Rekomendasi Channel Musikal untuk Anak yang Bagus

Posting Komentar

Meski punya sebuah LED TV di rumah, tapi kami tidak menggunakannya untuk menonton channel televisi lokal maupun internasional, karena kami tidak memasang antena apapun untuk TV tersebut.

Hoala dan Koala

Alih-alih menggunakannya untuk menonton acara televisi, unit TV di rumah kami lebih sering digunakan untuk menonton video dari YouTube atau bermain game. Karena memang, kami memasangkannya dengan Mi box, yaitu sebuah Android TV.

Kami sengaja membeli Android TV karena beberapa alasan berikut ini.

  • Terlalu banyak sinetron yang belum layak ditonton oleh balita di channel TV lokal
  • Anak sudah terbiasa menonton dari aplikasi YouTube Kids di smartphone. Sehingga anak-anak sering mengeluh dan tidak sabar ketika menonton acara televisi yang kartunya hanya tayang di jam-jam tertentu saja
  • Banyak kuota Wi-Fi di rumah tidak habis terpakai setiap bulan 
  • Menonton acara YouTube Kids dari TV membuat kami lebih mudah mengontrol tontonan anak. Di YouTube Kids, kami bisa memilih tontonan berdasarkan usia
  • TV juga menawarkan jarak pandang yang lebih jauh dibandingkan dengan smartphone
  • Menonton video YouTube di televisi juga memudahkan kami mendengar suara dari video yang ditonton oleh anak. Sehingga, kami bisa mengawasinya meski sedang sibuk di dapur, bekerja, atau ketika tidak ikut menonton 

Selain bisa menjadi sumber hiburan bagi anak-anak, banyak video di YouTube yang bisa membantu anak-anak belajar. Salah satunya adalah belajar bernyanyi.

Tapi, meski ada banyak video yang menarik dan bagus namun kami tetap menyortir channel apa saja yang boleh ditonton oleh anak-anak, dan channel apa saja yang sebaiknya diblokir.

Karena banyak sekali channel-channel yang menawarkan lagu anak tapi disisipi konten-konten yang tidak sesuai usia dan tidak sesuai dengan cara kami mendidik anak di rumah. Karena itulah, kami selalu selektif dalam memilih channel bagi anak-anak.

Untuk channel bernyanyi lagu-lagu berbahasa Indonesia kami punya beberapa channel favorit. Salah satunya channel adalah ‘Hoala dan Koala.’

Channel Musical Anak Indonesia: Hoala dan Koala

channel youtube anak Hoala

Channel lagu anak berbahasa Indonesia di Youtube ini memang masih tergolong baru. Tapi karena konsisten mengupload video lagu-lagu anak, Hoala & Koala sudah punya lebih dari 30 lagu yang digubah dengan nuansa pop, big band, elektronik, dan jazz.

BTW, nama Hoala & Koala diambil dari nama 2 karakter utamanya. Karakter pertama adalah seorang anak berusia 3 tahun yang bernama Hoala. Hoala digambarkan sebagai anak yang lincah, pintar, serta suka bernyanyi dan menari.

Sedangkan karakter kedua adalah seekor binatang lucu yang kita kenal dengan nama sebagai koala. Karena karakter binatang ini memang diambil dari hewan koala maka namanya pun tetap “Koala.”

Kedua karakter tersebut ditampilkan dalam bentuk 3D yang tentu saja cukup menarik bagi anak-anak. Apalagi, di dalam video-video Hoala & Koala, karakter binatang yang disertakan tidak hanya koala saja.

Melainkan, ada juga beberapa karakter dari hewan-hewan lucu lainnya yang juga turut menyemarakkan video-video musical Hoala & Koala. Seperti karakter harimau, burung hantu, Miss Jeruk, buaya, rubah, hingga ikan hiu.

Selain membawakan lagu-lagu anak bahasa Indonesia yang cukup populer seperti, lagu Balonku Ada Lima, Pelangi-Pelangi, Naik Delman, Burung Kakatua, dll, Hoala & Koala juga menawarkan lagu-lagu gubahan mereka sendiri--sehingga terdengar lebih orisinil.

Menurut saya, lagu-lagu gubahan mereka sederhana dan mudah dipahami serta diikuti oleh anak-anak. Pilihan kata-katanya pun sesuai dengan usia balita. Sehingga anak-anak senang menonton dan bahkan bisa ikut bernyanyi meski baru beberapa kali mendengarkan lagu-lagu di channel ini.

Yang menarik, channel Hoala & Koala kerap mengangkat tema-tema yang sesuai dengan dunia anak untuk dijadikan sebagai lagu-lagu yang menarik sekaligus untuk membimbing karakter anak.

Seperti misalnya, lagu berjudul “Cuci Tangan” yang mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan baik ini serta memberitahukan mereka bagaimana caranya menjaga kesehatan.

Kemudian ada juga lagu dengan judul “Terus Belajar” yang penuh semangat dan petuah untuk meneguhkan tekad anak agar tidak mudah menyerah saat belajar--meski terasa berat bagi mereka.

Buat ayah-bunda yang saat ini punya balita dan ingin menanamkan pendidikan karakter yang baik buat mereka serta ingin memperkenalkan dunia musik serta lagu anak Indonesia, Channel Hoala & Koala patut untuk dipertimbangkan.

Manfaat Mengajarkan Anak Bernyanyi

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa bernyanyi secara individu dan kolektif sangat baik untuk anak maupun orang di segala usia. Diantara manfaatnya adalah:

  1. Merangsang respon imun atau meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit
  2. Membantu pertumbuhan otak anak
  3. Meningkatkan keterampilan komunikasi
  4. Meningkatkan fungsi pernapasan dan jantung
  5. Meningkatkan proses kognitif
  6. Membantu meningkatkan rasa percaya diri
  7. Meningkatkan kualitas tidur
  8. Meningkatkan daya ingat (memori)
  9. Meningkatkan kemampuan belajar matematika
  10. Membantu menjaga kesehatan mental dan suasana hati (mood)
  11. Meningkatkan kemampuan berbicara. Dan, masih banyak manfaat-manfaat lainnya
Semoga informasi ini bermanfaat ya Ayah Bunda.. Jangan lupa kunjungi Youtube lagu dan animasi anak Indonesia di Channel Hoala & Koala.
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar