Yuk Cari Domain Untuk Blog yang Sesuai Karaktermu

Posting Komentar

Memilih domain untuk blog bukan hanya tentang memilih nama tanpa memikirkan maknanya sebelumya. Domain untuk blog haruslah sesuai dengan karakter diri kita, mewakili siapa kita dan akan digunakan untuk apa domain tersebut.

Domain untuk blog

Namun meskipun begitu, kita juga tidak boleh terlalu memaksakan diri membeli domain yang disukai banyak orang tapi nggak cocok sama karakter kita bahkan kita sendiri tidak menyukainya. Sebelum mencari domain untuk blog yang akan kamu gunakan untuk tempat menulis, saya punya beberapa tips yang akan sangat membantu.

Ini sih hanya karena saya memiliki pengalaman tentang domain dan beberapa beli domain untuk blog-blog saya. Karena Jombloku adalah domain pertama, jadi waktu itu saya nggak begitu mikirin nama dan branding yang ada dialamnya.

Seperti blog saya jombloku.com, ketika saya mulai menyukai dunia menulis dan saat itu kebetulan saya sedang sendiri alias jomblo, tanpa berpikir panjang saya membeli domain saya dengan nama jombloku. Mungkin, seharusnya saya memilih nama lain, curhatku mungkin hahaha

Seorang Blogger harus punya domain sendiri

Beberapa kali saya mengikuti seminar literasi digital yang mengatakan bahwa, domain dengan akhiran .blogspot dan .wordpress adalah domain-domain yang kurang kredibel dan kurang mendapatkan kepercayaan oleh pengguna internet.

Kali ini nampaknya saya sangat setuju karena ketika menggunakan blog dengan Top level domain artinya kita terlihat serius untuk berbagi dan membranding diri.

Awalnya saya tidak menyesal karena telah membeli domain ini, saya bangga dan seneng menulis di jombloku. Namun, belakangan saya sedikit merasa "eman" kenapa dulu saya tidak membeli domain yang lebih kece dan sedikit lebih serius :D.

Bukan berarti domain ini nggak kece ya.. karena setelah tau apa itu branding diri dengan nama situs kita, saya jadinya dikenal sebagai mbak Jomblo padahal anak saya udah 2 hahaha. Kan agak gimana gitu jadinya.

Pengalaman Membeli Domain Untuk Blog

Seperti yang saya katakan diparagraf sebelumnya, saya membeli domain ini sebenarnya untuk menghadiahi diri sendiri. Tepat tanggal 4 Januari tahun 2012, domain ini saya beli. Itupun atas desakan abang online saya hahaha.

Sempat ingin saya lepas domain ini waktu nggak punya uang sama sekali untuk memperpanjangnya, namun akhirnya nggak jadi karena sudah ada kecocokan diantara kami, saya eman dan udah terlanjur sayang dengan Jombloku :D.

Pengertian Domain untuk Blog

Domain untuk blog digunakan untuk blogger yang ingin lebih seriu menggeluti dunia blogger. Domain bisa dibeli di tempat penyedia domain seperti Idwebhost, Dewaweb, Mataramweb dan masih banyak lagi penyedia domain lokal maupun luar negeri seperti GoDaddy.

Manfaat Domain 

Manfaat domain sendiri sebagai Personal branding untuk diri sendiri. Domain itu menceritakan bagaimana dirimu, topik yang kamu sukai serta target pembacamu seperti apa. Dengan domain berbayar, kita lebih dipercaya oleh brand saat akan mempromosikan produknya melalui website kita.

Selanjutnya, domain-domain ini juga bisa dibagi dalam beberapa topik dan pembahasan. Jika saya menggunakan domain saya hanya untuk menulis curhatan-curhatan receh. Ada banyak blogger diluar sana yang menggunakan domain mereka untuk meraup cuan dari iklan Google Adsense yang ditampilkan di blog mereka.

Nanti saya akan membahas lebih dalam tentang domain ini ya.. yang jelas, usahakan untuk memilih nama terbaik Domain untuk Blog yang kamu inginkan.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar