Hiburan Saya dan Keluarga di Rumah Selama Pandemi

Posting Komentar

Pandemi Covid-19 membuat semua orang terpaksa harus tinggal di rumah dan bekerja dari rumah. Bahkan, anak-anak juga harus bersekolah dari rumah secara online.

Meskipun kami sudah sejak lama bekerja dari rumah, namun tak urung, kondisi ini membuat kami ikut merasa stres. Terutama, karena tidak lagi leluasa untuk pergi berwisata, jalan-jalan mencari inspirasi, atau menghibur anak agar tidak merasa bosan dengan situasi yang itu-itu saja.

Tapi karena harus tetap berada di rumah dan melakukan berbagai aktivitas di rumah. Kami pun mencoba mencari cara mengurangi stres.

Beruntung, kami punya jaringan wifi yang cukup banyak membantu. Internet memudahkan kami mencari hiburan meskipun tentu tak sebaik pergi piknik atau traveling yang pasti akan memaksa kami aktif bergerak.

Hiburan Kami di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Terus menerus tinggal di rumah selama berhari-hari, bahkan hingga berminggu-minggu tentu membuat kami merasa bosan.

Apalagi, di rumah kami tidak tersedia banyak buku-buku atau mainan yang dapat digunakan sebagai hiburan.

Untungnya, kami masih punya internet, laptop dan komputer (PC) yang sehari-hari kami gunakan untuk bekerja. Disamping itu, kami juga masih punya Mi Box (Android TV) yang dipasangkan dengan sebuah LED TV yang kami letakkan di ruang tamu.

Game Online Web Based Endless Siege

Dengan bantuan beberapa alat elektronik ini, kami bisa menghadirkan hiburan, yang selain menyenangkan, juga bernilai edukasi.

Kami memang sengaja mencari hiburan-hiburan yang selain bisa membantu mengurangi stres, tapi juga punya nilai pendidikan dan memancing kami untuk aktif, khususnya bagi anak-anak.

Selain itu, kami juga mencoba untuk mengurangi kegiatan menonton film. Karena, menonton bikin kita jadi pasif. Berbeda dengan game yang mengharuskan kita untuk aktif bergerak dan berpikir mencari solusi.

Game Online

Browser-based online games

https://plays.org adalah salah satu penyedia game online berbasis web yang sering kami kunjungi. Ada 7 alasan utama mengapa kami suka bermain game di website ini, yaitu:

  1. Website ini menyediakan banyak sekali permainan-permainan yang menyenangkan yang bisa saya mainkan bersama anak-anak
  2. Bebas iklan
  3. Pilihan game yang ada di website ini sesuai dengan metode mendidik-anak yang kami terapkan. Banyak dari karakter-karakter game yang ada di sini menggunakan pakaian yang sopan
  4. Tersedia education game yang bisa yang selain bisa menghibur juga bisa membantu melatih otak seperti game Guardians: Defender Of Mathematica dan Match Boy. Meski sangat sederhana, tapi kedua game ini bisa melatih kemampuan berhitung
  5. Anak-anak juga menyukai game yang ada di Player Favorit seperti Endless Siege. Game ini selain mudah dimainkan dan cocok untuk anak-anak, juga sangat menyenangkan bagi mereka
  6. Setiap hari selalu ada update game baru dan, game bisa dimainkan di laptop atau komputer berbasis Linux (seperti yang kami gunakan)
  7. Tidak ada game yang mengharuskan kita untuk membeli koin atau to-pup. Sehingga aman dimainkan oleh anak-anak

1. Guardians: Defender Of Mathematica (Game matematika)

Tidak seperti game Match Boy yang lebih sederhana, Guardians: Defender Of Mathematica menawarkan permainan yang lebih atraktif dan kompleks.

Permainan ini tidak hanya melibatkan hitung-hitungan seperti penjumlahan dan pengurangan, tapi juga menyertakan sejumlah metode matematika lainnya seperti:

  • Mengurutkan bilangan dari yang paling kecil ke yang paling besar
  • Permainan geometry
  • Macam-macam bilangan. Dan masih banyak yang lainnya

Cara memainkan game Guardians: Defender Of Mathematica pun sangat sederhana. Kita diharuskan menjawab soal untuk menyerang musuh.

Jika jawaban yang kita berikan benar, karakter game akan menyerang musuh. Tapi jika salah, maka musuh lah yang akan menghantam karakter game kita.

Game Guardians: Defender Of Mathematica

Yang membuat saya senang memainkan game ini adalah, karena soal-soalnya yang dinamis. Tidak melulu hanya pilihan ganda, tapi tersedia juga beberapa tipe soal yang berbeda.

Ada soal yang mengharuskan kita untuk menjawab dengan mengurutkan bilangan, memilih geometri dengan ciri-ciri tertentu, hingga menjawab soal dengan langsung mengetikkan angka dari keyboard. Sangat menarik!

2. Tetra Blocks Online

Ini adalah permainan klasik yang sangat disukai oleh suami saya. Ia lebih suka memainkan game online klasik ini di website plays.org karena ia memang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer.

Selain mengembalikan memori masa kecil yang mengingatkannya pada gamebot. Suami juga suka memainkan game ini karena cukup menantang meskipun sederhana.

Kita akan mendapatkan poin lebih banyak jika bisa menyusun beberapa block untuk dihancurkan. Pemain juga bisa mengumpulkan lebih banyak poin jika bisa menyusun bintang-bintang yang terdapat pada beberapa block.

Game Tetris Blocks Online

Game tetris online ini bisa dimainkan dengan menekan tombol panah kiri-kanan di keyboard untuk menggeser block, dan panah atas untuk memutar block. Sedangkan tombol keyboard panah bawah, digunakan untuk mempercepat akselerasi block.

3. Game Online: Endless Siege

Tidak hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa, permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak-anak menawarkan gameplay yang sangat sederhana.

Game Online Web Based Endless Siege

Untuk memainkan game ini, pemain harus:

  1. Membeli benteng (senjata) yang akan dipasang di jalur serbuan musuh
  2. Jika benteng sudah tersusun, selanjutnya kita bisa langsung membuka serangan jalur serangan musuh
  3. Musuh yang memasuki benteng akan ditembak dengan senjata-senjata yang sudah kita pasang
  4. Setiap hit akan menghasilkan coin. Poin-poin yang terkumpul dapat digunakan untuk membeli lebih banyak senjata, mengupgrade senjata, dan lain-lain

Permainan ini mengharuskan kita menggunakan strategi yang tepat agar musuh bisa dihalau. Tujuan bermain adalah untuk mendapatkan skor tertinggi.

Kategori Game di Plays.org

Selain berbagai pilihan game di atas, tentu saja masih ada banyak pilihan game lainnya yang bisa kita mainkan di sini. Beberapa contoh kategori game yang tersedia di antaranya adalah,

  • Game shooter seperti Cannons and Soldiers Mountain Offense
  • Game kartun yang sangat disukai oleh anak-anak seperti, Ninja Turtle, Ben 10, hingga Powerpuff
    Game anak tema kartun
  • Game komik. Menggunakan karakter-karakter populer dari komik seperti, Spider-man, Batman, Hulk, Avengers, dan masih banyak yang lain
    Game online tema komik
  • Game edukasi. Selain game matematika, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai game lain yang menarik. Termasuk, game virtual xilofon untuk anak-anak atau game untuk meningkatkan akurasi mengetik
    Game edukasi online
  • Game Solitaire, bagi kamu yang suka main kartu
  • Game olahraga seperti sepakbola
  • Game balap
  • Game retro yang menggunakan karakter dan grafis berapa 8 pixel, hingga
  • Game simulator

Game Terbaru

Game terbaru di situs Plays

Kalau kamu ingin mengecek game-game terbaru, kamu bisa langsung mengklik link tersebut. Di sana, kamu akan menjumpai aneka ragam game yang diluncurkan setiap hari. Karena memang, website ini cukup aktif meluncurkan game-game baru. Hingga tak mengeherankan jika di web ini tersedia ratusan hingga ribuan game yang menunggu untuk dimainkan.

Sayangnya, saya tidak menjumpai sport game di https://plays.org seperti ALTO’s ADVENTURE. Karena saya dan keluarga sangat menyukai game-game dengan tema ski. Tapi saya yakin, cepat atau lambat mereka pasti akan menghadirkan game yang serupa dan tidak kalah seru dibandingkan ALTO’s ADVENTURE.

Tips Bermain Game Bersama Anak

Beberapa waktu belakangan ini saya sibuk mengikuti beberapa kelas literasi digital online. Karena sebagai ibu rumah tangga di era modern , saya tentu saja diharuskan untuk cakap digital agar bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada. Baik untuk diri saya sendiri maupun untuk perkembangan pendidikan anak-anak.

 Karena bermain game di adalah kegiatan yang sulit untuk dihindari di era modern ini. Sebagai orang tua, kita harus bisa mengontrol dan mengarahkan anak-anak agar,

  • Tidak memainkan game untuk orang dewasa
  • Tidak memainkan game yang sadis
  • Anak-anak harus didampingi selama bermain game
  • Waktu bermain game harus diatur (maksimal 2 jam per hari)
  • Ajak anak-anak bermain game edukatif
  • Tujuan utama bermain game adalah untuk hiburan. Maka, pastikan kegiatan bermain game tetap menyenangkan dan tidak memancing masalah baru
***
best pillows for side sleepers with neck and shoulder pain
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar