Cara Saya Mempertahankan Wajah agar Awet Muda

13 komentar

Banyak orang meyakini bahwa usia 30 adalah usia pancaroba, dimana kemampuan tubuh kita akan mulai menurun. Ditandai dengan respon yang mulai melambat, stamina yang mulai melemah, luka yang lebih sulit sembuh, hingga kulit yang mulai memunculkan tanda-tanda penuaan.

Meski tidak sepenuhnya salah, karena pada dasarnya penuaan pada setiap individu dimulai dari usia yang berbeda-beda. Namun, beberapa ahli kesehatan meyakini bahwa, penuaan pada tubuh dan kulit kita sebenarnya bisa terjadi mulai dari usia 20 atau 25 tahun. Begitu yang dikatakan oleh dr. Nessya Dwi Setyorini, SpDV. Seorang spesialis dermatologi dan venereologi.

Dr Hsieh

Dr. Oky E. Kartiwa, seorang Medical Advisor di Galenium Pharmasia Laboratories juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, semulus dan sebaik apapun kulit kita, jika tidak dirawat dengan tepat, akan cepat rusak dan menua sebelum waktunya. Menurutnya, usia 20 hingga 25 tahun adalah usia puncak dimana hormon tubuh sedang berada pada kondisi paling seimbang dan merupakan puncak dari produksi kolagen.

Setelah usia 25 hingga 30 tahun, kemampuan tubuh, khususnya kulit, akan terus menurun dari tahun ke tahun. Tidak hanya disebabkan karena faktor usia. Berbagai masalah kulit yang kita alami, mulai dari kulit kusam, kulit kering, noda-noda hitam, dan berbagai tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas kita yang padat, penggunaan make-up, stres, dan minimnya perawatan yang kita lakukan.

Jika melihat berbagai faktor tersebut. Ada beberapa faktor yang rasanya sulit untuk dihindari meski bisa diminimalisir. Seperti faktor stres, kerja keras, hingga make up. Tapi, faktor minim perawatan rasanya adalah yang paling mudah untuk diatasi dari sekian banyak faktor tersebut.

Karena pada dasarnya, stres hingga kerja keras adalah bagian dari hidup yang sulit untuk dihindari. Apalagi, saat ini kondisi semakin sulit sejak adanya Corona. Membuat banyak ibu-ibu rumah tangga seperti saya, yang harus ikut memikirkan kondisi keuangan keluarga dan ikut berjuang demi masa depan anak.

Karena itulah, saya setuju dengan banyak pendapat ahli yang mengatakan, perawatan rutin pada kulit wajah memainkan peranan yang sangat penting dalam membantu menunda tanda-tanda penuaan dan mencegah berbagai masalah wajah seperti, kulit kering, kusam, garis-garis halus, noda-noda hitam, hingga keriput.

Cara Saya Mempertahankan Wajah agar Awet Muda

Meski tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus serta berbagai masalah wajah lainnya akan sangat sulit untuk dihindari seiring dengan bertambahnya usia. Tapi saya punya keyakinan bahwa, melawan tanda-tanda penuaan atau menunda kedatangannya bisa kita lakukan dengan menerapkan perawatan wajah yang rutin menggunakan produk yang tepat.

Bagi saya, tidak ada kata terlambat. Meskipun, pengetahuan ini baru-baru ini saya peroleh dan tidak saya lakukan sejak usia muda dulu, namun saya yakin, “setiap usaha yang kita lakukan pasti akan memberikan hasil.”

Selain rutin membaca dan mencari sumber-sumber pengetahuan dari para ahli, saya juga berusaha untuk mempraktekkan berbagai saran mereka. Terutama, yang berkaitan dengan rutinitas perawatan kulit wajah harian menggunakan skin care sesuai dengan jenis kulit.

Bagi kalian yang penasaran dengan rutinitas perawatan kulit harian saya. Berikut adalah langkah-langkah dasar perawatan kulit harian yang saya terapkan sehari-hari untuk menjaga kulit agar awet muda, menghilangkan flek hitam, menghilangkan keriput, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, sekaligus menjaga agar wajah tetap terlihat glowing.

Rutinitas Perawatan Kulit Harian

Yang jelas, sebelum mulai melakukan rutinitas perawatan kulit harian menggunakan berbagai produk skin care. Saya terlebih dahulu mengidentifikasi jenis kulit agar tak salah memilih produk. 

Karena, banyak ahli yang mengatakan bahwa, proses recovery akibat salah memilih produk bisa sangat sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Setelah memastikan jenis kulit yang saya miliki, barulah saya memilih produk yang tepat untuk saya gunakan.

1. Cuci Muka atau Membersihkan Wajah

Saya termasuk wanita yang jarang menggunakan peralatan kosmetik (dandan) dan lebih suka tampil polos. Kalaupun harus dandan, saya lebih suka menerapkan makeup flawless yang natural dan tipis.

Karena itulah, rutinitas perawatan kulit harian saya biasanya dimulai dari cuci muka atau membersihkan wajah. Bukan membersihkan riasan dengan menggunakan makeup cleanser atau semacamnya.

Untuk mencuci muka, saya sangat selektif dalam memilih produk. Karena, kulit wajah saya lumayan sensitif terhadap beberapa produk face wash.

2. Menerapkan Serum

Harus saya akui bahwa, saya termasuk terlambat dalam menerapkan rutinitas perawatan kulit harian dan terlambat memilih produk yang berkualitas. Karena itulah, untuk mengatasi setiap masalah kulit yang saya hadapi, saya selalu berusaha memilih produk yang terbaik. Sifat selektif saya ini memang saya lakukan agar hasil yang saya peroleh bisa maksimal.

Untuk serum, saya sudah mencoba menggunakan beberapa produk yang saya anggap terbaik. Dari sekian banyak produk tersebut, 8+2% UrMA Daily Essence yang merupakan salah satu produk skincare Dr Hsieh adalah yang saya pilih untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit serta menghilangkan flek hitam.

Serum ini mengandung Asam Ursolat (Ur) 2% dan Mandelic Acid (MA) 8%. Kombinasi kedua kandungan tersebut sangat efektif dalam meremajakan sel-sel kulit. Sehingga, kulit jadi terasa lebih kencang dengan pori-pori yang kecil.

8+2% UrMA Daily Essence selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit juga memiliki beberapa khasiat lain yang membuat saya menyukai produk ini. Seperti misalnya,

  1. Ursolat pH5 yang ramah untuk kulit sensitif seperti kulit wajah saya
  2. Mengandung alkohol dan tanpa pewangi atau pewarna. Kandungan-kandungan tersebut kerap menjadi concern tersendiri buat saya saat menggunakan produk perawatan wajah
  3. Dulu, jerawat adalah salah satu problem wajah saya yang hingga saat ini masih meninggalkan bekas-bekas luka. Untuk mengatasi jerawat, dan untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan noda noda hitam bekas jerawat, serum 8+2% UrMA Daily Essence ini sangat bisa diandalkan
  4. Selain beberapa manfaat yang telah saya sebutkan di atas, 8+2% UrMA Daily Essence juga sebenarnya memiliki beberapa manfaat lain yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu yang ingin beli serum anti aging atau skin care halal yang bagus. Seperti misalnya,
    1. Produk ini bisa menghaluskan kulit
    2. Menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus
    3. Meminimalisir pembentukan melanin
    4. Membuat wajah jadi lebih glowing. Dan,
    5. Bisa membantu mengontrol minyak kalau kamu kebetulan punya wajah jenis berminyak

Bisa dibilang, serum adalah salah satu solusi flek hitam yang paling manjur. Berdasarkan pengalaman pribadi, serum adalah produk skin care yang menurut saya paling efektif dalam membantu menyamarkan noda-noda hitam atau menghilangkan bekas luka jerawat.

3. Krim atau Pelembab

Menerapkan krim atau pelembab adalah langkah perawatan wajah selanjutnya yang biasanya saya lakukan. Saya lebih suka menggunakan produk yang ringan, berbasis gel, non-comedogenic, dan produk yang tidak menyumbat pori-pori seperti, EGF Dual Effect Bio-Lotion.

Lotion lebih saya sukai daripada toner karena tidak mengandung alkohol dan merupakan produk yang lembut serta bisa menenangkan kulit sensitif. Di atas, saya menyebut EGF Dual Effect Bio-Lotion sebagai salah satu produk yang saya sukai karena beberapa alasan berikut ini.

  1. Diformulasikan untuk mencerahkan dan menjaga penampilan kulit wajah agar awet muda
  2. Sangat efektif dalam menjaga kelembaban kulit, terutama sebelum menerapkan make up
  3. Membuat wajah terlihat lebih glowing
  4. Hasilnya membuat kulit asal lebih elastis dan kencang, sehingga garis-garis halus maupun keriput tak akan mudah muncul
  5. Memberi perlindungan terhadap kulit dari pengaruh eksternal
  6. Memakai produk ini membuat muka kita terasa lebih fresh
  7. Menjaga agar sel-sel kulit tetap aktif dan produktif. Serta
  8. Tidak mengandung alkohol, pewarna, ataupun pewangi

4. Menerapkan sunscreen

Langkah terakhir yang saya lakukan untuk menjaga wajah agar awet muda adalah, menerapkan sunscreen (tabir surya) dengan minimal SPF 30. Biasanya saya terapkan (setidaknya) 15 menit sebelum keluar ruangan.

Kulit saya termasuk kulit gelap. Karena itulah, kulit saya membutuhkan perlindungan yang lebih banyak dari paparan sinar matahari. Karena saya tahu bahwa, hiperpigmentasi pada kulit gelap cenderung sulit diatasi.

Kesimpulan

Terlambat melakukan perawatan wajah sejak dini membuat saya harus bersusah-payah mengatasi berbagai masalah wajah seperti, flek hitam hingga luka bekas jerawat. Meski agak sedikit terlambat, tapi saya tak berputus asa dan berusaha mencari obat flek hitam terbaik dari produk skin care yang dapat dijadikan sebagai solusi anti-aging.

Disamping itu, usia saya yang sudah memasuki kepala tiga juga membuat saya harus pandai-pandai dalam memilih produk perawatan wajah agar hasil yang saya peroleh bisa lebih maksimal. Dalam memilih produk skin care, saya lebih suka produk yang tidak mengandung alkohol, pewarna, atau pewangi. Karena, banyak dari bahan-bahan tersebut yang kadang membebani kulit kita. Disamping itu, skincare halal seperti produk Dr. Hsieh yang telah saya sebutkan di atas, selalu menjadi concern utama saya saat memilih serum anti aging ataupun berbagai macam produk skincare untuk mengatasi wajah kusam.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

13 komentar

  1. Setuju sih, sebenarnya malah dari usia remaja kita harus aware sama perawatan wajah, karena kan disitulah start hormon progesteron itu bekerja.
    Nah puncaknya di usia 25tahun deh kita kudu aware banget sama perawatan wajah ya, karena manfaatnya akan kita rasakan di jangka panjang.

    BalasHapus
  2. Baiklah kalau begitu aku harus lebih rajin lagi membersihkan dan merawat wajah, biar makin terlihat awet muda.

    BalasHapus
  3. Nama serumnya lucu deh :)
    Aku lagi nyari-nyari nih serum wajah yang bisa mengecilkan pori-pori, lalu ketemu artikel ini. Senangnyaaa. Sudah ada beberapa brand yang aku lirik. 8+2% UrMA Daily Essence ini kayaknya patut aku pertimbangkan, deh. Aku mau kepoin harganya, ah. Thank you infonya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Yeeeh ini mba yang gak bisa rutin dilakukan, perawatan rutin tiap hari, terima kasih ya atas remindernya, hehehe

    BalasHapus
  5. Makaaih infonya mam. Aku salah satu orang yang baru menyadari keajaiban serum. Bener2 rekomen, ga hanya untuk wanita, kaum adam juga menurutku memerlukannya

    BalasHapus
  6. Iyaa nggak ada kata terlambat ya mulai sekarang rutin dan telaten merawat wajah insya Allah ada hasilnya..apalagi kalau pakai produk perawatan yang tepat..

    BalasHapus
  7. Serum dan atau perawatan wajah lainnya itu merupakan hal tepat dan bijak banget buat mempertahankan awet mudah wajah kita. Saya juga lago belajar untuk merawat wajah nih. Karena tanda-tanda penuaan dini udah mulai ada. Huhuhu

    BalasHapus
  8. Oh produk skincare Dr. Hsieh ini halal yaa..?
    Bolak-balik lihat di beranda IG, tapi maish sekedar melihat sekilas-sekilas.
    kalau halal kan...adem di hati yaa.. Dan alhamdulillah cocok bisa menjadi perawatan harian yang diandalkan untuk mempertahankan agar tidak terjadi penuaan dini.

    BalasHapus
  9. Dan super anti aging yg ga boleh diskip adalah sunscreen. Supaya ga sia2 serum2 mahal kita :) semangat Mba, aku juga lagi belajar banyak soal skincare, mau yg minimalis aja biar ga too much di kulit

    BalasHapus
  10. Baru ingat deh udah lama gak pakai sunscreen tapi emang kalau gak dirawat juga nanti bakal nyesel ya

    BalasHapus
  11. aku skincarean mom iya banget bikin ngaruh di kulit kepake banget. aku ngerasain dah 40 in mukanya enakannn
    sama ini mak totok wajah enak banget ke muka bikin peredaran darah lancar

    BalasHapus
  12. Bener banget. Aku klo bisa ngulang waktu, pengen banget rasanya mulai serajin sekarang pake skincare tuh diumur 20. Pasti sekarang kulitnya jauh lebih bagus

    BalasHapus
  13. sunscree, rajin membersihkan muka dan ditambah pemakaian serum ya mba, bener banget tapi kuncinya ada di rajin sih, kalo udah baca gini tapi ga rajin ya percuma wkwkkw

    BalasHapus

Posting Komentar