Adalah sesuatu yang menyenangkan apabila kita bisa singgah di restoran atau rumah makan favorit. Atau, menikmati makanan-makanan khas yang ada di daerah tersebut.

Tapi jika ingin lebih aman, kamu bisa membawa menu berbuka. Berupa air minum dan berbagai makanan lainnya dari rumah untuk jaga-jaga apabila restoran atau tempat makan yang akan kamu tuju ternyata penuh dan sesak.

5. Selalu patuhi protokol kesehatan


Meski kamu merasa cukup aman saat berwisata. Entah itu karena berwisata di zona hijau atau karena pengunjung yang datang ke destinasi wisata tersebut sangat sedikit, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Pastikan kamu tidak lupa membawa masker atau jika perlu gunakan face mask saat berada di tempat wisata. Jangan lupa juga membawa hand sanitizer atau tisu disinfektan dan tempatkan di tempat yang mudah dijangkau.

7. Jangan lupa membawa perlengkapan sholat sendiri


Perlengkapan ibadah seperti sajadah sebaiknya kamu bawa saat pergi berwisata. Karena, perlengkapan ibadah yang satu ini sangat bermanfaat terutama untuk melindungi kamu dari bahaya tertular virus dari tempat sujud. Begitu juga dengan kamu yang wanita, membawa sendiri adalah pilihan tepat.

8. Pilih tempat menginap yang menerapkan prokes


Kalau kamu pergi berwisata ke luar kota dan berencana untuk menginap, pastikan kamu memilih tempat penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Meski awalnya terasa kurang nyaman, namun para pakar kesehatan yang ketat akan membantumu menjaga kesehatan. Selain itu, kamu juga harus selalu membawa hand sanitizer saat pergi kemanapun. Jika ingin tau merk-merk produk terbaik, jangan ragu untuk melihat ulasan hand sanitizer di BestRekomendasi.id

Rekomendasi Hotel di Sentul


Harris Hotels pilihan Hotel di Sentul City

Hotel di Sentul yang direkomendasikan bagi traveler salah satunya adalah Harris Hotel. Selain berlokasi di tempat yang cukup strategis, hotel ini juga dikenal sebagai salah satu hotel yang patuh dalam menerapkan prokes sehingga kamu akan merasa lebih aman selama menginap di sana.
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar