Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Harga Ekonomis

Posting Komentar

Walaupun saya belum punya rumah, tapi sedikit banyak saya tahu bagaimana cara serta apa yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan biaya yang murah.

Bagaimana saya bisa tahu?

Kontruksi Rumah Minimalis

Sebelum menikah, ketika bapak membangun rumah kami di kampung, selain mengikuti perkembangan pembangunan rumah kami yang memakan waktu lumayan lama, sedikit-banyak saya juga turut membantu membeli berbagai macam material yang dibutuhkan dengan menyisihkan uang hasil bekerja sebagai ART.

Dari pengalaman itu, saya banyak belajar bagaimana memilih material, tukang, dan juga perlengkapan rumah agar bisa membantu menekan biaya pembangunan.

Membangun Rumah Minimalis

Punya rumah sendiri, meskipun jauh dari kesan mewah, tentu lebih baik daripada setiap tahun mengontrak rumah.

Karena walau bagaimanapun, menghabiskan uang untuk membangun rumah sendiri jauh lebih efisien dibandingkan mengeluarkan uang untuk mengontrak rumah.

Agar bisa membangun rumah dengan biaya murah, kita mesti pandai-pandai dalam memilih material untuk digunakan.

Seperti pemilihan rangka, atap, serta kanopi misalnya. Memilih menggunakan material baja ringan Bluescope Zacs® , bisa menjadi pilihan tepat untuk menekan biaya.

Karena selain dapat digunakan sebagai atap, atap baja ringan juga bisa dimanfaatkan sebagai dinding pengganti bata dan semen.

Selain material, tukang bangunan yang berpengalaman, desain minimalis, dan ornamen rumah yang sederhana, hingga memilih fasilitas dan perlengkapan rumah yang berkualitas, juga akan turut membantu memangkas biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah.

Sepanjang pengetahuan saya, berikut 5 tips membangun rumah minimalis dengan harga ekonomis. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Pilihan Material

Jika ingin membangun rumah murah, yang pasti kita harus pandai memilih material yang tepat untuk digunakan.

Untuk rangka dan atap, pemilih yang menggunakan rangka dan atap baja ringan adalah pilihan yang tepat.

Atap Baja Ringan Bluescope Zacs®

Tapi kita juga tidak boleh asal memilih yang murah tanpa memperhatikan kualitasnya. Kalau mau yang bagus, merk Bluescope Zacs ®  bisa jadi pilihan terbaik.

Selain menawarkan harga yang terjangkau, atap baja ringan merk Bluescope Zacs®  dikenal punya produk yang berkualitas, awet, dan tahan lama.

Memilih produk yang awet juga bisa menjadi strategi membangun rumah dengan biaya murah karena biaya perawatan yang rendah.

Atap baja ringan tidak hanya cocok untuk atap dan membuat kanopi baja ringan, tapi juga bagus saat digunakan sebagai dinding rumah karena bentuknya yang minimalis.

Atap baja ringan saya rasa merupakan alternatif material atap dan dinding terbaik untuk ketahanan hingga puluhan tahun kedepan.

2. Ukuran dan Desain Rumah

Ukuran rumah sudah pasti akan mempengaruhi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan.

Agar ukuran rumah tidak kebesaran atau sebaliknya, kekecilan, kita harus menyesuaikan dengan planning keluarga dalam jangka panjang.

Jika berencana untuk punya satu atau dua anak saja, membangun rumah ukuran 36 / 45 dengan 2 kamar merupakan pilihan yang tepat.

Rumah Minimalis dengan Atap Baja Ringan Bluescope Zacs®

Untuk desainnya, memilih rumah dengan desain minimalis akan sangat membantu dalam mengurangi biaya. Karena bentuk desain rumah yang simpel biasanya jauh lebih ekonomis.

Penerapan rumus jarak pada rangka atap baja ringan juga harus tepat. Jangan sampai rangka terlalu rapat karena bisa menambah biaya. Atau sebaliknya, terlalu renggang juga tidak baik karena akan mengurangi kekokohan atap dalam menghadapi angin dan hujan.

3. Pilihan tukang bangunan

Dalam membangun rumah, tentunya pemilihan tukang tidak sampai salah. Pilih tukang yang sudah pengalaman, tukang yang pernah mengerjakan project rumah serupa, sehingga dipastikan kualitas dan perhitungan membangun dapat baik dan tepat. Salah satu tukang yang berkualitas yaitu tukang baja ringan Bluescope Zacs® .

4. Ornamen

Mengurangi jumlah ornamen pada rumah juga akan membantu memangkas biaya pembangunan. Jika ingin menambahkan ornamen, pilihlah ornamen-ornamen berukuran kecil tapi bisa berdampak besar untuk keindahan rumah.

5. Fasilitas dan perlengkapan rumah

Fasilitas rumah dan kualitasnya juga akan mempengaruhi biaya. Meski demikian, memilih fasilitas dan perlengkapan yang berkualitas bagus adalah pilihan bijak jika ingin fasilitas dan perlengkapan tersebut lebih awet.

Semakin awet barang-barang yang kita gunakan, dalam jangka panjang, tentu akan membantu kita menghemat lebih banyak uang untuk perbaikan dan perawatan.

Dengan mengingat bahwa membangun rumah memerlukan waktu yang panjang, maka harus lebih teliti dalam menentukan produk yang digunakan hingga biaya yang akan dikeluarkan. Dalam hal ini, Bluescope Zacs® dengan Standard Nasional Indonesia (SNI) telah hadir untuk menjadi bagian pembangunan rumah yang berkualitas.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar